by

Cara Tethering Hotspot Android ke Komputer dengan Kabel USB

KOPI, Jakarta – Bagi yang sering menggunakan smartphone pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata tethering atau hotspot mengingat fitur tersebut seringkali digunakan ketika ingin membagikan koneksi internet ke device lain.

Metode membagikan koneksi internet menggunakan fitur tethering atau hotspot ini ada 3 yaitu lewat bluetooth, hotspot (WiFi), dan kabel USB. Meski sebenarnya ada 3 metode yang bisa digunakan untuk melakukan tethering internet, tetapi kebanyakan orang hanya mengetahui metode hotspot (WiFi) saja karena metode tersebutlah yang paling populer dan mungkin juga karena jarangnya membaca informasi seputar teknologi yang ada di smartphonenya.

Karena hanya mengetahui salah satu metode saja, seringkali orang-orang kebingungan ketika mencoba melakukan tethering internet dari Android ke komputernya sebab komputernya tidak memiliki receiver sinyal WiFi yang sudah built in di dalamnya dan berakhir dengan tidak jadi melakukan tethering atau membeli USB WiFi untuk bisa melakukan tethering dengan metode hotspot (WiFi).

Padahal tanpa membeli USB WiFi pun kita tetap bisa melakukan tethering internet dari Android kita ke komputer, ingat metode tethering dengan USB yang saya singgung di atas tadi? Yap, kita bisa menggunakan metode tethering USB untuk melakukan tethering internet dari Android ke Komputer yang tidak memiliki receiver sinyal WiFi.

Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Tethering Hotspot Android ke Komputer dengan Kabel USB

  1. Nyalakan smartphone Android Anda
  2. Masuk ke menu pengaturan
  3. Pilih pengaturan Hotspot & Tethering
  4. Cari opsi fitur USB Tethering dan nyalakan fitur tersebut
  5. Sambungkan komputer dan smartphone Android Anda dengan kabel USB
  6. Jika sudah maka selanjutnya tinggal tunggu USB Tethering terhubung
  7. Untuk mengecek apakah sudah terhubung atau belum, silahkan coba gunakan komputer Anda untuk mengakses internet

Note : langkah-langkah di atas bisa sedikit berbeda dikarenakan adanya perbedaan menu pengaturan antara satu merek/seri dengan merek/seri lain, meski begitu perbedaannya hanya sedikit sehingga tidak akan menimbulkan masalah.

Itulah dia langkah-langkah melakukan tethering internet dari smartphone Android ke komputer dengan kabel USB, bagaimana mudah bukan?

Dengan cara di atas kini Anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin melakukan tethering dari smartphone Anda ke komputer yang tidak memiliki receiver sinyal WiFi.

Selain komputer tidak butuh receiver sinyal WiFi untuk melakukan tethering internet, metode di atas juga mempunyai kelebihan lain berupa sinyal lebih stabil dan kuat karena minim hambatan dan gangguan, lalu dengan menggunakan metode di atas Anda juga bisa melakukan tethering internet sekalian mencharge baterai smartphone Android Anda.

Penutup

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai bagaimana cara melakukan tethering hotspot ke komputer dengan kabel USB, semoga bisa bermanfaat khususnya bagi Anda yang komputernya tidak punya receiver sinyal WiFi.

Sekian dan sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA