by

Belajar TIK Bersama Guru Hebat Indonesia dan Korea Selatan

-Daerah, Pendidikan-1,049 views

KOPI, Jakarta – Sejumlah guru SMP, SMA dan SMK se-Jabodetabek yang tergabung dalam program KLIC (Korea e-Learning Improvement Cooperation) mendapatkan pelatihan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Kegiatan ini berlangsung di Jakarta dari tanggal 6 sampai dengan 12 Agustus 2023. Penulis berkesempatan hadir sebagai peserta dalam acara yang menghadirkan narasumber guru-guru dari Korea Selatan ini.

Pelatihan tersebut sangat menarik karena terjadi Sharing Knowledge atau bertukar ilmu pengetahuan dan kebudayaan antara kedua Negara. Selain memperkenalkan pembelajaran berbasis ICT, narasumber juga menyisipkan berbagai permainan khas Korea Selatan.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Gangwon, Korea Selatan. Acara dibuka oleh Direktur Guru Pendidikan Dasar Kemendikbudristek, Dr. Drs. Rachmadi Widdiharto, M.A. Sementara itu, hadir dari pihak Korea Selatan sejumlah guru dan delegasi yang dipimpin oleh Supervisor Gangwon State Office of Education, Mr. Kim Myung-Rae.

Selama seminggu ini peserta diajarkan mengenai teknologi AI atau Artificial Intelligent dalam pembelajaran. Setiap peserta mendapatkan satu unit robot pintar untuk digunakan dalam praktikum pembelajaran berbasis Ai, pemanfaatan aplikasi Kahoot, Menti, dan lain sebagainya.

Program pelatihan ini dinamakan Pelatihan On-Site Training dan sudah sudah berjalan selama 3 (tiga) tahun. Program ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan tranformasi pembelajaran  guna mengatasi kesenjangan dalam perkembangan TIK.

Sejalan dengan pendidikan abad 21 yang ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, maka pelatihan ini menjadi sangat relevan karena bertujuan sebagai upaya meningkatkan mutu guru dan pembelajaran guna membekali murid menghadapi tantangan abad 21 khususnya dalam bidang TIK di pembelajaran. (Wahyu)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA