by

Surat Terbuka: Jadikan Bekas Makodim Sebagai Pusat Wisata Sejarah Kota Lama Kebumen

Kemudian daripada itu, saya melihat Kabupaten Kebumen belum memiliki kawasan kota tua yang menjadi pusat sejarah dan wisata edukasi, sebagaimana Kota Tua di Jakarta, Kota Lama di Semarang, dan kawasan kota tua lainnya di kota-kota besar Indonesia.

Di banyak catatan sejarah maupun cerita rakyat, Panjer adalah cikal bakal Kabupaten Kebumen, baik pada masa kerajaan maupun pada masa pendudukan Hindia Belanda. Hingga saat ini pun masih banyak bangunan-bangunan tua bernilai sejarah berdiri di Panjer.

Mulai dari bekas pabrik minyak kelapa Mexolie, bangunan stasiun kereta api, bangunan Rumah Sakit Umum Daerah, kompleks bangunan Makodim 0709, Hotel Pusaka, Gereja Kristen Jawa dan beberapa bangunan tua lainnya.

Kota-kota besar di Indonesia bahkan dunia banyak yang maju dan berkembang dengan tetap mempertahankan bangunan-bangunan tua yang bernilai sejarah. Bangunan-bangunan tersebut dilindungi dan dijaga sebagai cagar budaya. Dikembangkan sebagai obyek wisata sejarah dan pendidikan.

Nah, menurut saya Kabupaten Kebumen bisa merancang kawasan lahan dan bangunan Makodim 0709 dan sekitarnya sebagai Kawasan Kota Lama (KTL) Kebumen. Beberapa bangunan bersejarah dapat dimasukkan sebagai cagar budaya, dirawat dan dikelola sebagai destinasi wisata.

Dipadukan dengan konsep pariwisata modern, saya yakin kawasan lahan dan bangunan bekas Makodim 0709 di Panjer dapat menjadi pusat perekonomian yang menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Madu Baduy

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA