by

Paska Pengukuhan, Ketua KKMT Hery Matruty Hibahkan 1,5 Hektar Tanah untuk Suku Tanimbar

KOPI, Sorong PABar– Ketua Kerukunan Keluarga Masyarakat Tanimbar (KKMT) dikukuhkan oleh Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan di alun-alun Aimas, Kabupaten Sorong.  Hery Matruty adalah seorang Marinir, berwibawa dan sangat bersahabat, saat menerima kunjungan Ketua PPWI Sorong Raya di kediamannya di Sorong, Minggu (8/5/2022).

Ia mengatakan awal terbentuknya Kerukunan Keluarga Besar Masyarakat Tanimbar karena di wilayah Papua Barat ini, belum ada Persatuan Suku Tanimbar.

“Sementara jumlah suku ini di Sorong, yang meliputi Aimas, Kelapa Sawit, Klamono kurang lebih 3.000 Kepala Keluarga dan masih ada lagi wilayah lain.  Untuk membentuknya, ini bukan hal yang kecil, butuh ketegasan dan finansial,” ungkapnya.

“Dengan berkat Tuhan, puji syukur, kemarin (5 Mei 2022), kami dikukuhkan oleh Bapak Gubernur  Papua Barat, Bapak Drs. Dominggus Mandacan, bersama Bapak Bupati Sorong.  Kami ucapkan terima kasih, ” lanjutnya.

Kegitan apa saja yang akan dilaksanakan KKMT setelah pengukuhan, Hery Matruty memaparkannya

“Saya sudah menghibahkan 1,5 hektar lahan di Jalan Bandara untuk Kampung Tanimbar, pengelolaannya akan di kavling 10 x 15 meter untuk per kepala keluarga yang belum memiliki tanah dan tempat tinggal,” jelasnya.

“Sya harap Pemerinrah Provinsi dan Pemda Sorong bisa membantu warga dalam perencanaan perumahan layak huni untuk masyarakat.  Kami akan bangunkan pondok untuk warga. Yang perlu dilakukan oleh suku adalah pengorbanan,” ujarnya.

“Harta itu hanyalah titipan Tuhan, semoga semua itu menjadi berkah warga Tanimbar pada khususnya dan seluruh masyarakat Sorong. Bar lebih mengenal kaarifan Suku Tanimbar di tanah Papua,” lanjutnya.

“Akhir bulan ini juga, kami akan adakan kegiatan kegiatan sosial, bersih- bersih sekitar alun- alun dan jalan besar di Sorong.  Kalau Ketua PPWI mau bangun Sekretariat PPWI ke depannya jangan sungkan.  Nanti disiapkan 1 kavling untuk Sekretariat,” canda Pak Hery, yang membuat tawa semua rekan- rekan jurnalis yang hadir.

Ketua PPWI Riswandy Pandjaitan mengiyakan dengan senyum. “Nanti dilihat perkembangan PPWI Sorong Raya ke depan,” jawab sambil senyum. (IKH)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA