by

Kopi Ananda Lubuklinggau Ciptakan Inovasi Baru dan Pertama di Indonesia

KOPI, Lubuklinggau – Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi juga merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Sebagai warga Lubuklinggau, tak ada salahnya mencicipi kopi produk asli Lubuklinggau yakni Kopi Bubuk Ananda, yang merupakan salah satu UKM aktif di Kota Lubuklinggau khususnya di Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Yuzar Rifa’i selaku CEO kopi Ananda Kota Lubuklinggau mengatakan “Ada berbagai macam varian rasa yang kita jual di sini, antara lain yakni Wine Coffe, Kopi Jahe, Kopi Pinang Muda, Kopi Pasak Bumi, Madu Hutan Asli Ananda dan Madu Hitam, Original Kopi, Kopi Durian, Pengharum Kopi, dan yang menjadi produk andalan kami terbaru ialah bubuk durian,” ujarnya.

Kopi Ananda terus berinovasi, salah satu inovasi terbarunya ialah memproduksi bubuk durian dan gula durian, produk ini merupakan salah satunya pertama di Indonesia.

Produk bubuk durian merupakan hasil dari pengelolaan buah durian asli yang di sangrai, tanpa bahan tambahan ataupun pengawet, bubuk durian dapat digunakan sebagai bahan perasa dalam pembuatan kue, cake, roti, dan berbagai macam olahan makanan dan minuman lainnya.

Kopi Ananda juga berinovasi membuat Gula Durian dan produk ini juga pertama di Indonesia, Gula durian peruntukannya sama halnya dengan bubuk durian cuma beda dari bubuk durian dan gula durian dari bentuk, gula durian agak kasar dan lebih manis jika bubuk durian lebih halus variannya, seluruh produk dari ananda kopi tanpa bahan pengawet tetapi untuk kualitas lebih tahan lama.

“Inspirasi munculnya gula durian dan bubuk durian ini, kita melihat orang membuat kopi durian, nah, mayoritas pengawetan durian ini memakai freezer, karena buah durian ini tahunan, jadi kalau tidak musim durian, yah, tidak ada duriannya,” terang Yuzar.

Pihaknya akan selalu berusaha untuk mencoba dan berinovasi untuk membuat sesuatu itu yang belum pernah ada di Kota Lubuklinggau maupun di Nasional. Ia berharap kepada pemerintah semoga kedepannya nanti bisa membangun gedung untuk menampung produk-produk UKM ini, sehingga bisa dipajang dan dipasarkan disana.

“Siapapun pengunjung yang datang kelinggau pasti akan mampir kesana agar mereka bisa membeli oleh-oleh khas dari Kota Lubuklinggau, salah satunya ialah produk dari Kopi Ananda, dan siapapun yang tertarik dengan produk kami bisa pesan dan langsung datang ke tempat produksi atau bisa menghubungi 085268455061,” jelasnya. (Vhio)

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA