by

Tutorial Cara Membuat Game Sendiri untuk Dijual di Playstore

-Tips-14,025 views

KOPI, Jakarta – Jika melihat dunia industri gaming semakin hari terus alami perkembangan yang cukup pesat. Hingga banyak orang yang penasaran, bagaimana cara membuat game untuk dijual di playstore. Sebenarnya untuk membuat game di Playstore tersebut para developer membutuhkan coding. Terlebih dalam proses pembuatan game kompleks dan besar pasti butuh programmer yang lebih banyak.

Pada perangkat Android kamu bisa melihat sekarang sudah banyak sekali berbagai jenis game yang bermunculan. Game-game yang populer saat ini seperti game tema simulasi, game perang, dan lainnya. Jadi kamu bisa memilih berbagai genre game sesuai kesukaan untuk dimainkan di perangkat android.

Hadirnya banyak genre game membuat para gamers tidak cepat bosan untuk memainkan game. Bahkan game tersebut terus alami perbaruan dan perubahan, tentu ada hal baru yang bisa kamu mainkan.

Selain memainkan game, ternyata kamu juga bisa mencari peruntungan dengan membuat game. Nantinya kamu bisa menjual game tersebut ke PlayStore. Nah, dengan kemampuan membuat game, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan loh.

Penasaran, bagaimana cara membuat game untuk dijual di PlayStore? Tenang saja, kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuat game yang seru dan berkualitas yang kami rangkum dari greenacademy.id.

Cara Membuat Game untuk Dijual di Playstore untuk Pemula

Bagi para pemula yang tertarik untuk membuat game lalu di jual ke PlayStore, kamu harus tahu langkah tepat untuk membuat game. Sebenarnya proses pembuatan game ini membutuhkan proses coding. Kini kamu bisa berkesempatan membuat game seru tanpa harus proses coding loh.

Di era yang semakin modern, ini kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi khusus untuk membuat game. Kamu bisa mencari aplikasi tersebut di internet, namun harus memilih aplikasi yang legal atau resmi agar lebih aman dan terpercaya.

Proses pembuatan game saat ini kamu bisa mengandalkan smartphone, PC atau laptop. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lebih baik kamu melakukan pembuatan game dengan menggunakan PC atau laptop saja.

Pada saat membuat game dengan laptop maka tampilannya lebih jelas dan optimal. Tidak perlu panjang lebar, berikut ini beberapa cara membuat game untuk dijual di playstore yang bisa kamu coba.

Membuat game dengan menggunakan AppsGeyser

Bagi para pemula, tentu dalam membuat game tidak membutuhkan proses coding karena terlalu rumit. Aplikasi pertama yang bisa kamu andalkan untuk membuat game tanpa proses coding adalah AppsGeyser.

Aplikasi AppsGeyser ini bisa dijadikan pilihan karena penggunaannya lebih simple dan mudah dipahami. Lebih jelasnya, kamu bisa ikuti beberapa langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama silahkan kunjungi situs resmi AppsGeyser.com di perangkat laptop. Agar prosesnya lebih mudah dan optimal, silahkan menggunakan browser Chrome.
  2. Apabila sudah masuk di laman web, silahkan untuk mengetik game lalu pilih See All di kolom pencarian web.
  3. Nantinya akan muncul pilihan game seperti puzzle, Flappy, dan kuis. Disini kamu bisa memilih jenis game apa yang nantinya akan kamu buat.
  4. Langkah selanjutnya melakukan pengaturan objek game, lalu klik next.
  5. Pada tahapan ini kamu diminta untuk memasukkan nama game yang akan dibuat dan membuat deskripsi mengenai game tersebut. Lalu klik next.
  6. Selanjutnya kamu diminta untuk membuat ikon game, silahkan memilih ikon game sesuai keinginan. Lalu klik Create.
  7. Kalau sudah, saatnya mendaftarkan akun dengan email atau login dengan akun FB.
  8. Proses pembuatan game sudah selesai maka diarahkan ke Dashboard lalu pilih download game.

Tanpa perlu coding, kamu sudah bisa membuat game dengan mengandalkan aplikasi AppsGeyser. Silahkan ikuti saja langkah-langkah di atas dengan benar, maka kamu akan menghasilkan game yang seru dan sesuai harapan.

Membuat game dengan Draw Your Game

Masih ada cara membuat game untuk dijual di playstore selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu menggunakan Draw Your Game. Pembuatan game dengan menggunakan Draw Your Game terbilang cukup unik karena kamu harus menggambar dulu di kertas HVS.

Proses menggambar pun tidak boleh sembarangan karena ada beberapa ketentuan, seperti berikut :

  • Warna merah untuk benda berbahaya
  • Warna biru untuk benda-benda yang bisa bisa bergerak
  • Warna hijau untuk trampoline
  • Warna hitam untuk lantai dan tembok

Pastikan kamu membuat desain game sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku. Setelah itu ikuti cara membuat game untuk dijual di playstore tanpa proses coding, berikut ini :

  • Silahkan mengunduh aplikasi Draw Your Game, lalu instal.
  • Kalau sudah silahkan membuka aplikasi tersebut dengan klik Create, lalu Ok.
  • Silahkan klik Picture untuk ambil gambar dari kertas HVS. Apabila sudah difoto sebelumnya kamu bisa ambil di galery untuk diupload.
  • Langkah selanjutnya adalah meletakkan karakter robot pada titik start. Lalu klik Play di bagian tengah.

Membuat game dengan aplikasi QuickAppNinja

Kalau cara kedua dirasa cukup rumit, proses membuat game tanpa coding kamu bisa menggunakan aplikasi QuickAppNinja. Nah, dengan menggunakan platform ini kamu berkesempatan membuat game dengan proses mudah dan gratis.

Bagi kamu yang penasaran cara membuat game untuk dijual di playstore dengan QuickAppNinja, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Silahkan lakukan pendaftaran melalui situs quickappninja.com 
  2. Kalau sudah terdaftar, kamu bisa memilih jenis game apa yang akan dibuat.
  3. Kalau sudah memilih jenis gamenya, saatnya proses pembuatan game. Dalam proses pembuatan kamu bisa lakukan edit tampilan, warna, suara, dan lainnya sesuai keinginan.
  4. Jangan lupa untuk melengkapi data diri game seperti nama game, alamat email, dan beberapa ketentuan game lainnya.
  5. Apabila pembuatan game sudah selesai, kamu bisa mengatur pendapatan dari game. Kamu bisa aktifkan monetisasi agar ada iklan yang masuk dalam game.
  6. Kalau sudah, kamu bisa download game dengan klik generate game.
  7. Setelah itu kamu menunggu 1×24 jam sebelum diunggah ke PlayStore.

Silahkan ikuti saja cara membuat game untuk dijual di playstore secara simple dan gratis. Setelah berhasil membuat game, kamu bisa langsung mengunggahnya di PlayStore.

Cara Mengunggah Game ke Playstore

Setelah tahu cara membuat game untuk dijual di playstore, tentu game harus diunggah ke PlayStore untuk mendapatkan uang. Sebagai informasi, berikut langkah-langkah mengunggah hasil pembuatan game ke PlayStore.

  1. Pastikan kamu sudah terdaftar di akun Play Developer Console.
  2. Setelah berhasil login, akan muncul beberapa tahapan untuk bisa unggah game ke PlayStore.
  3. Silahkan untuk menuju Accept Developer Agreement. Klik I Agree lalu Continue to Payment.
  4. Langsung masuk menu pembayaran pendaftaran sebesar 25 USD. Pembayaran ini hanya sekali saja dengan melengkapi data yang dibutuhkan.
  5. Kalau sudah kamu akan masuk ke profil akun.
  6. Selanjutnya bisa masuk ke Dashboard untuk mengunggah aplikasi game yang sudah kamu buat.
  7. Selanjutnya klik Publish untuk mengunggah game ke PlayStore.
  8. Game yang kamu unggah sudah bisa di download pengguna PlayStore.

Penutup

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat game, kamu bisa ikuti cara membuat game untuk dijual di playstore di atas. Memang butuh kemampuan dan memahami pemrograman, namun kamu bisa memulainya dengan aplikasi pembuatan game di atas. Semoga berhasil dan mendapatkan penghasilan yang optimal.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA