by

Wabup Patriana Krisna Buka Sosialisasi Pembinaan Idiologi Pancasila

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna mewakili Bupati Jembrana bersama Anggota Komisi II DPR RI membuka acara Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Daerah Pemilihan Provinsi Bali oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, bertempat di Hotel Jimbarwana Jembrana, Bali, Rabu (24/8/2022). Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Ideologi Negara kita, yaitu NKRI, kepada seluruh peserta.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki ciri khas kebhinekaan ras, suku, budaya dan agama. Sosialisasi ini menjadikan seluruh warga untuk wawasan yang luas dan mengingatkan pemahaman Pancasila dan Kebangsaan kepada masyarakat.

Hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut A. A. Bagus Adhi Mahendra Putra, M.H., M.Km., Anggota Komisi II DPR RI; Elfrida Herawati Siregar, S.P., M.M., Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP; Prof. I Gede Yusa, Guru Besar Universitas Udayana; Prof. DR. Made Subawa, S.H., M.S. (L), Guru Besar Universitas Udayana; Prof. I Wayan Parsa, Guru Besar Universitas Udayana; DR. Ni Luh Gede Astariyani, S. H.,M.H., Ketua Lab Hukum Tata Negara Universitas Udayana, dan Putu Ronny Angga Mahendra, serta Dosen FKIP Universitas Dwijendra Denpasar.

Saat ditemui Awak Media Pewarta Indonesia Ketua penyelenggara kegiatan dan juga Stap Ahli DPR. Ida Bagus Sutama untuk wilayah Jembrana menjelaskan bahwa “Sosialisasi ini berlangsung satu hari yang diikuti oleh 217 peserta dari kepala kewilayahan (Kadus), kepala lingkungan (Kaling) se-Kabupaten Jembrana dengan tema ‘Gotong Royong Membumikan Pancasila,’ jelas Ketua penyelenggara Ida Bagus Sutama.

Wabup Patriana Krisna membacakan sambutan Bupati Jembrana dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat penting karena Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia  yang harus diketahui dan ada di dalam jiwa Bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi. “Oleh karena itu kelestarian dan kelanggengan Pancasila dapat terjaga dan senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, tak terkecuali bagi masyarakat Kabupaten Jembrana,” ucap Bupati Jembrana yang dibacakan Wabup Patriana Krisna.

Bupati Jembrana juga berharap bahwa melalui kegiatan sosialisasi pembinaan Ideologi Pancasila tersebut akan menumbuhkan semangat seluruh masyarakat Jembrana untuk mengaktualisasikan Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara. Sekaligus sebagai rujukan dan inspirasi bagi upaya menjawab berbagai tantangan kehidupan bangsa.

“Kondisi kehidupan masyarakat kita saat ini cenderung melupakan nilai-nilai luhur Pancasila. Secara perlahan simbolisasi Pancasila dalam gambar, lagu, bahkan hafalan butir-butir sila Pancasila semakin pudar dalam ingatan kita dan anak-anak kita sebagai penerus bangsa nantinya,” harap Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Jembrana mengungkapkan bahwa jiwa dan semangat gotong royong yang dulu mewarnai kehidupan masyarakat, kini mulai sirna. Adanya sebagian golongan yang senantiasa menuntut hak tanpa menyadari kewajiban yang harus ia tuntaskan. 

“Semangat nasionalisme dan patriotisme yang dulu membara kini mulai surut. Masyarakat kita lebih mengutamakan kepentingan golongan daripada kepentingan bangsa dan negara,” ungkap Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Wabup Patriana Krisna yang membacakan pidato Bupati Jembrana menjelaskan bahwa munculnya berbagai persoalan baik itu persoalan politik, hukum, sosial kemasyarakatan, bahkan konflik yang didasari karena Ideologi dan sara, mungkin karena kurangnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Padahal jika kita senantiasa menempatkan Pancasila sebagai falsafah kehidupan, maka berbagai persoalan tersebut semakin mudah untuk kita selesaikan,” jelas Bupati Jembrana

Pada kesempatan tersebut Bupati Jembrana mengajak seluruh peserta sosialisasi untuk berupaya membudayakan nilai-nilai Pancasila. “Tentunya melalui cara-cara yang efektif, melalui edukasi, sosialisasi, dan keteladanan, sehingga bisa menjadi panutan dan budaya yang berakar kuat dalam kepribadian anak-anak kita sebagai penerus bangsa,” harap Bupati Tamba yang dibacakan Wabup Patriana Krisna.

Sementara Agung Mahendra Anggota DPR RI Komisi II Dapil Bali mengungkapkan bahwa kehadiran negara dalam hal ini, DPR bersama BPIP dan Badan Sosialisasi 4 Pilar. Selalu berusaha hadir menjawab kekosongan kehadiran pemerintah di dalam menghadirkan Pancasila di tengah-tengah kehidupan kita berbangsa dan bernegara. 

“Banyaknya fenomena dalam kehidupan kita seperti hal-hal yang trending sekarang, pembunuhan berencana, korupsi, penyalahgunaaan kekuasaan, dan lainnya, adalah sebagai bukti bahwa kita melupakan jati diri kita yaitu, Pancasila,” ungkap Agung Mahendra.

Agung Mahendra yang juga memberikan materi dengan tema ‘Etika Pancasila Dalam Mewujudkan Good Governance’ menjelaskan bahwa berdasarkan aspirasi dari Ketua Forkom, bahwa penting diadakan sosialisasi 4 Pilar Negara Kebangsaan atau sosialisasi Pancasila. “Ini yang mendasari pertemuan kali ini yaitu, menghadirkan kepala kewilayahan se-Kabupaten Jembrana sebagai pimpinan struktural pemerintahan terbawah yang memegang masa langsung paling besar, dan pertemuan ini memberikan bekal kepada kepala lingkungan atau dusun untuk setiap langkah kerjanya untuk menerapkan apa yang menjadi nilai-nilai luhur Pancasila, sehingga menjadi panutan kepada masyarakat.”

“Karena di Bali sangat menyadari akan budaya panutan, jika pemimpinnya baik maka masyarakatnya juga terinspirasi akan kebaikan tersebut,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA