by

GIBAS Cinta Damai Telagasari Harapkan Dukungan Pemkab Karawang dalam Pemberdayaan Anggota Ormas

KOPI, Karawang – Dewan Penasehat Ormas GIBAS Cinta Damai Sektor Telagasari, Kabupaten Karawang, Didin Zalaludin mengharapkan dukungan pemerintah Kabupaten Karawang untuk memberdayakan Anggota Ormas dalam kegiatan pertanian. Hal tersebut disebabkan oleh dampak Pandemi Covid-19 yang dirasakan masyarakat Karawang khususnya Anggota Ormas GIBAS Cinta Damai.

Saat ditemui awak media, Sabtu (11/9/21), Didin menyampaikan bahwa tidak semua Anggota Ormas memiliki latar belakang pekerjaan tetap. “Anggota kami rata-rata wiraswasta, ada yang jadi pedagang, pekerja proyek bangunan, dan membuka bengkel,” terang Didin.

Akibat dampak Pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM, muncullah ide dari Gino Wandira selaku Ketua Ormas GIBAS Cinta Damai Sektor Telagasari dengan menginisiasi pemberdayaan Anggotanya. “Awalnya muncul gagasan Ketua untuk memanfaatkan lahan tidur milik perusahaan perumahan PT. Telaga Indah. Hal ini kemudian dikomunikasikan dengan pihak perusahaan untuk mengembangkan lahan tidur seluas dua hektar menjadi lahan produktif,” jelasnya.

Lanjutnya, lahan tidur tersebut belum dimanfaatkan semuanya, namun sudah 500 meter yang ditanami cabe, kangkung, pisang, dan untuk kolam ikan. “Sudah tiga bulan kita kembangkan lahan ini, tapi karena cuaca terlalu panas ekstrem, jadi hasilnya belum sesuai target. Saat ini, kita sedang menyiapkan lahan termasuk pembuatan pupuk organik dari kotoran kambing, tanah merah dan serbuk gergaji untuk lahan penanaman cabe,” papar Didin.

Didin berharap, Pemkab Karawang khususnya Dinas Pertanian melalui UPTD Kecamatan Telagasari bisa membantu memberikan bantuan maupun pendampingan dalam kegiatan pertanian lembaga Ormas GIBAS Cinta Damai Sektor Telagasari. “Saya harap hal positif ini bisa mendapatkan dukungan dari Dinas Pertanian Karawang, baik bibit, maupun pupuk dan obat, sehingga Ormas GIBAS Cinta Damai Sektor Telagasari bisa memberdayakan Anggotanya dalam menghadapi Pandemi ini,” harapnya.

Sementara itu, Ketua GIBAS Cinta Damai Sektor Telagasari, Gino Wandira yang akrab disebut Kang Oces, saat ditemui awak media di areal lahan yang sedang dikembangkan lembaganya mengatakan sangat mendukung semangat para anggotanya untuk berwirausaha pertanian di lahan ini. “Ada sekitar 118 Anggota Ormas GIBAS Cinta Damai Sektor Telagasari, tidak semuanya terlibat dalam mengerjakan lahan ini, karena memiliki kegiatan masing-masing,” jelas Kang Oces.

Ia pun mengatakan, hingga saat ini belum ada dari pihak manapun yang memberikan bantuan, baik bibit, pupuk maupun obat-obatan untuk lahan pertanian yang kita kerjakan. Tapi dengan adanya kegiatan positif ini, setidaknya bisa menghilangkan image negatif yang beredar di masyarakat bahwa ormas identik dengan kekerasan.

“Kita berharap Pemkab Karawang dapat mendorong ormas-ormas untuk memberdayakan Anggotanya kepada hal-hal positif. Diharapkan Pemkab dapat memberikan bantuan modal usaha serta penyuluhan di bidang pertanian, hukum, narkoba, dan lain-lain. Jangan sampai pembinaan dilakukan saat deklarasi damai lintas ormas/LSM saja,” tandas Kang Oces yang didampingi Sekretaris Narlan alias Jalu dan Dewan Penasehat Ade Afif Purnama. (DJ)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA