by

Vas Bunga Si Pemanis Ruangan

KOPI, Jakarta – Vas bunga seringkali menjadi pilihan pertama sebagai aksesoris saat akan mendekorasi ruangan. Vas ini biasanya digunakan untuk meletakkan bunga segar ataupun palsu. Umumnya orang meletakkannya pada ruang tamu untuk menambah sentuhan manis. Sentuhan tanaman pada ruangan juga akan membuat ruangan tampak lebih segar dan indah.

Selain ruang tamu, banyak sekali orang yang meletakkannya pada meja kerja atau kamar. Mungkin, kamu sering melihat teman kerja atau kamar dari teman kamu yang menggunakannya sebagai dekorasi. Biasanya, pada kamar atau meja kerja vas bunga yang dipilih merupakan vas yang berukuran kecil.

Vas bunga memang seringkali menjadi pilihan dekorasi pada kamar atau meja. Hal ini dikarenakan bentuknya yang kecil dan memang memberi sentuhan manis dan segar secara bersamaan. Tampilan meja kerja dan kamar akan menjadi lebih indah dan tentunya dapat meningkatkan mood kamu.

Tetapi, ada satu hal menarik dari vas sebagai dekorasi, nih, Teman Uwitan. Ternyata kamu bisa melihat kepribadian seseorang dari vas bunga pada meja kerjanya! Hal ini disampaikan oleh seorang psikolog bernama Elizabeth Lombardo, PhD dalam Reader’s Digest.

Ia menyampaikan bahwa seorang yang memiliki vas bunga pada mejanya merupakan seorang yang menyukai dan menghargai keindahan. Hal ini menunjukkan bahwa mereka ingin menciptakan suasana rileks saat bekerja. Selain itu, hal ini merupakan tanda bahagia dan percaya diri.

Nah, menarik sekali, bukan, Teman Uwitan? Vas bunga sendiri memiliki berbagai bentuk yang menarik. Ada yang berbentuk seperti bola bahkan terompet, lho, Teman Uwitan. Kamu bisa memilih berbagai bentuk vas yang kamu inginkan. Tetapi, kamu juga harus memperhatikan, nih, efek dari berbagai bentuk vas untuk menjaga keestetikan ruangan.

Berikut beberapa bentuk vas bunga dengan efek yang diberikan sebagai dekorasi ruangan dan meja kerja kamu!

Vas Bunga Silinder

Mungkin kamu sering menemui vas yang berbentuk silinder di toko yang menjualnya. Bentuk silinder cocok untuk bunga yang memiliki tangkai yang unik dan berbentuk minimalis. Ukurannya yang sama pada bagian atas dan bawah membuat kamu bisa meletakkan bunga jenis apapun.

Terkadang, beberapa orang menggunakan gelas kaca berbentuk silinder sebagai vas. Kamu juga bisa, nih, menggunakan gelas kaca sebagai vas. Tampilan baru pada ruangan atau meja terkadang memang tidak membutuhkan barang baru, bukan?

Vas Bunga Bola

Jika kamu menginginkan vas yang kecil dan berbentuk minimalis untuk diletakkan di meja kerja, bentuk bola bisa jadi pilihan. Bentuknya yang unik seperti bola dapat memberikan kesan yang berbeda pada meja kerja kamu, nih.

Tetapi, hati-hati dalam memilih bunga yang akan kamu letakkan dalam vas ini. Jangan meletakkan bunga bertangkai panjang atau jauh lebih tinggi dari ukuran vas kamu, ya. Sebaliknya pilihlah tanaman yang kecil dengan tangkai yang pendek. Bunga jenis ini akan lebih cocok dengan vas bunga bola kamu.

Hal ini dikarenakan ketika kamu meletakkan tanaman yang tinggi pada vas yang kecil, maka gravitasi akan berpindah ke atas. Tentunya hal ini bisa saja membuat vas tidak seimbang dan kehilangan nilai estetiknya.

Bentuk Botol

Bentuk botol identik dengan diameter yang menyempit pada bagian atasnya. Jika kamu menyukai bunga dengan tangkat yang tinggi dan ramping maka bentuk botol sangat cocok digunakan. Selain itu, bentuk botol ini akan memberikan tampilan yang minimalis dan romantis dalam satu waktu.

Vas berbentuk botol memiliki diameter yang menyempit di bagian atasnya. Sehingga akan lebih cocok jika dipadukan dengan bunga yang bertangkai tinggi. Bunga-bunga kering yang tidak memiliki daun bisa menjadi pilihan bunga untuk dekorasi meja atau kamar kamu, nih.

Vas Berbentuk Ember

Bentuk ember memiliki karakteristik yang melebar pada bagian atasnya. Bentuk seperti ini sangat cocok untuk kamu letakkan banyak bunga di dalamnya. Hal ini akan membuat vas terlihat penuh dan bunga terlihat bebas.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan beberapa tangkai bunga yang kamu susun menyebar. Ini akan membuat ruangan kamu terlihat lebih romantis dan tentunya indah. Jika kamu menyukai gaya interior shabby-chic, maka bentuk ini sangat cocok untuk kamu aplikasikan pada ruangan.

Bentuk ini sudah sangat familiar dan bahkan banyak toko bunga yang menggunakan buket bunga dengan bentuk ember. Jika kamu menginginkan bentuk ember, kamu bisa menggunakan ember dari bahan besi sebagai vas. Cukup dengan membersihkan dan mengecat ulang maka kamu sudah mendapatkan vas baru, nih!

Vas Bunga Terompet

Selain bentuk ember, bagi kamu pecinta gaya interior shabby-chic juga bisa memilih bentuk terompet. Terompet memiliki bentuk diameter yang sempit pada bagian bawah lalu melebar hanya pada bagian mulut saja. Bentuk seperti ini bisa kamu aplikasikan pada ruangan atau kamar kamu untuk menciptakan suasana yang romantis.

Bunga yang bertangkai tinggi akan sangat cocok jika kamu padukan dengan bentuk terompet. Kamu bisa memilih bunga yang bertangkai tinggi dengan bunga yang mungil atau sedang. Bunga seperti ini akan lebih cocok dan ruangan akan terlihat lebih romantis.

Mulut Oval

Bentuk oval ini memiliki karakteristik dengan mulut yang berbentuk oval. Sama halnya dengan vas bunga bola, bentuk oval akan lebih cocok jika kamu padukan dengan bunga bertangkai kecil. Bunga-bunga kecil seperti bunga anemone akan tampak cantik dipadukan dengan vas ini.

Bentuk mulutnya yang oval juga akan memberikan kesan mengambang pada bunga. Tentunya vas ini akan memberikan kesan minimalis pada ruangan dan meja kerja kamu. Selain bunga hidup seperti anemone, kamu juga bisa memadukannya dengan bunga kering. Bagi kamu yang menyukai gaya interior skandinavian bisa memilih bentuk ini sebagai dekorasi ruangan atau kamar kamu.

Nah, itu dia beberapa bentuk vas bunga yang bisa kamu pilih sebagai dekorasi ruangan atau meja kerja kamu! Jangan lupa menyesuaikan bentuk dan ukuran bunga kamu, ya. Memadukan bunga dan vas yang sesuai akan membuat nilai estetika pada ruangan kamu bertambah. Semoga menginspirasi!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA