by

5 Tips Merawat CCTV Agar Tidak Mudah Rusak

KOPI, Jakarta – Saat memutuskan membeli kamera pengawas CCTV, Anda juga harus berkomitmen untuk merawatnya. Sebab jika tidak dirawat, kamera CCTV Anda pasti dapat segera rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

Baik kamera CCTV yang dipasang di kantor, rumah, tempat perbelanjaan, tempat parkir, dan sebagainya harus dirawat secara teratur. Pasalnya, CCTV merupakan perangkat elektronik yang jika rusak, ada kemungkinan tidak bisa digunakan secara normal seperti sedia kala.

Melansir dari ubai.web.id, ada beberapa tips merawat CCTV yang perlu Anda perhatikan. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Jaga Kebersihannya

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan CCTV, mulai dari lensa, kamera, housing, drive unit, DVR, monitor, dan semua yang terhubung dengan alat keamanan ini jangan sampai dibiarkan kotor atau berdebu. Sebab jika kotor, kinerja sistem CCTV bisa terhambat contohnya gambar menjadi buram.

2. Perhatikan Pengaturan Rekamannya

Kedua, perhatikan pengaturan mode rekaman kamera CCTV. Rekaman harus diatur secara optimal dari masa jangka waktu penyimpanan hasil rekaman, kualitas hasil rekaman, hingga pengaturan lainnya.

Baca: 5 Tips Jualan di Instagram Biar Laris

3. Perhatikan Seluruh Komponennya

Komponen kamera CCTV harus dicek secara berkala, seperti kabel dan koneksi harus diperhatikan jangan sampai ada yang putus. Posisi CCTV juga harus diperhatikan jangan sampai target kamera tidak tepat sasaran. Periksa penyanggah kamera CCTV dan hal-hal lain yang mendukung kamera CCTV apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

4. Perhatikan Keakuratannya

Hal keempat yang tak kalah penting ialah memperhatikan keakuratan kamera CCTV. Mulai dari keakuratan jam dan waktu, pengendalian telemetri, keakuratan indikator, dan cek kondisi DVR apakah masih berfungsi dengan normal atau tidak.

5. Backup Semua Rekaman

Bila Anda menemukan kapasitas kamera CCTV sudah penuh, maka cadangkan atau backup hasil rekaman CCTV tersebut. Sortir yang menurut Anda masih perlu dan hapus yang sudah tidak penting. Bila semuanya dirasa penting, pindahkan saja seluruh datanya ke memori terpisah.

Sekian pembahasan mengenai tips merawat CCTV. Semoga bermanfaat bagi yang punya kamera CCTV ya!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA