by

Jenis dan Harga Tanah Urug di Jogja

KOPI, Jakarta – Tanah urug adalah material yang sangat diperlukan dalam pembangunan. Bukan hanya untuk membangun rumah maupun gedung, tapi untuk membangun fasilitas public atau fasilitas umum. Harga tanah urug pun tidaklah semahal harga pasir atau material lain.

Tanah urug ini memiliki jenis yang sangat banyak dan dengan harga yang berbeda-beda. Bagi anda yang memerlukan tanah urug, pastikan anda membeli urugan sesuai dengan kebutuhan Anda. Harga tanah urug di Jogja masih terhitung sangat murah. Namun biasanya, minimal pembelian urug itu bukan per m3 tapi per 1 bak truk, atau 1 rit urugan, orang Jogja menyebutnya.

Jenis-jenis urugan yang bisa Anda pilih beserta dengan harga tanah urug. Setiap jenis tanah urug memiliki karakteristik tersendiri dan memiliki spesialisasi masing-masing. Menurut pengakuan para penyedia Tanah Urug Jogja, jenis dan harga tanah urug di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Urug puing bangunan 

Urug ini berasal dari bangunan yang dirobohkan. Biasanya terdiri dari material berupa semen padatan, pecahan batu bata, pecahan keramik, dan bahan bangunan lain. Karakteristik urug ini memiliki bentuk yang tidak beraturan, biasanya padat. Sangat cocok untuk mengurug lahan yang becek berlumpur atau yang mudah ambles.

Lahan yang cocok untuk diurug dengan urug jenis ini adalah: bekas sawah, bekas kolam, pondasi bangunan, bekas rawa dan lain-lain. Harga tanah urug di Jogja untuk jenis ini adalah yang paling murah dibanding yang lain.

2. Urug tanah merah

Urug ini diambil dari gunung yang berada di daerah Godean. Gunung tersebut akan dibangun perumahan. Supaya perumahannya rata, maka gunung harus dikeruk sehingga datar. Urug ini terdiri dari 2 jenis tanah, yaitu tanah merah dan padas muda. Padas muda ini mudah pecah dan karakternya lengket mirip dengan tanah merah.

Urug jenis ini teksturnya lembut dan lengket ketika kena air. Urug ini cocok digunakan untuk mengurug lahan yang akan dibangun bangunan. Namun setelah diurug harus dipadatkan dulu supaya tidak ambles tanahnya. Selain itu urug jenis ini cocok untuk mengurug lahan yang akan digunakan untuk bercocok tanam, karena urug jenis ini subur.

Harga tanah urug di Jogja untuk jenis ini murah sekali dan Anda bisa dengan mudah mendapatkannya.

3. Urug tanah padas/putih

Urug jenis ini bersifat keras. Jika dalam bentuk besar rata-rata digunakan sebagai material untuk membangun pondasi. Karakter urug jenis ini hampir mirip dengan puing bangunan. Namun urug ini ketika hancur sifatnya lengket mirip dengan urug tanah merah.

4. Urug tanah humus/coklat

Urug tanah humus sangat cocok untuk digunakan sebagai dasar untuk bercocok tanam atau bertani. Urug jenis ini sifatnya lengket ketika terkena air. Cocok ditempatkan pada taman dan halaman rumah yang ingin ditanami dengan berbagai jenis rerumputan dan tanaman.

Untuk harga, tanah urug per m3 jenis ini termasuk yang mahal, karena untuk ketersediaan urugan tidaklah banyak.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA