by

Jenis Ikan Hias Air Tawar untuk Aquarium

KOPI, Jakarta – Keberadaan ikan hias di dalam rumah memang banyak disukai orang karena bisa membuat rumah menjadi lebih adem dan bisa menyegarkan mata. Apalagi di masa WFH atau Work From Home seperti sekarang ini, pasti seringkali kita merasa bosan kan? Nah dengan adanya ikan hias tentunya akan mengobati sedikit kebosanan kita, bisa untuk cuci mata dan kegiatan juga karena merawat ikan memang seru.

Untuk anda yang dari dulu sudah memelihara ikan hias tentu mudah sekali bukan mengetahui apa saja ikan hias yang bagus? Nah untuk kamu yang sama sekali belum pernah berurusan dengan yang namanya ikan hias, yuk simak ulasan berikut ini.

Ada beberapa rekomendasi jenis jenis ikan hias air tawar yang bisa kamu pelihara di rumah memakai aquarium tentunya.

Ohya, untuk informasi seputar jenis pakan, harga dan perawatan bisa kunjungi situs Emberikan.com ya.

Ikan Discus

ikan discus
gambar: wallpapercave

Berasal dari Amazon, Amerika Selatan, ikan discus ini cocok untuk dijadikan hiasan aquarium dirumah kamu. Ikan yang berasal dari Amerika memang banyak diminati karena keindahannya, seperti pada ikan discus ini yang memiliki bentuk unik dan dibalut dengan warna yang indah.

Namun perlu diperhatikan, bahwa perawatan ikan discus ini bisa dibilang sangat sulit dibanding jenis ikan hias lain, untuk pemula harus benar-benar belajar pada ahlinya, dan kalau belum mau coba bisa cari ikan hias yang lain saja, masih banyak yang bagus kok hehe.

Ikan Botia

ikan botia
gambar: CJ Aquatic

Ikan botia juga tidak kalah keren di Indonesia bahkan dunia. Ikan Botia sendiri memiliki beberapa jenis seperti botia macan, botia badut, botia morleti dan lain sebagainya. Dengan warna kuning cerah dengan 3 garis hitam membuat ikan ini terlihat cantik. Apalagi ikan ini aktif di lama hari, jadi bisa membuat suasana rumah tampak lebih hidup deh.

Tidak seperti ikan discus, kalau ikan botia ini merupakan ikan yang berasal asli dari Indonesia dan sudah cukup mendunia lho.

Ikan Louhan

ikan louhan
gambar: pexels

Berikutnya, ada ikan Louhan, ikan hias ini harganya cukup mahal di kisaran ratusan ribu, tidak salah karena keindahan ikan louhan memang tidak bisa dipungkiri, ikan yang identik dengan warna merah dan kepala jenong ini menjadi salah satu ikan hias favorit.

Apalagi untuk perawatan juga mudah, Makanan Ikan Louhan terbilang sangat terjangkau baik itu pakan alami maupun pabrikan seperti pelet.

Ikan Mas Koki

ikan mas koki

Nah kalau ini sih sudah tidak perlu diragukan lagi ya, hehe. Ikan Koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang sering banget kita jumpai di berbagai aquarium, harganya yang tidak mahal tapi ikannya memang sangat cantik danindah. Ikan yang identik dengan warna putih dan orange ini juga ada banyak sekali jenisnya. Ada ikan mas koki oranda, mutiara, ranchu, lionhead dan lain sebagainya. Pokoknya bagus banget deh ikan yang satu ini.

Ikan Molly

ikan molly
gambar: catdogfish

Molly juga menjadi salah satu yang terbaik untuk daftar ikan hias air tawar, ikan yang unik dengan tubuh yang gendut dan bisa dibilang pemalu apabila ada ikan lain ini juga memiliki warna yang bagus yakni orange. Apabila kamu tertarik memeliharanya, pastikan pakan di aquarium tempat ikan molly hidup selali tersedia ya.

Demikianlah ulasan dari saya untuk jenis-jenis ikan hias terbaik untuk aquarium di rumah anda, semoga suka dan pastinya masih ada banyak lagi ikan hias selain diatas. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA