by

Antara Meja Makan Minimalis vs Tradisional: Mana yang Lebih Bagus?

KOPI, Jakarta – Memilih furniture di dalam rumah memang tidak boleh asal-asalan. Kalau Anda salah pilih, suasana rumah pun jadi tidak sesuai harapan. Salah satu yang sering diabaikan adalah pemilihan set ruang makan. Masih banyak yang asal pilih meja makan karena alasan asal murah. Padahal, Anda tetap harus jeli memilih yang paling awet.

Bicara soal meja makan, saat ini tersedia dua jenis yang ada di pasaran: versi meja makan minimalis dan tradisional. Nah, mungkin Anda masih bingung memilih mana yang terbaik untuk rumah? Coba simak beberapa poin berikut ini agar tidak salah pilih.

1. Meja Makan Minimalis Memberikan Kesan Ruangan yang Luas

Bila ruang makan di rumah Anda tergolong sempit, sebaiknya pilih meja makan minimalis. Ini supaya space tidak termakan untuk menaruh meja makan saja. Dengan begitu, Anda jadi punya sedikit tempat untuk menaruh barang lain di ruang makan.

Ukuran meja makan minimalis yang kecil membuat Anda jadi leluasa membersihkan ruangan. Tak perlu sampai susah payah menggeser meja, Anda tinggal mengarahkan sapu ke bagian bawah meja makan minimalis. Selain itu, ruangan yang luas membuat suasana rumah jadi lebih nyaman. Faktanya, semakin sempit suasana rumah, berpengaruh juga pada rusaknya mood harian Anda.

2. Meja Makan Tradisional Cocok untuk Keluarga Besar

Nah, khusus bagi Anda yang memiliki banyak anggota keluarga di rumah, rasanya lebih cocok menggunakan meja makan tradisional. Umumnya, meja makan tradisional dibuat dengan ukuran yang agak besar. Ini karena budaya makan bersama saat selamatan di beberapa suku Indonesia menjadikan ukuran meja makan jaman lampau lebih besar.

Dengan begitu, meja makan tradisional juga bisa dipakai untuk menaruh banyak piring saat acara selamatan. Anda jadi tidak perlu pinjam tetangga kanan kiri karena meja makan sendiri sudah mampu menampung piring dan baskom untuk prasmanan.

3. Meja Makan Minimalis Lebih Murah dari Meja Makan Tradisional

Ukuran meja makan minimalis yang kecil serta bahan pembuatnya yang dari kaca menjadikan harganya malah lebih murah dari meja makan tradisional. Umumnya, meja makan tradisional yang terbuat dari kayu jati dihargai di angka puluhan juta rupiah. Sementara itu, meja makan minimalis bisa dibeli di angka start 1 jutaan rupiah saja.

4. Anda Bisa Mengganti Letak Meja Makan Minimalis Lebih Mudah

Meja makan tradisional biasanya dibuat dengan struktur lama sehingga terasa berat dan susah dipindahkan. Berbeda dengan meja makan minimalis yang banyak diproduksi dengan kaki lipat. Bahan pembuatnya yang juga ringan menjadikan meja minimalis bisa dipindahkan kapan saja Anda mau.

Saat sedang tidak digunakan, Anda bisa melipat meja makan dan menyingkirkannya agar ruang makan terlihat lebih luas. Dengan begini siapa saja bisa leluasa lewat di ruang makan tanpa takut terbentur meja makan. Tentunya fitur kaki lipat pada meja makan minimalis ini sangat bermanfaat untuk Anda yang punya si kecil di rumah.

5. Meja Makan Minimalis Memberikan Kesan Elegan nan Mewah

Meskipun minimalis, namun pemberian warna pada meja makan minimalis terlihat sangat elegan dan mewah. Warna-warna sederhana seperti hitam, putih dan abu-abu sering ditemukan pada meja makan tipe minimalis. Pemandangan berbeda ditemukan pada meja makan tradisional, dimana sering menggunakan warna-warna mencolok seperti coklat, merah, hijau atau kuning.

Tentunya, bagi Anda yang memiliki rumah dengan konsep minimalis, sangat cocok memilih meja makan minimalis guna menjaga konsep rumah tetap bersih dan luas. Akan lebih baik lagi bila Anda custom warna ke penjual sebelum membayar.

6. Meja Makan Tradisional Terlihat Sederhana

Bila meja makan minimalis terlihat elegan, maka meja makan tradisional terlihat lebih sederhana. Konsep meja makan tradisional biasanya mengedepankan build quality dan tidak terlalu fokus pada desain. Produsen meja makan tradisional mementingkan fungsi dari meja makan itu sendiri. Kalaupun ada produsen meja makan tradisional yang juga memikirkan desain, biasanya sebatas pada kaki dan sudut meja makan, tidak keseluruhan.

7. Meja Makan Tradisional Lebih Susah Dibersihkan

Semakin besar ukuran suatu furniture, tentu butuh usaha lebih untuk membersihkannya. Demikian pula dengan meja makan tradisional yang susah dibersihkan. Perlu mengangkat meja makan tradisional ke halaman rumah terlebih dahulu untuk dicuci. Ini tentu berbeda dengan meja makan minimalis yang berukuran mini sehingga tidak perlu mengangkatnya repot-repot ke halaman rumah. Cukup pindahkan meja makan minimalis kedepan kamar mandi, kemudian cuci dan siram dengan bersih.

8. Meja Makan Minimalis Cocok Dibeli Via Online

Mengingat ukuran meja makan minimalis yang kecil, tentunya membuatnya ramah ongkos kirim. Butuh biaya ongkir yang lebih murah dibandingkan meja makan tradisional yang jauh lebih berat. Tak heran, di marketplace Blibli banyak seller yang berjualan meja makan minimalis dengan harga yang bervariasi, tergantung bahan pembuat serta ukuran. Peminatnya pun lumayan banyak.

Tentu saja, selain ongkos kirim yang lebih murah, peminat meja makan minimalis di Blibli melonjak karena adanya Bliproteksi, sebuah layanan perlindungan tambahan bagi pembeli di Blibli agar barang sampai dalam keadaan baik.

Sebenarnya, antara meja makan tradisional dan minimalis punya kelebihan serta kekurangan masing-masing. Nah, tinggal bagaimana Anda menyesuaikan dengan kebutuhan rumah.

Namun, khusus bagi Anda yang memiliki budget terbatas serta ingin ruangan terlihat luas, pilihlah saja meja makan minimalis. Saat ini, membeli meja makan impian tidak harus datang langsung ke toko perabot rumah tangga. Buka aplikasi Blibli, dapatkan berbagai jenis meja makan impian dengan harga terjangkau. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA