by

Pancasila Quotient sebagai Nilai-nilai Pelaku Usaha Mikro Cerdas

KOPI, Jakarta – Ir. Feriko Sitepu M, PWK, Ketua Yayasan UMKM Indonesia, menyatakan bahwa ada hal menarik dan relevan yang patut kita angkat berdasarkan observasi penulis saat terjun langsung menjadi pelaku usaha mikro selama beberapa tahun secara total, bahwa nilai-nilai Pancasila masih terlihat melalui sikap dan tingkah laku pelaku Usaha Mikro. Nilai-nilai ini juga terlihat dalam komunitas ini, walaupun masih belum berkembang sebagaimana diharapkan. 

Kita patut menduga bahwa ketahanan dan kelenturan yang dimiliki pelaku sektor ini yang mampu bertahan dan bangkit dalam situasi dan kondisi belum mendukungnya berasal dari nilai-nilai tersebut. Oleh karena itu, nilai-nilai Pancasila yang berakar pada kearifan lokal dan keyakinan pelaku UMKM patut dikembangkan sebagai kecerdasan pelaku dalam mendorong kemajuan UMKM ke depan.

“Kami, Yayasan UMKM Indonesia mengharapkan masukan, dukungan dan bantuan nyata semua pihak dalam rangka melakukan penelitian terkait potensi ini agar dapat dikembangkan menjadi nilai-nilai pendorong pelaku UMKM Indonesia cerdas Pancasila,” ujar Feriko Sitepu.

Feriko Sitepu sangat yakin semangat gotong-royong akan mampu menyentuh hati anak bangsa yang memiliki keterpanggilan mewujudkan amanah mulia Pendiri Bangsa ini, dan bersedia menjadikan UMKM sebagai lokomotif dalam memajukan kesejahteraan umum, memperkuat struktur perekonomian nasional  dan mewujudkan pelaku UMKM (insan) cerdas Pancasila.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA