by

Surat Terbuka: Jadikan Bekas Makodim Sebagai Pusat Wisata Sejarah Kota Lama Kebumen

Di sisi lain, kita juga telah turut serta “ngurip-urip” warisan sejarah dan pengorbanan rakyat Kebumen para pejuang yang ikut mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Banyak tempat di Panjer yang memiliki history dan menjadi saksi kegigihan pemuda Kebumen dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Dalam sejarah yang lebih lama, Panjer juga menjadi pusat dan cikal bakal berdirinya Kabupaten Kebumen. Pada masa Majapahit dan Mataram Islam, Panjer dikenal sebagai kadipaten yang turut serta menyumbang logistik dan pasukan perang dalam penyerangan ke Batavia.

Jadi, sayang sekali jika bangunan dan sejarah kejayaan Kebumen lama hilang begitu saja, karena bangunan-bangunan tuanya digusur dan dirobohkan untuk didirikan mall atau pusat perbelanjaan.

Demikian uneg-uneg dan pemikiran yang saya tuangkan dalam surat terbuka kepada pemangku kebijakan di Kebumen dan Jawa Tengah, dalam hal ini Bupati Kebumen dan Gubernur Jawa Tengah.

Kebumen, 18 Januari 2020

Arif Yuswandono, pegiat media dan pemerhati kebijakan publik

========================

Tembusan: Yth.
1. Presiden Republik Indonesia
2. Ketua DPR RI
3. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
4. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
5. Menteri Pertahanan RI
6. Kepala Staf Angkatan Darat
7. Panglima Kodam IV Diponegoro
8. Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah
9. Ketua DPRD Kebumen
10. Komandan Kodim 0709 Kebumen

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA