by

6 Tips Ampuh Agar Laptop atau PC Tidak Lemot

KOPI, Jakarta – Saat pertama kali akan membeli laptop atau merakit PC idaman untuk kebutuhan bekerja, gaming ataupun kebutuhan lain, kinerja laptop atau PC tentu menjadi yang sangat diperhatikan. Tapi pernahkah anda mengalami masalah dimana tiba-tiba komputer menjadi lemot dan tidak optimal?

Masalah seperti itu tentu sangat menjengkelkan apalagi jika kita menggunakan laptop atau PC tersebut untuk bermain game misalnya, jika mengalami lag atau lemot tentu akan sangat mengganggu kita saat menggunakannya.

Maka dari itu, untuk membuat laptop dan PC menjadi semakin bagus performanya, yuk simak beberapa tips ampuh supaya laptop tidak lag, seperti yang dilansir dari situs Rifqi Mulyawan.

Gunakan Harddisk SSD

SSD merupakan singkat dari Solid state drive, cara yang pertama ini sangat ampuh untuk membuat kinerja laptop meningkat berkali-kali lipat daripada saat memakai harddisk HDD (sampai saat ini, kebanyakan laptop masih dibekali harddisk HDD) jadi, kalau mau ganti ke SSD ya beli harddisk SSD sendiri, terus pasang deh, untuk pemasangan bisa melalui service center tempat anda beli laptop.

Tidak perlu SSD yang harganya mahal, SSD yang harganya kisaran 200-300 Ribu saja sudah sangat bagus, tetapi kalau benar-benar ingin optimal silakan beli SSD yang bagus, misalnya SSD Samsung 860 Evo (silakan googling untuk update harga terbarunya)

Setelah pakai SSD, jangankan kinerja saat kita membuka aplikasi, untuk booting pun akan sangat cepat jadi anti lemot-lemot club.

Upgrade Kapasitas RAM

Sama seperti HP, RAM merupakan salah satu bagian yang tidak boleh terlewatkan untuk mendapatkan hasil kinerja laptop atau PC yang optimal, RAM menjadi penentu agar kita bisa menjalankan software dengan ukuran besar dan banyak. Untuk laptop jaman sekarang, paling tidak RAM 8 GB sudah cukup, kalau RAM 4 GB tentu rasanya sangat kurang apalagi kebanyakan aplikasi sekarang ukurannya besar.

Gunakan Maksimal 1 Software Antivirus

Takut komputer terkena virus tentu menjadi hal umum yang dialami banyak orang khususnya pengguna Windows, sampai akhirnya banyak yang menginstall software antivirus lebih dari 1 saking takutnya. Padahal, tindakan tersebut sangatlah merugikan karena dapat membuat laptop menjadi lemot, oleh karena itu pastikan hanya ada maksimal 1 antivirus saja yang anda gunakan.

Sekadar share pengalaman pribadi, admin sendiri sudah bertahun-tahun tidak pernah pakai antivirus dan aman-aman saja sampai sekarang, asal laptop jarang dimasukan flashdisk sana-sini, sepertinya bakal tetap aman dan pastikan saat internetan juga mengakses situs-situs yang benar, jangan akses situs-situs spam yang berpotensi menyalurkan virus melalui internet, selain itu hindari juga install software yang entah darimana asalnya.

Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Tips berikutnya yaitu menghapus aplikasi yang tidak dipakai agar membuat laptop tidak lemot, saya pribadi tipe pengguna yang selalu uninstall software yang tak terpakai, jangankan softwarenya, file installernya saja selalu saya hapus setiap kali selesai nginstall.

Ingat, yang tidak terpakai saja yang dihapus, kalau sekadar jarang (artinya kadang masih dipakai) ya jangan di uninstall.

Menggunakan Cooling Pad

Jika anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama dan penggunaanya berat seperti bermain game, menjalankan software dengan ukuran besar yang pada akhirnya membuat laptop menjadi mudah panas, usahakan pakai cooling pad. Cooling pad atau kipas tambahan berfungsi agar mendinginkan suhu laptop sehingga secara tidak langsung juga bisa mengoptimalkan kinerja laptop karena tidak mengalami overheat.

Gunakan Software Pembersih Laptop

Layaknya rumah, laptop juga punya beberapa alat pembersih yang fungsinya juga dapat meningkatkan kinerja laptop, salah satu software terbaiknya yakni CCLEANER.

Aplikasi CCLeaner ini dapat membersihkan sampah-sampah pada laptop karena file sampah pada laptop yang menumpuk memang dapat menyebabkan laptop atau komputer menjadi lag, dapat juga membersihkan history browser dan dapat digunakan untuk uninstall aplikasi sampai bersih.

Demikian beberapa tips dari Pewarta-Indonesia.com agar komputer atau laptop windows tidak lag, dengan adanya tips diatas semoga bisa membantu anda yang sedang resah karena laptopnya lemot, dari semua cara diatas kalau menurut saya pribadi yang paling ampuh itu ya dengan mengganti harddisk jadi SSD. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA