by

Tips dan Cara Memulai Usaha Toko Bangunan

KOPI, Jakarta – Di zaman sekarang, bisnis yang mempunyai prospek bagus tidak selalu berkaitan dengan teknologi dan komputasi. Ada banyak lini bisnis lain dengan masa depan yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah bisnis toko bangunan.

Meskipun tidak keren seperti bisnis di bidang teknologi, namun bisnis yang satu ini mempunyai masa depan yang sangat baik. Usaha menjual bahan bangunan tidak mengenal musim. Kapan pun orang akan butuh material bangunan, entah itu untuk membuat bangunan baru, memperbaiki bangunan yang rusak, atau renovasi bangunan yang sudah lama. Semua aktivitas tersebut membutuhkan bahan bangunan.

Selain itu, bisnis toko bangunan juga menawarkan keuntungan yang cukup menarik. Setiap produk material bangunan bisa dijual dengan margin yang cukup tinggi. Belum lagi jika bekerjasama dengan developer bangunan yang tentunya akan belanja dalam jumlah banyak. Keuntungan bisa bertambah banyak jika melakukan inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman, misalnya membuat toko material online.

Jika Anda tertarik dengan usaha ini, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai usaha toko bangunan.

Menyiapkan Modal Usaha

Untuk membangun sebuah toko bahan bangunan perlu modal yang tidak sedikit. Selain modal untuk membeli barang yang akan dijual, membuat toko bangunan juga membutuhkan tempat yang besar. Meski begitu, kamu bisa mendapatkan modal dengan cara pembiayaan atau yang lebih aman dengan cara mencari rekan bisnis.

Pilih Lokasi yang Strategis

Satu hal yang umum terjadi di toko bangunan adalah proses pengiriman dan penerimaan barang. Proses ini dilakukan dengan menggunakan mobil bak atau truck. Untuk menunjang hal ini, saat memulai usaha toko bangunan, Anda perlu mencari lokasi yang strategis dan mudah diakses dengan kendaraan besar.

Selain itu, lokasi toko harus terlihat dan mudah dicari. Hal ini tentunya akan mempermudah konsumen untuk datang ke toko.

Pilih Supplier yang Terpercaya

Setelah mendapatkan modal yang cukup dan lokasi yang strategis, langkah selanjutnya adalah mencari supplier. Untuk mendapatkan barang-barang dengan kualitas terbaik, Anda harus jeli dalam memilih supplier. Caranya, Anda bisa minta rekomendasi ke toko bangunan yang sudah lama ada atau ke orang yang sudah lama berkecimpung di bisnis ini. Saat bertemu supplier atau pemasok, jangan ragu untuk negosiasi dan bicara banyak hal dengan mereka.

Tawarkan Layanan dan Fasilitas yang Lengkap

Membuka toko bangunan tidak hanya sekedar menjual bahan bangunan. Anda juga perlu memberikan layanan lain untuk kenyamanan konsumen. Salah satu layanan yang harus disediakan adalah layanan pengiriman barang. Toko bangunan harus menyediakan layanan pengiriman barang seperti semen, besi, kayu, batako, atau barang lain yang berukuran besar.

Di samping itu, Anda harus paham bahwa tidak semua konsumen mengerti dengan bahan bangunan. Biasanya mereka akan banyak bertanya ke orang toko untuk tahu lebih banyak tentang itu. Untuk itu tidak ada salahnya jika Anda memberikan layanan konsultasi kepada konsumen yang datang.

Menyediakan Barang-barang yang Lengkap

Usahakan untuk selalu menyediakan semua bahan bangunan yang esensial dan banyak dicari, seperti semen, pasir, batu bata, besi, cat, keramik, dan lain sebagainya. Semakin lengkap barang yang anda sediakan, maka konsumen akan banyak yang belanja ke toko Anda.

Memenangkan Persaingan Usaha

Di setiap bisnis pasti selalu ada pesaing, termasuk bisnis toko bahan bangunan. Untuk memenangkan persaingan, Anda harus memiliki kelebihan dan nilai jual tersendiri. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan layanan yang lengkap dan memudahkan konsumen. Selain layanan, Anda juga bisa memberikan promo menarik, seperti diskon, gratis ongkos kirim, dan dan lain sebagainya.

Selalu Berinovasi

Untuk kemajuan sebuah usaha, diperlukan inovasi. Memberikan promo, memasang iklan, dan memberikan layanan ekstra termasuk beberapa jenis inovasi yang bisa dilakukan. Selain itu, berinovasi sesuai dengan kemajuan zaman juga wajib untuk dicoba.

Di era yang serba online seperti sekarang, tidak ada salahnya untuk berinovasi di bidang ini. Menjual bahan bangunan juga bisa dilakukan secara daring. Salah satunya dengan cara mendaftar di marketplace bahan bangunan, UKUR.

UKUR adalah marketplace material bangunan yang menyediakan berbagai macam produk dan kebutuhan konstruksi, mulai dari bahan bangunan hingga produk interior ada di sini. Konsumen hanya perlu download dan buka aplikasi UKUR untuk mencari produk yang diperlukan.

Semua toko bangunan yang berjualan di UKUR sudah melalui tahap verifikasi yang matang, sehingga konsumen dapat berbelanja dengan mudah, aman, dan nyaman. Tidak hanya itu, beberapa toko bangunan di UKUR juga menyediakan jasa pemasangan oleh tim profesional.

Untuk kenyamanan konsumen, UKUR juga telah bekerjasama dengan berbagai layanan pengiriman dan bank ternama Indonesia. Tersedia berbagai pilihan metode pembayaran, termasuk pembayaran dengan cicilan 0%.

Kehadiran UKUR tentunya sangat membantu pemilik toko bahan bangunan untuk bangkit pasca pandemi Covid 19. Saat ini mereka tidak hanya bergantung pada transaksi offline di toko, tapi juga bisa secara online melalui aplikasi UKUR. Secara tidak langsung, dengan begini tentunya akan memperlebar market mereka. (FEBBY/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA