by

Bangun Agrowisata Kampung Kolecer! Patriot Desa dan Pemerintah Desa Curug Gelar Kerja Bakti

KOPI, Karawang – Pemerintah Desa Curug bersama-sama masyarakat melaksanakan kerja bakti membersihkan rumput dan sampah di area jalan desa, Sabtu (9/7/22). Hal tersebut dilakukan untuk membangun Agrowisata Kampung Kolecer.

Kepada awak media ini, Wardono, Sekdes Desa Curug, menyampaikan bahwa kerja bakti hari ini adalah awal dari tindaklanjut rencana pembangunan “Destinasi Agrowisata Kampung Kolecer dan Smart Village Curug”. “Mulai bulan depan setiap sabtu dan minggu akan dimulai pasar tradisional rakyat,” paparnya.

Kegiatan ini dapat terwujud atas inisiatif Patriot Desa Curug Abdul Kosim Nurseha, program wisata desa ini untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki Desa Curug. Dalam hal ini, Abdul Kosim Nurseha menyampaikan bahwa Desa Curug mempunyai potensi yang tinggi terutama dalam bidang pertanian.

“Salah satunya di wilayah dusun krajan 1 yang memiliki luas pertanian yang cukup tinggi, maka dari itu saya bersama Pemerintah Desa berusaha untuk membangun konsep wisata yang memanfaatkan potensi wilayah tersebut,” ujarnya.

Pemdes Curug bersama Patriot Desa dan masyarakat kerja bakti membangun Agrowisata Kampung Kolecer.

Lanjutnya, “Saya berharap ke depannya akan menjadi ikon wisata unggulan Desa Curug dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa.”

Selain itu, Jamaludin Ahmad atau yang akrab disapa Kang Jamal Kader Digital Kemendesa yang juga aktif di organisasi kepemudaan, kemasyarakat dan Pemerintahan di Desa Curug menyampaikan bahwa, gagasan Agrowisata Kampung Kolecer ini yang digagas oleh Patriot Desa. Hal ini sangat berpotensi untuk menjadi nilai yang lebih bagi Desa Curug.

Selain itu, bisa dijadikan tempat anak-anak, remaja dan dewasa bahkan lansia yang suka nongkrong di sekitar pinggiran sepanjang jalan. Sekarang area tersebut akan dijadikan tempat wisata dan di hari minggu pagi suasana sangat ramai, ada yang berlari, jalan kaki dan ada juga yang sekedar nongkrong-nongkrong pinggir jalan sambil bermain gitar,” ungkap Kang Jamal.

Ia menambahkan, Patriot Desa beberapa kali berdiskusi dengan para pemuda Dusun Cilentah dan Dusun Krajan 1 serta beberapa tokoh masyarakat yang ada di Desa Curug, bahwa akan membangun Agrowisata Kampung Kolecer dengan pemanfaatan lahan bengkok desa. Hal itu juga berpotensi menarik pengunjung masyarakat Desa Curug yang setiap sore dan minggu pagi meramaikan sepanjang pinggiran jalan Dusun Cilentah sampai Dusun Krajan,” ungkapnya.

Jamaludin Ahmad sebagai kader Smart Village pun bersepakat dengan Patriot Desa, para pemuda dan tokoh masyarakat di Desa Curug, ide dan gagasan ini akan dibawa ke Pemerintah Desa Curug melalui Musyawarah Desa. Setelah mendengar penjelasan terkait ide Kampung Kolecer, Kepala Desa pun setuju.

Kades Curug, Usman Sonjaya, Pemerintah Desa sangat setuju sekali dengan gagasan akan dibangunnya Agro Wisata Kampung Kolecer di Dusun Cilentah. “Ada lahan bengkok desa di daerah sana yang bisa dimanfaatkan. Karena Bumdes Desa Curug pun sudah membangun Cafe dilahan bengkok yang berada di Dusun Krajan ini, jadi lahan sebelah kiri dari Cafe Bumdes bisa dimanfaatkan untuk spot-spot selfie di tengah sawah,” tutup Usman Sonjaya. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA