by

Kabid Damkar Karawang Imbau Masyarakat agar Berhati-hati Membakar Sampah di Musim Panas

KOPI, Karawang – Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan, Rohmat, mengimbau masyarakat agar berhati-hati membakar sampah di musim panas seperti saat ini, karena dapat mengakibatkan kebakaran. Hal tersebut disampaikan saat disambangi oleh awak media pewarta, Jumat (26/8/22), di Kantor BPBP Karawang.

“Kemarin baru saja terjadi kebakaran di sekolah di Cilamaya. Kejadian tersebut diduga penyebabnya ada yang membakar sampah di samping gedung sekolah,” ujar Rohmat.

Selain itu, Rohmat menyampaikan bahwa mulai 1 Januari 2022 Pemadam Kebakaran Kabupaten Karawang menjadi Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang berada di bawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang. Tugas-tugas yang harus dijalankan oleh Damkar bukan hanya memadamkan kebakaran, akan tetapi juga melakukan penyelamatan, di antaranya:

  1. Penyelamatan hewan contohnya kucing, anjing, dan lain-lain.
  2. Evakuasi hewan berbahaya seperti ular, tawon, dan lain-lain.
  3. Evakuasi cincin.
  4. Evakuasi pohon tumbang.
  5. Inspeksi proteksi kebakaran.
  6. Layanan rekomendasi untuk Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan pengujian uji kelaikan untuk Sertifikat Laik Fungsi (SLF).
  7. Sosialisasi dan pengenalan profesi Damkar untuk Taman Kanak-kanak.

“Kami juga akan mengevakusi cincin yang susah dibuka di jari, sampai kunci jatuh ke got juga kami akan hadir untuk melayani masyarakat,” paparnya.

Selanjutnya, Rohmat menginformasikan untuk Pusat Damkar terletak di Kantor BPBD Karawang dengan nomor telepon 0267-400113, sedang untuk pos-posnya terdiri di lima wilayah yaitu:

  1. Pos Damkar Renggas Dengklok, Telp. 0267-8483113
  2. Pos Damkar Telagasari, Telp. 0267-6063113
  3. Pos Damkar Cilamaya Wetan, Telp. 0264-8340113
  4. Pos Damkar Cikampek, Telp. 0264-8333113
  5. Pos Damkar Tegalwaru, Telp. 0267-6488113.

Ia menambahkan, masyarakat juga dapat menghubungi ke kecamatan di wilayah masing-masing dengan Program Pelayanan Administrasi Terpadu. Program ini bertujuan untuk mensosialisasikan nomor Damkar yang bisa dihubungi.

“Masyarakat harus atau wajib menyimpan nomor Damkar di ponselnya masing-masing. Karena jika terjadi sesuatu, maka segera bisa menghubungi nomor Damkar,” tandas Rohmat. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA