by

Buka Bimtek Kerjasama Antar Desa dan Penyusunan Hukum, Bupati Jembrana: Wujudkan Masyarakat Bahagia

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kerjasama antar desa dan penyusunan produk hukum di desa bagi Perbekel (Kades-red)/Lurah se-Kabupaten Jembrana bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Selasa (27/9/2022). Bimtek tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi potensi yang dimiliki masing-masing desa dan dikolaborasikan dalam pengembangan melalui kerjasama desa dan pembangunan kawasan perdesaan.

Perbekel (Kades-red) adalah sebagai pemegang kebijakan penyelenggaraan pemerintah di desa diharapkan mampu memahami terkait produk hukum di desa. Dengan demikian sehingga dapat dijadikan pedoman dalam menyelenggarakan pemerintahan desa secara akuntabel dan profesional.

Dalam sambutannya, Bupati Tamba mengatakan bahwa banyak potensi yang ada di masyarakat belum dikelola secara maksimal. Oleh karena itu, perlunya peran pemerintah desa dalam membina dan memfasilitasi sesuai dengan kewenangannya.

“Di sinilah banyak potensi yang dimiliki oleh masyarakat kita di desa seperti produk unggulan di bidang pertanian, perdagangan, industri rumah tangga maupun sektor usaha mikro belum dapat dikelola secara baik dan maksimal. Seharusnya pemerintah desa bisa hadir untuk memberdayakan maupun memfasilitasi sesuai dengan kewenangan yang desa miliki,” ucap Bupati Tamba.

Terkait hal tersebut Bupati Tamba berharap agar pemerintah desa dan kelurahan dapat mendukung program pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat yang bahagia terutama melalui program pemberdayaan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Desa dan kelurahan senantiasa fokus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan ikut mendukung program pemerintah dalam mewujudkan masyarakat Jembrana yang bahagia. Mulailah selalu berorientasi memajukan masyarakat desa/kelurahan melalui program-program pemberdayaan yang lebih bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harap Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga menyampaikan keinginannya agar masing-masing desa memiliki produk unggulan. Hal tersebut juga bagian dari menyambut Jembrana Emas 2026 yang nantinya diperkirakan banyak wisatawan datang ke Jembrana.

“Seluruh Perbekel/Lurah agar tetap semangat dan meningkatkan kinerja, saya ingin sekali setiap desa memiliki produk unggulan, one village one product,” tandas Bupati Tamba.

Sementara itu, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Jembrana I Made Yasa melaporkan bahwa pelaksanaan Bimtek tersebut diikuti oleh seluruh Perbekel/Lurah se-Kabupaten Jembrana sebanyak 51 orang. “Bimtek hari ini diikuti oleh seluruh Perbekel (Kades-red)/Lurah se-Kabupaten Jembrana, dasar pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang pemerintahan desa, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman perencanaan pembangunan di desa, kerjasama ini nantinya akan didukung dengan APBDes seluruh desa di Kabupaten Jembrana dan APBD Kabupaten Jembrana,” jelas Kadis PMD Made Yasa.

Adapun terkait materi yang disampaikan meliputi peningkatan pemahaman dalam penyusunan produk hukum desa, kerjasama antar desa, dan membangun kawasan perdesaan yang sejalan dengan berbagai situasi dan kondisi umum yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas dan fungsi Perbekel/Lurah. “Bimtek dilaksanakan selama satu hari dengan materi penyusunan produk hukum dan kebijakan pemerintah terhadap pelaksanaan pembangunan di desa. Setelah dilaksanakan bimtek akan dilanjutkan dengan pelaksanaan orientasi lapangan yang dapat dijadikan bahan penerapan hasil pembelajaran,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA