by

Tips Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Pemula

Tips Mudah Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Pemula

KOPI, Jakarta – Jika Anda ingin memulai belajar bahasa pemrograman, maka keinginan Anda sudah benar. Karena pada masa sekarang ini, belajar bahasa pemrograman sangatlah mudah. Dengan adanya internet dan teknologi yang berkembang pesat, untuk mendapatkan informasi juga semakin mudah.

Memang pada dasarnya, pemrograman sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Kenapa bisa begitu? Karena saat Anda membuka aplikasi, setiap fitur pada aplikasi tersebut digerakkan oleh berbagai macam kode. Begitu juga dengan website atau software, semuanya memerlukan kode untuk bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.

Lalu, bagaimana jika seorang pemula belum memiliki dasar tentang bahasa pemrograman dan ingin belajar bahasa pemrograman? Untuk mempermudah Anda dalam belajar bahasa pemrograman, Anda bisa mengunjungi Website Belajar Pemrograman Bahasa Indonesia.

Tips dan Cara Belajar Bahasa Pemrograman dengan Mudah

1. Pilih bahasa pemrograman yang dibutuhkan

Tips pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin belajar bahasa pemrograman yaitu dengan menentukan bahasa pemrograman yang akan Anda pelajari. Fokuslah pada bahasa pemrograman tersebut, jangan sampai Anda mempelajari semua bahasa pemrograman.

Jika Anda mempelajari semua bahasa pemrograman, maka Anda akan membuang-buang waktu saja dan tidak sedikit para pemula yang menyerah karena mempelajari semua bahasa pemrograman. Oleh karena itu alangkah baiknya Anda mempelajari beberapa bahasa pemrograman yang memang wajib dan dibutuhkan di jenis programmer tersebut.

2. Manfaatkan bantuan modul atau tutorial lengkap

Jika sudah menentukan bahasa pemrograman, Anda bisa menggunakan modul atau buku sebagai alat pendukung dalam belajar bahasa pemrograman. Dalam hal ini Anda hanya perlu memilih modul dan buku yang tepat beserta tutorial cara belajar bahasa pemrograman yang benar.

3. Buatlah jadwal untuk belajar bahasa pemrograman

Membuat jadwal belajar juga penting untuk Anda lakukan, karena dengan jadwal tersebut Anda akan lebih disiplin dalam belajar. Anda bisa membuat jadwal belajar dengan sistem harian ataupun mingguan.

Dengan Anda membuat jadwal belajar dan menepati jadwal tersebut dengan bersungguh-sungguh, maka kegiatan belajar Anda seiring waktu akan menjadi kebiasaan.

4. Ciptakan suatu program

Memang jika belajar bahasa pemrograman haruslah fokus pada pemrograman tersebut, namun jangan sampai lupa dengan tujuan Anda belajar perograman yaitu menciptakan suatu program. Ciptakanlan suatu program meskipun masih berupa project kecil, dengan hal itu Anda akan semakin terlatih dan ingin terus mencoba.

Sebagai contoh, Anda membuat website yang berisikan gambar dan belum terdapat navigasi serta fitur-fitur lainnya. Jika Anda sudah berhasil mengisi website dengan gambar tersebut, Anda bisa lanjut memberikan navigasi beserta fitur-fiturnya.

5. Mengikuti kelas online

Dengan mengikuti kelas online, maka akan semakin mempermudah Anda untuk belajar bahasa pemrograman. Selain itu Anda juga tidak akan belajar sendirian, melainkan bersama mentor bepengalaman yang selalu siap membantu Anda.

Penutup

Memang belajar pemrograman tidak bisa instan, Anda harus tetap konsisten dan tidak boleh menyerah. Semoga cara tersebut bisa membantu Anda dalam memulai belajar bahasa pemrograman dengan mudah dan lancar.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA