by

Wajib Tahu, 5 Tips Agar Cepat Dapat Kerja

5 Tips Agar Cepat Dapat Kerja

KOPI, Jakarta – Jika Anda sudah bosan menganggur atau ingin membeli sesuatu namun tidak mempunyai uang yang cukup, maka solusinya Anda harus bekerja. Namun perlu Anda ketahui, bahwa nyatanya mencari pekerjaan juga sulit dibandingkan melakukan pekerjaan. Hal itu dikarenakan dari tahun ke tahun banyak persaingan diantara calon pencari kerja.

Dalam hal ini persaingan dalam dunia kerja memang bukan hal yang tergolong mudah, apalagi bagi lulusan baru atau fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Seringkali kita jumpai di setiap Info loker mencantumkan syarat minimal pengalaman kerja beberapa tahun, meskipun untuk posisi entry level ataupun junior.

Anda tidak perlu merasa risau, karena kami akan membagikan tips tentang cara dapat pekerjaan dengan cepat agar tidak lama menganggur. Berikut adalah 5 tips yang bisa Anda lakukan agar cepat mendapatkan pekerjaan.

1. Pilih pekerjaan sesuai dengan keahlian

Mencari kerja sesuai dengan keahlian yang dimiliki merupakan salah satu faktor yang penting. Karena jika Anda diterima di perusahaan tersebut, Anda akan merasa betah bekerja karena pekerjaan tersebut sesuai dengan keahlian yang Anda miliki.

Selain itu bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja namun memiliki keahlian, tunjukkan keahlian tersebut misalnya seperti kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan negosiasi, dan lain sebagainya.

2. Perluas koneksi

Dengan memiliki koneksi yang luas merupakan salah satu faktor supaya cepat mendapatkan pekerjaan. Dengan mempunyai banyak jaringan pertemanan, akan sangat membantu Anda  untuk memperoleh informasi lowongan pekerjaan.

Selain memperoleh informasi lowongan pekerjaan, Anda juga bisa memperoleh informasi mengenai besar dan kecilnya gaji atau kelebihan dan kekurangan perusahaan tersebut.

3. Cari lowongan pekerjaan online

Apabila Anda kurang tertarik dengan pekerjaan job fair, Anda bisa mencari lowongan pekerjaan secara online. Dengan adanya internet, melamar pekerjaan juga bisa dilakukan dari rumah. Dengan begitu para pencari pekerjaan akan lebih mudah mencari loker dan mudah apabila ingin melamar pekerjaan.

4. Pastikan CV yang dibuat sudah lengkap dan menarik

Hal ini mungkin dianggap sepele dan sering diabaikan, padahal penulisan CV yang baik haruslah lengkap dan juga menarik. Karena semakin lengkap data pribadi yang Anda cantumkan pad CV, maka peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan juga semakin besar.

5. Siapkan mental

Memang melamar pekerjaan merupakan kondisi yang tidak mudah, karena akan menguras energi dan emosi. Hal ini penting agar perasaan kecewa ketika melamar kerja namun ditolak oleh perusahaan, tentunya akan membuat konsentrasi Anda kacau dan merasa terpuruk. Oleh karena itu Anda membutuhkan usaha yang ekstra dan persiapan mental yang kuat.

Akhir Kata

Yang terpenting dalam mencari kerja adalah terus mencoba dan tidak mudah menyerah. Jika Anda sudah melakukan tips diatas dan terus berusaha, maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah berdoa agar diberikan hasil yang terbaik.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA