by

Cara Trading Bitcoin Untuk Pemula Agar Cuan

KOPI, Jakarta – Kripto telah menjadi aset digital yang sangat sulit ditinggalkan oleh sebagain masyarakat yang telah berkecimpung di dalamnya. Aset crypto atau cryptocurrency seperti bitcoin memang menjadi salah satu instrument investasi yang sangat menarik perhatian masyarakat luas.

Ketika baru memulai investasi bitcoin, sebaiknya anda mengatur strategi yang tepat agar bisa mendapatkan cuan secara maksimal. Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dari jenis mata uang kripto yang tengah populer yaitu melakukan trading bitcoin.

Untuk konsep trading bitcoin tersebut cara yang paling sederhana yaitu mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dengan harga beli aset tersebut. Sama halnya dengan saham, dalam trading bitcoin sebenarnya tidak ada cara khusus untuk dapat digunakan.

Berbeda investor maka beda situasinya, sehingga sangat berbeda pula strategi yang digunakannya. Namun menurut prayoga.id, ada beberapa hal yang bisa anda jadikan pegangan untuk memulai investasi bitcoin bagi pemula. Berikut ini adalah cara yang harus anda perhatikan ketika trading bitcoin agar cuan.

Cara Sukses Trading Bitcoin Untuk Pemula

1. Memahami resiko dan peluang

Tindakan untuk meminimalisir adanya resiko kerugian saat melakukan investasi aset digital semacam bitcoin, maka sangatlah penting bagi pemula untuk memperlajari dan memahami segala peluang serta resikonya.

Anda harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menentukan pergerakan harga bitcoin, variable yang dapat mendukung bitcoin lebih luas, serta perkembangan teknologi terkait bitcoin yang pasti berpengaruh terhadap nilainya.

Sebagai pemula yang masih awam permainan trading bitcoin, anda pasti bisa mendapatkan harga terbaik dan bisa memaksimalkan keuntungan. Sebab anda sudah mampu membaca kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual bitcoin.

2. Menghindari investasi dari hutang

Meskipun telah menjanjikan berbagai keuntungan yang sangat menggiurkan, setiap jenis investasi pasti mengalami resiko kerugian. Termasuk pada investasi kripto berupa bitcoin. Oleh sebab itu ketika melakukan investasi ada baiknya jika anda menggunakan uang dingin, dan jangan pernah menggunakan dana hasil berhutang atau pinjaman untuk melakukan investasi.

Hal ini perlu anda pahami, supaya biaya hidup anda tidak terganggu dan dapat mengurangi resiko kehilangan dana karena tidak dapat mengembalikan uang apabila investasi yang dilakukan sedang mengalami kerugian besar.

3. Prospek jangka panjang

Aset kripto memang memiliki harga yang sangat fluktuatif, dimana suatu harga dapat berubah dari waktu ke waktu. Hal ini pun selalu saja membuat para investor tergoda untuk melakukan panic buying atau panic selling, apalagi jika harganya mengalami penurunan dan sedang drop.

Padahal jika anda melihat dari prospek jangka panjang, nilai aset kripto semacam bitcoin pasti cenderung naik. Maka dari itu, sangat penting untuk memahaminya dan selalu berhati-hati ketika mengambil keputusan saat membeli atau menjual aset kripto anda.

4. Mengingat manajemen resiko

Dalam melakukan investasi, manajemen resiko telah menjadi hal penting. Sehingga anda dapat mengelola dan dapat meminimalkan adanya kerugian di kemudian hari. Bagi para pemula, pasti ada rasa untuk meraih atau mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Hal itulah yang dapat membuat anda lupa untuk menyadari bahwa setiap investasi resikonya selalu menyertai trading bitcoin. Maka dari itulah, anda harus lebih bijak ketika berinvestasi sehingga kerugian dapat diminimalisir.

5. Memulai dengan dana rendah

Saat memulai investasi bitcoin, sebaiknya carilah platform kripto dengan menggunakan berbagai macam fitur yang dapat memudahkan dan memungkinkan anda berinvestasi dengan dana yang lebih rendah. Sehingga anda dapat menekan resiko sambil berlatih memahami seluk-beluknya trading bitcoin.

Apalagi sekarang ini semakin banyak platform trading crypto yang terpercaya dan terdaftar di Bappebti, sehingga tidak perlu diragukan lagi pelayanannya.

Akhir Kata

Memulai trading crypto bitcoin memang bukan hal yang mudah. Jika memang langkah-langkah diatas terlihat gampang, anda tetap tidak bisa sembarangan. Karena bermain bitcoin memerlukan strategi dan persiapan yang matang. Apalagi sebagai pemula yang masih awam dengan dunia trading, jadi harus teliti dan pahami resikonya.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA