by

Istana Batik Keris Solo akan Diresmikan pada Hari Batik Nasional

KOPI, Jakarta – Musium Batik Keris Solo rencananya akan diresmikan pada Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober 2020, dan hadir menyapa warga Kota Solo, diharapkan menjadi ikon baru destinasi wisata edukasi bersejarah di masa kini. Menghadirkan pula kolaborasi cita rasa kuliner yang disajikan oleh “Keris Cafe” dengan gaya interior masa kini. Bangunan bergaya Art Deco dan Art Nuvo ala Netherlands terlihat di setiap lini bangunannya. 


Peresmiannya sekaligus menandai 100 th (satu abad Batik Keris Indonesia), dan akan dibuka untuk umum pada 04 Oktober 2020. Rumah kuno yang dulu disebut Omah Lowo ini memiliki konsep One Stop Shopping Heritage, hidup dan menghidupi setiap seniman dan seniwati di Solo Raya. Sebulan sekali gedung utama akan hidup dengan olah rasa dan olah seni atraktif dari para seniman Solo dan ruang pamer motif batik.

Mengapa dinamai “Istana Batik Keris”? Pemberian nama diusulkan oleh GPH Paundrakarna JS dari Puro Mangkunegaran, selaku konsultan desain interior IBK. Menurut Mas Paundra rumah ini layak dinamai karena dari benang merahnya secara histori dan akar budaya layak diberi nama Istana Batik Keris. Sebagai peringatan 100 th berdirinya Batik Keris.

IBK diharapkan menjadi Kepala Naga dan barometer industri perbatikan nasional dari budaya masa lalu dan masa kini yang terkolaborasi dengan baik.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA