by

5 Fakta Unik Ular Kobra, Rajanya Ular Beracun

KOPI, Jakarta – Dengan cuaca dan juga iklim yang terus menerus berubah di Indonesia menyebabkan beberapa binatang memilih untuk mencari tempat baru untuk menaung, baik itu untuk menyelamatkan diri dari suhu yang cukup ekstream hingga untuk menjadikannya sebagai sarang.

Apalagi dengan yang namanya ular kobra, dimana ular ini merupakan jenis hewan yang memiliki bisa mematikan dan walaupun itu dialami dalam mimpi digigit ular sekalipun akan terasa sangat menyakitkan.

Nah baru-baru ini fenomena ular kobra di Indonesia menjadi viral setelah ada banyak sekali kasus dimana anak-anak ular kobra berada di dalam rumah, bahkan sampai ada yang bertelur.

Lalu, kobra sendiri ternyata memiliki berbagai fakta-fakta unik lho, apa sajakah itu? Yuk simak penjelasan mengenai fakta unik ular kobra di bawah ini.

1. Hewan Paling Beracun di Dunia

Dikutip dari astor.id, kobra sendiri adalah salah satu hewan yang memiliki kadar racun paling tinggi karena di dalamnya mengandung polipeptida yang bersifat neurotoksik yang dapat menyebabkan sistem tubuh terganggu dan juga dapat menyebabkan kematian.

2. Jenis Ular Paling Besar

Selain terkenal akan racunnya yang mematikan, kobra juga merupakan ular yang paling panjang di dunia lho, dimana kobra dapat memiliki panjang sampai 5,5 meter dan jika dibandingkan dengan tinggi manusia pun akan kalah. Selain paling panjang, bobot ular kobra dewasa pun bisa mencapai 20 kilogram.

3. Mengandalkan Indra Penciuman

Kobra sendiri mempertahankan kehidupannya dengan cara mengandalkan indra penciumannya yang sangat baik karena memiliki sensor pada lidahnya sehingga mangsa akan lebih mudah untuk dideteksi dan ditangkap. Akan tetapi, ada spot terlemah pada ular kobra yaitu di bagian penglihatannya yang kurang baik, sehingga kobra lebih mengendalkan indra penciumannya dibandingkan dengan penglihatannya.

4. Menelan Mangsanya Secara Utuh

Saat ingin memakan mangsanya, ular kobra akan langsung menelan mangsanya secara utuh. Ular kobra memiliki rahang yang sangat fleksibel dan lentur. Semua jenis ular merupakan mangsa favorit dari ular kobra. Tetapi ular kobra juga akan memangsa hewan lain jika ular kobra tidak menemukan ular lain.

5. Sering Dijadikan sebagai Atraksi

Ular kobra tidak hanya dapat ditemukan di alam bebas saja. Dalam kehidupan sehari-hari kita juga dapat menemukan ular kobra. Ular kobra sering dijadikan sebagai bagian dari atraksi pada suatu pertunjukan. Mulai dari atraksi ular kobra menari sampai mencium ular kobra. Tetapi atraksi ini hanya boleh dilakukan oleh seorang profesional saja.

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai fakta-fakta unik ular kobra. Nah bagaimana pendapat kamu mengenai ular kobra?

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA