by

Berikut Daftar Pemenang Kompetisi Film Tentang Otsus Aceh yang Digagas Senator Fachrul Razi

KOPI, Banda Aceh – Otonomi Khusus (Otsus) Aceh sudah berjalan lebih kurang selama 16 tahun, yaitu sejak ditetapkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA No 11 Tahun 2006), yang merupakan salah satu realisasi dari amanah MoU Helsinki. Selama penerapannya, Otsus Aceh telah memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung ke segala lini kehidupan masyarakat Aceh.

Namun di sisi lain, Otsus Aceh juga memiliki kekurangan dan belum menyelesaikan persoalan kemiskinan, kesehatan dan infrastruktur yang ada di Aceh, Jumat (21/10).

H. Fachrul Razi, M.I.P., merupakan salah seorang senator dari Provinsi Aceh yang sudah dua periode menjadi anggota DPD, dan dikenal vokal menyuarakan isu terkait otsus terutama otsus di Aceh. Untuk menyaring aspirasi dari masyarakat terkait perjalanan otsus di Aceh, Fachrul Razi mengajak semua pihak untuk terlibat aktif dalam menyuarakan aspirasinya melalui berbagai media, termasuk media audio-visual dan teknologi informasi.

Dalam mewujudkan hal tersebut, diselenggarakan kegiatan Fachrul Razi Video Kompetisi 2022 (FRVK 2022) dengan tema “Perjalanan Otsus di Aceh”, yang merupakan wadah untuk anak muda Aceh dalam menyampaikan pandangan terkait otsus di Aceh secara kreatif dan edukatif.

Fachrul Razi mengatakan bahwa Kompetisi film tentang Otsus Aceh mencoba memotret bagaimana perjalanan Otsus selama ini dalam perspektif anak muda Aceh. “Hasil video yang dikaryakan sangat kreatif dan mampu memberikan inspirasi bagi Aceh dalam perspektif anak-anak muda, karya yang luar biasa ini harus menjadi masukan bagi pengambil kebijakan di Aceh,” tegas Fachrul Razi.

Fachrul Razi juga menegaskan bahwa dirinya akan terus memantau pelaksanaan Otsus Aceh dengan melibatkan mahasiswa dan pemuda baik melalui media, film, maupun gerakan milenial lainnya.

Kegiatan yang diselenggarakan sejak Agustus silam telah diikuti oleh beberapa kalangan masyarakat Aceh. Dari seluruh peserta yang berpartisipasi, panitia kegiatan FRVK 2022 telah menetapkan beberapa video sebagai pemenang kegiatan ini.

Adapun judul karya yang terpilih menjadi pemenang FRVK 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Perjalanan 15 Tahun Otsus Aceh (IG @insanalislami) – Sebagai Juara Pertama.
  2. Otsus atau Otonomi Khusus (IG @afil_maulana0100) – Sebagai Juara Kedua.
  3. Gampong Otsus (IG @meusahoee) – Sebagai Juara Ketiga.
  4. The Journey of Implementing Otsus Aceh (IG @rxka._) – Sebagai Juara Favorit 1.
  5. Perjalanan Otonomi Khusus di Aceh (@zahriabdulla) – Sebagai Juara Favorit 2.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dan piagam penghargaan yang akan diserahkan langsung oleh Fachrul Razi. Ia mengucapkan selamat kepada para pemenang. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA