by

Pemkot Lubuklinggau Terus Lakukan Penyemprotan dan Tinjau Persiapan Posko Induk Covid-19

KOPI, Lubuklinggau – Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe memimpin apel siaga gabungan dan pelepasan penyemprotan disinfektan serentak se-Indonesia bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, Kodim 0406, Polres Lubuklinggau, dan Batalyon B Brimob di Lapangan eks Kompi Lubuklinggau, Selasa (31/03/2020).

Penyemprotan serentak ini sesuai dengan instruksi Kapolri RI melalui Telegram dengan nomor ST/1008/III/KES.7/2020 tertanggal 27 Maret 2020. Di Lubuklinggau, kegiatan ini mengangkat tema ‘Cegah Covid-19 Kita Bisa Bersama, Bersama Kita Bisa. Linggau BISA Indonesia Kuat’.

Dalam arahannya, wako menyampaikan, penyemprotan disinfektan ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi agar Kota Lubuklinggau terhindar dari penyebaran Virus Corona. Disinfektan yang digunakan untuk disemprot sesuai dengan standar antisipasi Covid-19 yang dibuat oleh Kodim 0406 MLM memanfaatkan ekstrak serai wangi, air suling, serta arpus (getah pohon pinus) yang semuanya organik. “Sudah diperiksa oleh BBPOM dan tidak berbahaya bagi manusia,” katanya.

Penyemprotan disinfektan serentak kali ini menjangkau wilayah Perumnas Nikan I dan II, Dempo Raya (PUPR), Taba Pingin, Jl Beringin, Dusun Batu Urip, Watervang, Jl Nusa Indah, Perumnas Graha, Simpang Periuk, Jl Kelabat Batur dan Merapi oleh dua mobil Pemadam Kebakaran (Damkar). Lalu dua Damkar lain menyemprot di Jl Majapahit, Jl Pattimura, Jl Fatmawati, Perum Pondok Palm Indah. Dua Damkar lain di Jl Asoka, Jl Banten, Jl Kamboja, serta Jl Angsana. Untuk di Simpang Periuk dan Jl Eka Marga akan menggunakan AWC Polres dan tangki PDAM.

Selain itu, wako membenarkan saat ini ada satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19, tetapi kondisinya terus membaik. “Saat ini kondisinya terus membaik, harapannya hasilnya negatif dan tidak ada lagi PDP di Kota Lubuklinggau,” ujarnya.

Pemkot Lubuklinggau juga terus mengikuti instruksi dari pusat dalam penanganan penyebaran Virus Corona ini. Masyarakat diminta tetap berusaha menjaga kesehatan, menjaga jarak minimal satu meter, serta berupaya tidak keluar rumah jika tidak terlalu mendesak.

Jika ada masyarakat yang menunjukkan gejala Covid-19 diharapkan melapor ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Lubuklinggau melalui call center yang telah disebarkan. Petugas Dinkes akan berusaha sesegera mungkin untuk membawa yang bersangkutan ke rumah sakit (RS) rujukan Covid-19, yakni RS Siti Aisyah yang saat ini sedang menambah ruang isolasi dan wisma bagi para tenaga kesehatan.

“Dinkes saat ini sedang melengkapi peralatan antisipasi Covid-19 dan di posko yang kita siapkan nantinya harus disuplai vitamin bagi petugas jaga. Saya imbau juga petugas posko untuk menjaga etika, kesehatan, selalu jaga jarak saat bertugas,” imbaunya.

Usai memimpin apel siaga di lapangan eks Kompi, wako langsung meninjau persiapan posko induk Satgas Covid-19 di Kantor Eks Pemkab. Ia didampingi Wakil Wali Kota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar, Sekda Kota Lubuklinggau H A Rahman Sani, Kapolres Lubuklinggau AKBP Mustofa, serta sejumlah beberapa kepala OPD. Dalam tinjauannya, Wako menginstruksikan agar posko tersebut disiapkan sedemikian rupa, sehingga petugas Satgas Covid-19 yang berjaga merasa nyaman. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA