by

Aminullah Usman: Terpilihnya Kembali Erick Thohir Sebagai Ketum MES Pusat Sangat Tepat

KOPI, Banda Aceh – Terpilihnya kembali Erick Thohir, sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 1446-1448 H pada Munas VI dinilai sudah sangat tepat. Hal ini akan menjadi kekuatan sekaligus penguatan dalam pengembangan ekonomi syari’ah di Indonesia hingga ke akar rumput nantinya.

“Selamat kepada Bapak Erick Thohir, yang diamanahkan kembali memimpin Pengurus Pusat MES untuk periode kedua. Kami yakin dibawah kepemimpinan Pak Erick, kontribusi ekonomi syariah dan keuangan syariah terhadap ekonomi nasional akan semakin maksimal nantinya,” ungkap Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh, H. Aminullah Usman, SE.Ak., MM. Senin (02/10/2023).

Aminullah menambahkan, sebagaimana disampaikan Wakil Presiden RI, K. H Maaruf Amin bahwa tingkat literasi ekonomi dan keuangan syariah di tanah air yang keadaannya saat ini belum ideal, baru mencapai 23,3%. Tentu ini berpengaruh terhadap capaian pangsa pasar keuangan syariah yang baru sekitar 10,9%.

“Kami yakin di periode kedua kepemimpinan Bapak Erick Thohir, sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat MES, insya Allah literasi ekonomi dan keuangan syariah Indonesia ke depan paling tidak mesti mampu mencapai 50%,” lanjut ketua MES Aceh dua periode itu.

Aminullah juga mengatakan bahwa Aceh siap menjadi pusat literasi pengembangan ekonomi ekonomi syari’ah di Indonesia. “Sebagai satu-satunya daerah di Indonesia yang sudah memiliki peraturan daerah (qanun) terkait lembaga keuangan syari’ah, tentunya Aceh sangat siap untuk menjadi pusat literasi pengembangan ekonomi syari’ah. Kita berharap di bawah kepemimpinan Pak Erick, di periode kedua ini kita dapat mewujudkan pusat literasi tersebut,” jelasnya.

Aminullah juga menyebutkan MES Aceh siap menjadi yang pertama untuk mewujudkan gagasan “Rumah Syariah” yang dicanangkan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat MES. “Dengan kondisi kebijakan hingga regulasi serta pangsa pasar keuangan syari’ah saat ini kami yakin Aceh akan sangat siap menjadi pilot project dan roll model. Untuk itu, kami berharap pak ketum memberikan kesempatan itu kepada kita di Provinsi Aceh,” ujar mantan Direktur Bank Aceh dua periode itu.

Aminullah juga mendukung komitmen Erick Thohir, untuk memperluas dan mempermudah aksesibilitas pengusaha daerah terhadap pendanaan dalam pengembangan usaha. “Insya Allah dengan penguatan ekonomi syariah nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan umat, meningkatkan kualitas dan kapasitas usaha halal, dan mendorong ekosistem halal yang berdaya saing di tingkat global,” pungkas Aminullah Usman.

Editor: NA

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA