by

Peduli Covid-19, Pangdam III/Siliwangi Serahkan Bantuan untuk Masyarakat Karawang

KOPI, Karawang – Dalam rangka penanganan Covid-19 di Kabupaten Karawang, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menyerahkan bantuan sembako dan makanan siap saji kepada masyarakat Karawang yang bertempat di Makodim 0604/Karawang, pada hari Rabu (13/5/2020).

Kedatangan Pangdam III/Siliwangi beserta rombongan disambut oleh Dandim 0604/ Karawang Letkol Inf Medi Haryo Wibowo; Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana; Kapolres Karawang AKBP Arif Rahman Arifin; dan jajaran Forkopimda Kabupaten Karawang.

Dalam kesempatan ini, Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana menyampaikan bahwa untuk Kabupaten Karawang memiliki tiga Rumah Sakit khusus Covid-19 dan satu Rumah Sakit Umum Daerah, satu gedung dengan total 218 tempat tidur serta dilengkapi dengan fasilitas alat kesehatan, pelayanan kesehatan seperti Dokter, Perawat dan hal terkait lainnya.

Untuk angka kesembuhan di Kabupaten Karawang mencapai 85 persen, angka kematian 9 persen dan sisanya masih dalam perawatan. “Kami dibantu jajaran TNI-POLRI tentunya Dandim dan Kapolres melakukan inovasi-inovasi terkait masalah physical distancing bagi daerah-daerah, pasar-pasar tempat berkumpulnya masyarakat untuk berbelanja,” ucap Cellica.

Menurut Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian ‘Kegiatan Siliwangi Peduli Covid-19’ yang bekerjasama dengan Forkompimda Kabupaten Karawang serta dukungan dan partisipasi Bapak Paulus sebagai donatur dan pengusaha di Kabupaten Karawang.

Berdasarkan data dari Tim Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, curva mingguan perkembangan penyebaran Covid-19 di Indonesia menunjukkan kecenderungan yang melandai, kondisi seperti ini yang diharapkan dan bisa terus berlangsung. Ini semua bisa terjadi dengan kerjasama yang baik antar semua komponen terkait dan kesadaran masyarakat Indonesia.

Pangdam juga mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Bupati Karawang beserta jajaran Forkopimda. Perkembangan penyebaran Covid-19 di Karawang terjadi penurunan yang sangat signifikan.

“Kita semua bersyukur karena saat ini masyarakat menunjukkan semangat gotong royong dalam memerangi Pandemik Covid-19 yang diwujudkan melalui kepatuhan terhadap ketentuan yang sudah diputuskan oleh Pemerintah terkait dengan protokol kesehatan Covid-19,” ujar Nugroho.

Dalam kesempatan ini, Pangdam III/Siliwangi beserta unsur Forkompimda dan para donatur yang berada di Karawang akan menyerahkan bantuan berupa masker dan sembako untuk dapur umum kepada Muspika Kecamatan Pangkalan.

Selain itu, penyerahan sembako kepada masyarakat melalui perwakilan Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta penyerahan 40 kotak bahan makanan dari Pemerintah Kabupaten Karawang dan 225 dari PT. Japfa Comfeed Indonesia kepada tenaga medis rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Karawang yaitu RSUD Karawang, RS Paru Jatisari, RS Hermina dan RS Primaya.

Lebih lanjut, jumlah paket yang diserahkan sebanyak 2000 paket , diharapkan tidak salah sasaran dan dikirimkan kepada masyarakat yang benar-benar terdampak Covid-19, jelas Pangdam.

Selanjutnya ada bantuan makanan siap saji, siap santap bagi tenaga medis khususnya di Kabupaten Karawang karena tenaga medis merupakan garda terdepan dalam memberikan penanganan pada pasien-pasien yang terdampak Covid-19.

“Karena tenaga medis merupakan garda terdepan, maka mereka diberikan makanan yang siap saji, sudah berjalan kurang lebih delapan hari, sumbernya dari beberapa pihak yaitu Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dan para donatur,” pungkas Pangdam. (Dede N-KOPI)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA