by

Kabupaten Jembrana Jadi Pelopor Penyelenggara Kejuaraan Tarkam Tahun 2023 Kemenpora di Indonesia

KOPI, Jembrana – Kabupaten Jembrana menjadi salah satu Kabupaten yang terpilih dalam penyelenggaraan Kejuaraan Tarkam Tahun 2023 Kemenpora, digelar di Lapangan Bola Voli Peh, Kecamatan Negara, Jembrana Bali. Kejuaraan Tarkam tersebut dibuka langsung oleh Staf Ahli Kemenpora Bagian Hukum Dr. Drs. Samsudin, Sabtu (26/8/2023).

Sebanyak 32 kabupaten/kota seluruh Indonesia terpilih menjadi lokasi kejuaraan antar kampung yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia. Pembukaan Kejuaraan Tarkam Kemenpora Tahun 2023 tersebut diikuti peserta dari seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Jembrana.

Dalam sambutannya Staf Ahli Kemenpora Bagian Hukum Dr. Drs. Samsudin menyampaikan bahwa kegiatan antar kampung atau kejuaraan tarkam tersebut diawali dari permintaan Bapak Presiden Jokowi. “Pesan dari Bapak Jokowi agar dihidupkan kembali pertandingan keolahragaan di kampung-kampung, maka dimulai dari tahun 2023 inilah kegiatan tarkam dimulai, dan tentunya Kabupaten Jembrana menjadi salah satu kabupaten pionir/pelopor dalam kegiatan ini,” ungkap Staf Ahli Kemenpora Bagian Hukum Dr. Drs. Samsudin.

Lebih lanjut, Dr. Drs. Samsudin mengatakan bahwa melalui kejuaraan antar kampung yang dilaksanakan di setiap daerah-daerah di Indonesia nantinya diharapkan bisa menjaring atlit-atlit berbakat di setiap daerah untuk berkompetisi di tingkat yang kebih tinggi. “Adapun tujuannya kejuaraan antar kampung ini untuk memperdayakan masyarakat di daerah tersebut selain mencari bibit-bibit atlit di daerah,” ucap Dr. Drs. Samsudin.

Atas terselenggaranya kegiatan tersebut, Samsudin mengapresiasi kepada setiap daerah, khususnya di Kabupaten Jembrana yang telah mendukung penuh kegiatan, sehingga dapat berjalan lancar dan sukses. “Mari kita hidupkan tarkam di sini dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana, kepada Koni, tokoh-tokoh olahraga dan masyarakat yang sudah mendukung kegiatan tarkam ini,” ucapnya.

Di sisi lain, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pemerintah pusat dengan penyelenggaraan lomba tarkam antar kampung tersebut, ia berharap dengan kegiatan tersebut Kabupaten Jembrana pada khususnya dapat melahirkan bibit atlet muda berbakat. “Dengan adanya tarkam ini diharapkan menjadi ajang pencarian bakat potensi atlet, dan silaturrahmi warga sekaligus menggerakkan roda perekonomian masyatakat Kabupaten Jembrana,” ujar Bupati Tamba.

Sementara itu, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna yang sekaligus menjadi Ketua Umum Koni Jembrana menjelaskan bahwa Jembrana dipilih dari 32 kabupaten/kota seluruh Indonesia penyelenggara kejuaraan Tarkam 2023 Kemenpora, adapun cabang olahraga yang dipertandingkan ada tiga yaitu, bola voly, bulu tangkis, dan atletik lari. “Ketiga cabang olahraga ini berlangsung hari Jumat (24/8/2023). Untuk pertandingan bola voly ada di dua tempat yaitu:

  1. Jumat pagi sampai sore, bertempat di GOR Mendoyo Dangin Tukad
  2. Malamnya di Lapangan Peh.

Untuk pertandingan bulungtangkis, bertempat di Gedung PBSI, untuk atletik lari bertempat di Stadion Pecangakan,” jelas Ketua Umum Koni Jembrana Patriana Krisna.

Lebih lanjut, Wabup Patriana Krisna menjelaskan bahwa lomba tarkam antar kampung tersebut terselenggara berkat program dari pemerintah pusat. “Kegiatan ini digelar selama tiga hari mulai dari tanggal 25 – 27 Agustus 2023, dan untuk anggaran kegiatan ini semua dari Kementerian Pemuda dan Olahraga,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA