by

Pimpin Apel Gelar Paspam Wapres RI ke Bangka Belitung, Brigjen TNI Ujang Darwis: Wujudkan Situasi Aman

KOPI, Bangka Belitung – Komandan Korem 045/Garuda Jaya (Gaya) Brigjen TNI Ujang Darwis MDA dan Kapolda Babel Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya, memimpin langsung upacara gelar pasukan pengamanan dalam rangka kunjungan kerja Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin ke Provinsi Bangka Belitung.

Wapres Ma’ruf Amin dijadwalkan berkunjung ke Bangka Belitung guna membuka Kongres Halal Internasional Majelis Ulama Indonesia (MUI), 14-18 Juni 2022.

Brigjen TNI Ujang Darwis MDA menegaskan penyelenggaraan pengamanan VVIP kunjungan kerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin tersebut harus mampu mewujudkan situasi aman. Seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan berada dalam satu komando, yakni Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad).

“Oleh karena itu seluruh yang terlibat dalam pengamanan VVIP berada di bawah satu komando dari Pangkogasgabpad, dan penyelenggaraan pengamanan harus mampu mewujudkan situasi aman dan dapat menjamin keselamatan VVIP,” tegasnya, saat memimpin upacara gelar pasukan pengamanan kunker Wapres RI, di Makorem 045/Gaya, Senin (13/06/2022).

Danrem meminta personel memiliki kewaspadaan tinggi dalam pelaksanaan operasi pengamanan untuk menjaga keamanan, keselamatan dan kenyamanan wakil presiden, setiap saat dan setiap obyek yang dikunjungi.

Menurutnya, tindakan sekecil apapun yang mengancam keamanan dan kenyamanan VVIP dapat menciderai seluruh perencanaan dan persiapan yang telah dilaksanakan.

Selain itu, kata danrem, tim pengamanan juga harus mampu melakukan Perkiraan Keadaan Taktis (PKT) dan Perkiraan Keadaan Medan (PKM), serta berkordinasi dan berkomunikasi secara terus-menerus maupun melekat. Sehingga dapat mengantisipasi setiap perubahan situasi dan kondisi.

“Pengamanan yang dilaksanakan mengutamakan pencegahan daripada tindakan terhadap setiap bentuk ancaman dan gangguan yang akan di perkirakan timbul,” kata Brigjen Ujang Darwis.

Senada disampaikan Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra. Dalam arahannya, kapolda menekankan tiga hal dalam pengamanan kunjungan kerja wapres.

“Setiap personel agar melihat dan mengamati tempat-tempat atau pos masing-masing PAM VVIP, terhadap kemungkinan ancaman yang akan timbul,” kata Irjen Yan Sultra.

Ia melanjutkan, situasi termasuk cuaca agar menjadi perhatian untuk dilakukan antisipasi dengan persiapan peralatan. Di samping itu, ia mengingatkan agar para personel melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab.

“Setiap anggota pengamanan harus bisa membangun kepercayaan kepada masyarakat bahwa kita bisa mensukseskan kunjungan Wakil Presiden RI,” imbuhnya.

Upacara gelar pasukan dipusatkan di lapangan hijau Makorem 045/Gaya, diikuti seluruh perangkat pengamanan VVIP RI 2, baik personel maupun gelar peralatan dan perlengkapan yang digunakan. (ism)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA