by

5 Tips Mudah Membuat Puisi, Cocok untuk Pemula!

KOPI, Jakarta – Siapa sih yang tidak mengenal puisi? pasti semua mengenalnya. Sebab sejak jaman Sekolah Dasar (SD), kita sudah dikenalkan oleh puisi. Puisi merupakan sebuah bentuk karya sastra yang dibuat untuk menyampaikan pemikiran dengan bahasa yang terikat diksi, rima, dan bait.

Bagi para remaja yang sulit untuk mengungkapkan isi hatinya, puisi ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk meluapkan semua itu. Ntah itu berupa kebahagiaan, kekesalan, atau yang lainnya bisa dituangkan di puisi.

Banyak yang beranggapan bahwa membuat puisi itu sangat mudah, bahkan sama dengan menulis karangan. Namun, semua itu tidak berlaku bagi pemula.

Dilansir dari Senipedia.id, seorang pemula perlu pembelajaran untuk menulis atau membuat puisi sendiri. Nah, oleh karena itu saya disini akan membagikan bagaimana sih cara membuat puisi? dan berikut adalah 5 tips yang akan memudahkan Anda dalam membuat puisi.

1. Memanfaatkan Suasana Hati

Tips Membuat Puisi
Memanfaatkan Suasana Hati – Pict by merahputih.com

Tips pertama ini sangat cocok untuk pemula, yaitu memanfaatkan suasana hati. Berhubung Anda baru beranjak dalam membuat puisi, alangkah baiknya Anda menuliskan sesuai suasana hati yang saat ini dirasakan. Dengan begitu, puisi yang akan ditulis jadi lebih terfokus. Jika tidak memanfaatkan suasana hati, mungkin Anda harus berimajinasi dan berandai-andai.

Sebagai contoh, jika Anda sedang galau, sedih, patah hati, ataupun putus cinta cobalah untuk menulis puisi. Karena disaat itu akan banyak kata-kata bermakna yang mungkin terlintas dipikiran Anda.

Nah, dengan memanfaatkan momen ini Anda akan dimudahkan untuk menulis kata demi kata untuk dijadikan suatu rangkaian puisi, karena pada dasarnya puisi adalah ungkapan perasaan seorang pengarang pada saat itu.

2. Menentukan Tema dan Judul

Selanjutnya yaitu menentukan tema, seperti keindahan alam, pahlawan, ataupun kisah cinta. Singkat saja, agar lebih mudah pilihlah tema sesuai kesukaan Anda. Atau bisa juga seperti tips pertama, disamakan dengan suasana hati akan membuat lebih lancar sewaktu menulis.

Jika sudah menentukan tema, pikirkan judul yang cocok untuk tema itu. Alangkah baiknya menggunakan judul dengan kata-kata yang menarik.

3. Memperhatikan Diksi dan Rima

Tips mudah membuat puisi selanjutnya ialah memperhatikan diksi dan rima. Diksi disini maksudnya Anda harus pintar memilih kata yang selaras dan bermakna dalam setiap baitnya.

Selain itu Anda harus memperhatikan rima atau pengulangan bunyi. Sehingga akan menghasilkan bunyi yang indah ketika dibaca.

4. Mulailah Menulis

Tips membuat puisi - mulai menulis
Mulailah Menulis – Pict by senipedia.com

Langkah selanjutnya adalah beraksi. Mulailah menulis dengan mengungkapkan segala hal yang kamu rasakan, dan tuangkan dalam bentuk tulisan. Biasakan jujur disaat menulis puisi. Dengan begitu, puisi yang Anda tulis akan memiliki makna yang mendalam.

Jika sudah pandai, seiring berjalannya imajinasi akan terbuka sedikit demi sediki. Akan tetapi, lebih baik buatlah sebuah karangan puisi sesuai isi hati yang dirasakan.

5. Koreksi Tingkat Keterbacaan

Ingat, puisi dibuat untuk menyampaikan perasaan pengarang terhadap pembacanya. Jadi, pastikan serangkaian puisi yang sudah dibuat mudah dipahami dan dibaca.

Sehingga seorang pembaca bisa menangkap semua perasaan yang dituangkan dalam bentuk tulisan tersebut.

Sebenarnya, membuat puisi itu cukup mudah, dan hanya membutuhkan niat yang mantap untuk mempelajarinya. Karena serangkaian puisi tidak bisa dibuat asal-asalan. Kita harus menuliskan kata yang pas dan saling terhubung agar mudah dipahami pembaca. Selain itu, mempelajari semua diksi juga akan membuat puisi menjadi menarik dan memiliki banyak makna.(*)

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA