by

5 Langkah Menghemat Kouta Internet Smartphone Anda

KOPI, Nganjuk – Semakin sering komunikasi yang dilakukan menggunakan WhatsApp, LINE, ataupun BBM, maka semakin besar pula kebutuhan kuota internet yang anda butuhkan. Tetapi, jangan sampai anda menjadi boros karena harus memenuhi kebutuhan tersebut. Pilihan paket yang tersedia, kuota dan unlimited, sama-sama memiliki batas wajar pemakaian.

Salah satu solusi menghemat paket data anda adalah dengan terhubung dengan koneksi WiFi dimanapun anda berada yang menyediakan fasilitas Wifi. Tetapi bukan berarti anda menjadi tidak menghemat paket data agar kegiatan dan isi dompet anda tidak terganggu.

5 Langkah Menghemat Kuota Internet Smartphone Anda

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk menghemat paket data yang penulis lansir dari blogdimas.id.

1. Bijak dalam Menggunakan Data

Kenali kebiasaan anda selama menggunakan paket data, apakah anda lebih sering menggunakannya untuk browsing, media sosial, bermain game, mengunduh aplikasi atau streaming video online. Karena kebiasaan anda berpengaruh terhadap konsumsi kuota internet yang anda miliki.

Untuk melihat konsumsi penggunaan data anda cukup membuka menu pengaturan, cara ini berlaku untuk pengguna Android, iOS, ataupun Windows Phone. Semua penggunaan data anda tercatat di dalam data counter, penggunaan yang paling banyak mengkonsumsi data.

Setelah anda mengetahui kegiatan-kegiatan mana saja yang membutuhkan konsumsi data paling besar, anda akan menjadi semakin bijak dalam menggunakan data. Semisal, membuka media sosial seperti Path atau bermain game Facebook hanya saat anda terkoneksi dengan WiFi, atau pada jam-jam tertentu saat bonus kuota internet sedang berlaku.

2. Matikan Opsi Update Otomatis

Semua aplikasi yang anda unduh pasti menyediakan opsi update otomatis. Update otomatis mempermudah anda untuk melakukan update untuk mendapatkan fitur terbaru dari sebuah aplikasi tanda membuat anda repot.

Menjadi merepotkan adalah jika dalam saat yang bersamaan ada lebih dari satu aplikasi yang harus anda update. Hal ini tentu akan menghabiskan banyak data. Jika satu aplikasi berukuran 30 MB, maka jika ada lima aplikasi yang berukuran sama akan membutuhkan kuota internet sebesar 150 MB.

Maka, yang harus anda lakukan adalah dengan menonaktifkan opsi update otomatis. Anda dapat memilih opsi update manual atau opsi update ketika terhubung dengan WiFi saja.

3. Mengurangi Download Aplikasi

Jika sedang tidak terkoneksi dengan WiFi, sebaiknya menahan diri untuk tidak mendownload aplikasi. Tiap aplikasi mempunyai ukuran yang berbeda, tetapi tidak untuk aplikasi game. Hampir semua aplikasi game mempunyai ukuran diatas 150 MB, khususnya game yang mempunyai grafis tiga dimensi.

Aplikasi media sosial juga menguras banyak data. Facebook, Instagram, dan Path memang berukuran kecil, namun melalui data counter akan terlihat berapa banyak aplikasi tersebut menghabiskan kuota internet saat sedang digunakan.

4. Pintar Ketika Menonton Video Online

Membunuh waktu dengan menonton video streaming memang mengasyikan, tetapi jangan kaget jika tiba-tiba koneksi anda terputus karena kehabisan kuota internet. Streaming video online, di Youtube contohnya, membutuhkan kuota yang tidak sedikit.

Ada beberapa trik agar anda tetap dapat menonton video melalui Youtube tanpa menghabiskan banyak kuota, diantaranya adalah dengan mengubah resolusi video menjadi lebih kecil. Atau anda dapat mengunduh video yang ingin anda tonton, karena Youtube kini menyediakan fitur menonton secara offline.

5. Mengkompres Data di dalam Browser

Bagi anda yang suka melakukan browsing, perlu mengetahui bahwa ada beberapa browser atau peramban mempunyai fitur kompresi data. Lalu, apa hubungannya dengan kuota internet anda? Browser seperti Chrome dan Opera adalah dua diantara peramban yang memiliki fitur tersebut. Dengan menggunakan server mereka sendiri, dua peramban yang populer ini mengkompres data dari situs yang anda kunjungi lalu mengirimkan data yang sudah diperkecil sehingga penggunaan kuota internet anda tidak boros.

Itulah tadi 5 langkah menghemat kuota internet smartphone anda dengan mudah. Pastikan kuota anda tetap penuh karena dengan begitu anda bisa bebas berselancar di dunia maya.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA