by

PPWI Sukses Menggelar Pelatihan Jurnalistik Warga

KOPI, Jakarta – DPN PPWI laksanakan Pelatihan Dasar Jurnalistik warga, pada Sabtu (28/08/21), kegiatan dilakukan untuk memeriahkan HUT RI ke-76. Meskipun dilaksanakan secara virtual, acara berlangsung sukses, penyampaian materi jelas dan ilmu yang disampaikan dapat diterima dengan mudah oleh para peserta. 

Salah satu pemateri, Mung Pujanarko, S.Sos., M.I.Kom., yang merupakan seorang Dosen Ilmu Komunikasi memaparkan mengenai pembuatan berita yang cepat, singkat dan padat. Hal tersebut merupakan tuntutan bagi setiap jurnalis di era saat ini guna mengejar kecepatan informasi.

Kang Imung panggilan akrabnya, dengan gamblang memberikan contoh penulisan yang baik dan benar sesuai standar produk jurnalis, sehingga dengan mudah dipahami peserta dan berharap bisa menjadi modal bagi semua kawan-kawan pewarta yang mengikuti program ini.

Demikian pula halnya apa yang disampaikan Danny P.H Siagian, S.E., M.M., salah seorang Praktisi Jurnalis yang kali ini ikut serta dalam kegiatan sebagai pemateri. Di sini pria yang akrab dipanggil Bang Danny ini menyampaikan tentang pentingnya seorang jurnalis melakukan koreksi pada tulisanya sebelum menerbitkan berita.

“Koreksi harus dilakukan berulang-ulang dengan jeli pada setiap kata. Mulai dari judul, isi berita, penyebutan nama dan lainya,” papar Bang Danny.

Menurutnya, ini sangat penting jangan sampai merusak berita itu sendiri hanya karena hal kecil. “Gara-gara nila setitik, rusak susu sebelanga,” sebutnya dalam pelatihan.

Tentunya banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan oleh peserta dalam pelatihan dasar ini. Asiknya lagi pembawa acara dibawakan oleh host yang cantik dan penuh keceriaan yaitu Serepina Tiur Maida, S. Sos., M.Pd., M.I.Kom., seorang Dosen Ilmu Komunikasi yang cukup handal.

Acara diisi juga dengan sesi tanya jawab serta kuis berhadiah yang membuat suasana semakin menarik. Dan diakhiri dengan foto bersama serta penyerahan sertifikat secara simbolis oleh panitia kegiatan.

Rasa terimakasih pun menghujani kolom komentar dari para peserta, khususnya kepada ketua umum PPWI Nasional Wilson Lalengke,S.Pd., M.Sc., MA., yang ketika awal secara resmi membuka acara pelatihan tersebut. Pewarta juga berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk mengasah kemampuan menjadi pewarta yang handal. (Indrawan Sukma)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA