by

Pencanangan Kota Payakumbuh sebagai Kota Bebas Pungli, Irwasum Polri Bangga dan Apresiasi Pj Walikota Payakumbuh

KOPI, Payakumbuh – Irwasum Polri, Komjen Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si., selaku Ketua Satgas Saber Pungli Pusat, melakukan pencanangan Kota Payakumbuh sebagai kota bebas pungli, bertempat di Aula Ngalau Lt. 3 Kantor Balaikota Payakumbuh, Jumat (26/5/23). Wajah Pj.Walikota Payakumbuh, Drs. Rida Ananda terlihat sumringah, kota kecil Payakumbuh yang saat ini dipimpinnya, telah mampu menarik perhatian petinggi Polri yang untuk pertama kalinya dalam sejarah Jenderal Bintang 3 (tiga) turun ke daerah tingkat kota.

Pencanangan ditandai dengan pembacaan ikrar oleh 14 Kepala OPD yang melaksanakan fungsi pelayanan di Kota Payakumbuh. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Walikota Payakumbuh bersama Forkopimda untuk menyatakan ikut mendukung penuh Payakumbuh sebagai Kota Bebas Pungli. Penandatanganan komitmen juga disaksikan oleh Irwasum Polri, Kapolda Sumbar dan seluruh Ketua UPP Saber Pungli se-Sumbar yang ikut hadir dalam acara pencanangan.

Pj. Walikota Payakumbuh, Drs. Rida Ananda, M.Si., dalam sambutannya mengatakan merasa sangat bahagia dan bersyukur. Kehadiran Irwasum membawa semangat baru untuk makin mensinergikan kinerja aparatur Pemko Payakumbuh dengan stakeholder terkait. Kolaborasi antara OPD yang ada di Kota Payakumbuh dengan aparat penegak hukum, dalam hal ini UPP Saber Pungli dengan dukungan penuh dari Forkopimda, membawa Kota Payakumbuh terdepan dalam upaya memberantas dan mencegah terjadinya Pungli di Kota Payakumbuh.

“Sehingga di hari Jumat berkah ini, Kota Payakumbuh dicanangkan sebagai Kota Bebas Pungli oleh Irwasum Polri, Komjen Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si., selaku Ketua Satgas Saber Pungli Pusat,” ungkap Rida dengan mata berbinar.

Komjen Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si., dalam sambutannya menyatakan bangga dan memberi apresiasi yang tinggi kepada Pj.Walikota Payakumbuh karena telah berani mengambil langkah sebagai satu-satunya daerah di Indonesia yang mau dengan serius memberantas dan mencegah terjadinya Pungutan Liar (Pungli). “Keberanian, Drs. Rida Ananda, M.Si., selaku Pj.Walikota yang didukung penuh oleh segenap unsur mulai dari Kepala OPD, Ketua LKAAM, Ketua KAN, dan organisasi masyarakat, bahkan tidak tertinggal dukungan luar biasa dari Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, adalah paket terindah dalam kinerja Pj. Walikota, Rida,” terang Ahmad Dofiri dengan tersenyum, dan diiringi tepuk tangan meriah dari hadirin.

Lebih lanjut, Ketua Satgas Saber Pungli Pusat juga mengatakan bahwa pungutan liar adalah hal yang menjengkelkan yang harus diberantas tegas. Walau jumlahnya hanya hitungan persen rupiah tapi mampu membuat masyarakat resah, kesal dan tidak nyaman. Kota Payakumbuh telah mampu membuktikan untuk “Stop Pungli di Kota Payakumbuh”. Hal ini telah terbukti dengan adanya pelayanan terpadu satu pintu dalam Mal Pelayanan Publik (MPP).

Lokasi MPP langsung berada Lt.1 Gedung Kantor Balaikota dengan sejumlah konter-konter pelayanan, termasuk adanya Posko UPP Saber Pungli Kota Payakumbuh. Dengan motto pelayanan MPP: ‘mudah, aman, nyaman dan sesuai dengan aturan yang berlaku’, telah mampu membuat masyarakat Kota Payakumbuh dan masyarakat sekitar dari Kabupaten/Kota tetangga berurusan ke MPP Kota Payakumbuh mendapatkan pelayanan prima. “Ini bukti nyata kalau Payakumbuh layak untuk dinobatkan sebagai Kota Bebas Pungli,” ucap Komjen Pol kharismatik ini dengan lugas.

Di tempat terpisah, Kompol Russirwan, S.H., selaku Ketua UPP Saber Pungli Kota Payakumbuh menyatakan bangga dan bahagia atas pencapaian kinerja yang saling bersinergi antara Pemda dan Aparat Penegak Hukum dalam memberantas dan mencegah Pungli di Kota Payakumbuh. Dukungan semua pihak terutama Inspektorat Kota Payakumbuh selaku pemegang kendali kegiatan, Ketua UPP Saber Pungli yang energik ini memberikan apresiasi.

Sementara itu, Inspektur Kota Payakumbuh, Andri Narwan, S.Sos, CGCAE, usai acara menyatakan sangat puas atas telah dicanangkannya Kota Payakumbuh sebagai Kota Bebas Pungli. “Ini juga merupakan sebuah bukti bahwa sinergisitas yang baik dari semua elemen dalam melakukan pengawasan pembangunan Kota adalah harga mati untuk sebuah kesuksesan,” ujar Andri. (Zenti Enjoy)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA