by

3 Startup Indonesia Sebagai Inspirasi bagi Perusahaan Rintisan Baru

KOPI, Jakarta – Seperti yang diketahui, setidaknya dalam sepuluh tahun terakhir, perkembangan startup di Indonesia begitu pesat.  Terlihat ada beberapa startup yang sukses dan berhasil mendunia. Hal ini mendorong pemerintah untuk mensupport startup baru agar bisa terus berkembang melalui program Startup Indonesia.

Program ini diadakan khusus untuk memberikan dukungan pada startup baru agar bisa terus berkembang. Tentu untuk mendapatkan support penuh dari program ini, setiap startup yang telah terdaftar harus membuktikan potensinya.

Nah, sebagai inspirasi beberapa startup besar di Indonesia ini merupakan gambaran kesuksesan startup Indonesia.

Apa itu Startup?

Sebelumnya, mungkin tidak sedikit dari Anda yang belum mengetahui apa itu startup.

Startup di sini mengacu pada tahap pertama operasi bisnis dalam sebuah perusahaan. Startup merupakan sebuah bisnis yang didirikan oleh satu maupun lebih pengusaha yang ingin fokus mengembangkan produk maupun layanannya. Nah, produk atau layanannya ini bisa beragam.

Produk dan layanan tersebut bisa merupakan sesuatu yang memang calon konsumen atau konsumen butuhkan sehingga mereka harapkan perusahaan yang mereka dirikan mampu memenuhi permintaan pasar dan jadi perusahaan yang tak tergantikan oleh siapapun.

Startup bertujuan untuk memperbaiki kekurangan produk maupun pelayanannya yang sudah tercipta atau membuat produk yang benar-benar baru dari awal. Umumnya, pemilik perusahaan startup membutuhkan modal yang besar tetapi pendapatan yang mereka terima tergolong kecil.

Untuk itu, biasanya sebuah startup membutuhkan seorang atau kehadiran investor untuk menyuntikkan dana sehingga operasional perusahaan startup tetap berjalan meskipun pendapatannya sedikit.

List Startup Indonesia yang Sudah Mendunia

1. Gojek

Zaman sekarang rasanya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Go-jek. Layanan yang awalnya fokus pada pelayanan ojek online ini merupakan perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan.

Gojek sukses memiliki dampak positif karena layanan yang dimilikinya mampu memberikan dampak yang positif bagi khalayak luas. Startup yang mulai berdiri sejak tahun 2010 ini telah mengembangkan berbagai fitur yang berguna bagi konsumennya.

Tak hanya ojek online, kini banyak sekali fitur yang dimiliki Gojek seperti Go Food untuk mengantar makanan, Gosend untuk mengantar barang, Gobox untuk pengangkutan barang dan berbagai layanan yang lainnya.

Berbagai penghargaan juga telah diraih oleh perusahaan yang satu ini. Mulai dari penghargaan skala nasional hingga internasional. Tak hanya berjaya di negara sendiri, Gojek juga merambah ke negara Asia yang lainnya untuk mencoba peruntungan.

2. Traveloka

Jika Anda sering bepergian tentu saja sudah tidak asing lagi dengan nama Traveloka. Salah satu startup Indonesia yang memiliki gelar unicorn ini didirikan oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma dan juga Albert Zhang pada tahun 2012 silam.

Startup dengan icon gambar burungnya terbang ini memberikan layanan booking hotel, pesawat dan segala sesuatu yang berkaitan dengan traveling. Dengan mengandalkan Traveloka, Anda bisa melihat perbandingan harga dan pastinya dapat memilih mana yang paling baik untuk Anda.

Sukses dan mendapat sambutan positif, Traveloka kini juga melebarkan sayapnya di negara negara Asia yang lainnya. Dengan pelebaran sayap ini diharapkan mampu meraup keuntungan yang jauh lebih banyak.

3. Tokopedia

Nah ecommerce dengan logo dominan warna hijau ini pasti sudah tidak asing lagi dong? Tokopedia pertama kali diluncurkan pada 17 Agustus 2009 lalu. Perusahaan ini berfokus pada pelayanan pembelian barang secara online.

Tokopedia menjadi salah satu startup di Indonesia dan Asia Tenggara pertama kali yang mendapatkan pendanaan sebesar 100 juta dolar US atau di rupiah kan sekitar 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc.

Nah, itulah startup di Indonesia yang namanya mentereng. Pada kenyataannya startup yang berkembang di Tanah Air tak hanya itu saja melainkan ada banyak perusahaan rintisan baru yang tengah berkembang, dan beberapa diantaranya sudah masuk dalam wajah Startup Studio Indonesia.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA