by

Tips Memancing Ikan Nila ini Terbukti Ampuh! Mau Coba?

KOPI, Jakarta – Ya, ikan nila yang menjadi salah satu dari sekian banyak ikan konsumsi ini menjadi ikan yang paling banyak peminatnya di Indonesia. Selain itu, ikan ini memiliki nilai jual yang tinggi karena kandungan gizi yang dimilikinya.

Hal itu adalah salah satu alasan kenapa ikan nila banyak diburu para pemancing. Memancing ikan nila memiliki sensasi tersendiri, karena biasanya sekali berhasil menangkapnya, selanjutnya akan begitu juga. Nah, untuk memancing nila ternyata memiliki cara khusus loh, simak ulasan berikut ini.

Cara Memancing Ikan Nila

Sebenarnya, memancing ikan nila tergolong mudah. Karena ikan ini dikenal sebagai ikan yang rakus. Meskipun dalam kondisi kenyang, ikan nila masih saja doyan makan. Selain itu, ikan ini termasuk jenis ikan nila omnivora (pemakan segala) sehingga segala makanan selalu dilahapnya.

Namun agar berhasil mendapatkan ikan ini, Anda membutuhkan tips memancing ikan nila sebagai berikut.

1. Perhatikan Umpan

Seperti yang sudah saya singgung diatas, ikan ini merupakan jenis ikan omnivora yang mampu memakan segala jenis umpan, ntah itu cacing, laron, pelet, talas, hingga lumut. Namun, dari sekian umpan tersebut, yang paling baik digunakan adalah lumut. Terlebih lumut yang dicampur dengan vanilla atau Essen, akan jauh lebih ampuh dibanding umpan lainnya.

Lumut sendiri dibagi menjadi dua yaitu lumut kasar dan lumut lembut, dan Anda bisa menggunakan salah satu dari kedua itu. Lumut kasar cenderung disukai ikan nila yang besar, namun lumut kasar agak susah dikaitkan pada kail pancing. Sedangkan lumut lembut cenderung disukai ikan nila yang kecil.

2. Perhatikan Mata Pancing

Selain umpan, ukuran dan rangkaian mata pancing perlu diperhatikan saat memancing ikan nila. Ukuran pancing bisa menentukan ukuran ikan yang kita pancing. Oleh karena itu, sebelum memancing sebaiknya mencari informasi tentang seberapa besar ukuran ikan di spot pancing tersebut. Misalnya saja, bertanya kepada pengelola kolam ikan, atau bertanya kepada orang yang sering memancing di spot tersebut.

3. Memilih Lokasi

Jika Anda memancing di kolam pemancingan ikan nila mungkin tidak ada tips khusus untuk itu. Namun, jika Anda memutuskan untuk memancing di Alam bebas seperti Danau, Sungai, Waduk, atau yang lainnya carilah sumber air yang tidak pernah surut selama bertahun tahun. Biasanya, tempat itu dijadikan habitat ikan nila.

4. Menggunakan Teknik Khusus

Jika Anda menggunakan umpan dari hewan seperti cacing, laron, tawon, atau yang lainnya tidak perlu menggunakan teknik. Namun, jika menggunakan umpan dari tumbuhan seperti kangkung dan lumut, saya sarankan sebelum itu untuk membuat rumpon buatan.

Caranya cukup mudah, ikatlah tumbuhan yang digunakan sebagai umpan sebanyak 4 hingga 6 tangkai menggunakan kenur. Kenur harus lebih panjang dari kedalaman air agar tali bisa mengambang. Cara ini banyak digunakan pemancing handal untuk memancing ikan nila.

Dengan keempat tips diatas, Anda bisa mendapatkan ikan nila lebih mudah. Semoga membantu masalah Anda saat memancing ikan nila.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA