by

Aipda Yahya Kamil Al Firdaus Bantu Nakes dalam Pelaksanaan Vaksinasi di Bidan Nining

KOPI, Karawang – Dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19, Pemkab Karawang melaksanakan program vaksinasi keluarga yang berusia minimal 12 tahun. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Praktek Bidan Mandiri (PBM) Bidan Nining yang beralamat di lingkungan Pundong, RT. 001 RW. 001, Kelurahan Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jumat (13/8/21).

Kepada awak media, Kasium Polsek Rawamerta, Polres Karawang, Aipda Yahya Kamil Al Firdaus, S.H., selaku tuan rumah menyampaikan program ini merupakan pilot project percontohan yang baru ada di Karawang. “Saya berharap program vaksinasi sukses serta bisa menjadi percontohan untuk kota dan kabupaten di wilayah Indonesia,” ujar Kamil.

Lanjutnya, untuk kelurahan Palumbonsari hanya 3 PBM yang ditunjuk melaksanakan program vaksinasi, salah satunya dirumah PBM Bidan Nining. Program vaksinasi keluarga ini akan dilaksanakan selama 5 hari dari 9 Agustus sampai 13 Agustus 2021 mulai jam 08.00 wib sampai selesai.

Sasaran kuota per hari 15 vial atau sekita 150 vaksin yang diberikan kepada warga. Namun antusias warga yang ingin divaksin sangat tinggi.

“Warga yang ingin divaksin bisa mencapai 244 orang pengunjung, itu artinya melebihi kuota yang ada. Melihat hal tersebut, Dinkes Kabupaten Karawang memberi tambahan dosis (vial) vaksin untuk PBM Bidang Nining,” jelas Kamil.

Menurutnya, animo masyarakat yang ingin divaksin sangat luar biasa, yang seharusnya dosis vaksin diutamakan untuk warga dan keluarga di Kelurahan Palumbonsari, namun pelaksanaannya banyak masyarakat dari Kelurahan Plawad, Desa Margasari, Keluarahan Adiarsa Timur, dan Desa Tegalsawah, Kecamatan Karawang Timur yang mengikuti vaksinasi di sini.

Aipda Kamil menambahkan, beberapa upaya yang dilakukan agar tercapai target vaksinasi antara lain dengan cara door to door ke rumah warga yang berhalangan hadir terutama para lansia yang beresiko tinggi terpapar Covid-19. “Saya menjemput lansia untuk divaksinasi karena menjadi prioritas utama dalam kegiatan vaksinasi ini,” ungkapnya.

Selain itu, sebagai tuan rumah, Aipda Kamil juga membantu tenaga kesehatan dalam menginput data Primary-Care calon penerima vaksin. Lalu memastikan agar para penerima vaksin tidak berkerumun, mengatur ketertiban, keamanan dan kenyamanan masyarakat yang akan diberikan vaksin.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 5 nakes yang disiapkan oleh Bidan Nining. “Saya berharap dengan adanya vaksinasi keluarga ini, maka akan mengurangi resiko terpapar Covid-19 dan mendukung program Pemerintah Pusat serta bersinergi dalam percepatan pemulihan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19 saat ini,” pungkasnya. (DJ-KOPI)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA