by

Awali Tahun 2024, Ketum PPWI Silahturahmi ke Dangrup-1 Kopassus

KOPI, Serang – Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (Ketum PPWI), Wilson Lalengke, melakukan kunjungan kerja dalam rangka silahturahmi ke Markas Komando Grup 1 Kopassus TNI-AD di Serang, Banten, beberapa hari setelah tahun baru, yakni pada Kamis, 4 Januari 2024. Tim PPWI Nasional diterima langsung oleh Komandan Grup 1 Kopassus, Kolonel Inf. Irfan Amir, SE. M.Si, di ruang kerja Dangrup-1.

Dalam pertemuan tersebut, Wilson Lalengke ditemani pengurus PPWI Nasional lainnya, Winarsih, dan anggota PPWI Serang, Agus Supriyono. Sementara itu, Dangrup-1 Kopassus Irfan Amir didampingi Kasi Teritorial, Kapten Inf. Andy Satria dan Kasi Intel, Kapten Inf. Andhika. Pertemuan yang dimulai sekitar pukul 11.00 wib itu berlangsung dengan penuh hangat dan suka cita.

Sebagaimana diketahui bahwa hubungan baik antara PPWI dengan Kopassus telah berlangsung lama, terutama sejak Dangrup-1 Irfan Amir masih menjabat sebagai Kasi Ops Grup-3 Kopassus dengan pangkat Kapten Infanteri. Pertemuan pada awal tahun 2024 ini merupakan reuni dan meneruskan tradisi silahturahmi yang telah terjalin erat selama ini antara kedua tokoh yang sama-sama berasal dari Sulawesi tersebut. Untuk diketahui juga bahwa Kolonel Inf. Irfan Amir belum lama menempati pos barunya ini sebagai Komandan Grup-1.

“Atas nama PPWI, saya datang untuk menyampaikan langsung ucapan selamat atas penugasan baru sebagai Komandan Grup-1 Kopassus TNI Angkatan Darat. Ini sebuah kebanggaan bagi saya dan PPWI, setidaknya ada sahabat PPWI yang baik dan berprestasi luar biasa dalam tugasnya sebagai penjaga NKRI,” ucap Wilson Lalengke mengawali pembicaraan.

Wilson Lalengke dan Kolonel Inf Irfan Amir adalah kawan lama yang bertemu kembali. Sejak penugasan Irfan Amir di luar Makopassus Cijantung, hubungan keduanya terus terjalin via komunikasi telepon dan WhatsApp. PPWI tetap memberikan dukungan dalam bentuk pemberitaan tentang kegiatan-kegiatan Irfan Amir, baik pada saat menjabat sebagai Dandim Jeneponto, Sulawesi Selatan, maupun ketika menjabat sebagai Asisten Teritorial Danjen Kopassus. Cerita tentang hubungan keduanya turut mengemuka dalam pertemuan ini.

Selain mengenang kembali utas pengalaman persahabatan keduanya, Kolonel Inf. Irfan Amir juga sempat menjelaskan berbagai program yang sedang dan akan dijalankan di lingkungan penugasannya, yakni di Makopassus Grup-1 Serang. Sebagai orang yang ditempatkan pertama kali saat dilantik menjadi anggota baret merah dengan pangkat Letda di tahun 90-an di Makopassus Grup-1 ini, sang Kolonel itu memahami benar situasi lingkungan markas yang dipimpinnya. Kondisi ini memudahkan Irfan Amir dalam menentukan program, termasuk pengembangan kegiatan inovasi, yang perlu dan penting dilakukan di Grup-1.

“Makopassus ini menempati areal seluas 200 hektar lebih, yang telah ditanami pohon sejak belasan tahun lalu. Akibatnya, banyak sampah dedaunan yang tiap saat berjatuhan di areal Mako. Kalau orang lain melihat sampah sebagai masalah, saya justru memandang ini sebagai peluang yang potensial untuk dimanfaatkan, salah satunya adalah sebagai bahan pembuatan pupuk kompos,” jelas Dangrup-1 Kolonel Inf. Irfan Amir.

Untuk merealisasikan idenya itu, sambung Irfan Amir, pihaknya telah bekerjasama dengan pihak swasta yang mengolah sampah dedaunan untuk dijadikan pupuk yang langsung bisa dipasarkan. “Sampah yang dihasilkan oleh pepohonan di sini mencapai 3-4 truk setiap hari. Dan saya sudah menggandeng pihak swasta untuk kerjasama mengelola sampah-sampah itu, yang menggunakan mesin pengolah sampah, hanya dalam waktu satu jam, sampah tadi sudah langsung jadi pupuk kompos dan bisa dijual ke pasaran,” tambahnya.

Sementara itu, Wilson Lalengke menjelaskan program-program PPWI yang dilaksanakan selama ini, juga beberapa program yang dipersiapkan untuk dilaksanakan pada tahun 2024. Sebagaimana halnya beberapa program kerjasama PPWI dengan Kopassus yang sudah berjalan selama ini, Ketum PPWI itu juga menyampaikan untuk meneruskan kegiatan-kegiatan kerjasama yang diharapkan akan dikembangkan lebih besar lagi, baik dari segi kuantitas maupun kualitas programnya.

“Saya berharap kita dapat melanjutkan kerjasama melaksanakan beberapa program kegiatan yang sudah pernah kita implementasikan selama ini, seperti pelatihan jurnalisme warga, penyebar-luasan informasi, serta diklat bela negara dan kepemimpinan,” ujar alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 ini.

Acara silaturahmi dan audiensi antara PPWI dan Grup-1 Kopassus Serang ditutup dengan tukar-menukar cenderamata dan foto bersama. (AGUS/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA