by

Kepala Lapas Rangkasbitung Gaungkan Cinta Produk Warga Binaan Pemasyarakatan

KOPI, Rangkasbitung–  Guna memulai gerakan Cinta Produk Warga Binaan Pemasyarakatan dan mendongkrak tercapainya menuju akselerasi adaptasi Pemasyarakatan Pasti maju, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Rangkasbitung langsung melakukan langkah konkrit dengan telah memasarkan produk hasil karya Warga Binaannya ke sejumlah pasar.

Kepala Lapas Kelas III Rangkasbitung Budi Ruswanto mengaku bahwa produk gitar yang diserahkan adalah buah hasil pembinaan warga binaannya. Produk tersebut merupakan produk unggulan dari Lapas Rangkasbitung, Hal ini seperti dikatakan Kalapas di Rangkasbitung, Lebak pada Selasa (6/4/2021)

“Alhamdulillah Lapas Rangkasbitung telah menghasilkan beberapa produk hasil WBP diantaranya gitar akustik, telur hasil sentra budi daya peternakan ayam petelur, cabai hasil budi daya pertanian, masker dari hasil pembinaan menjahit, kerajinan tempat tisu dan lainnnya. Untuk gitar ini telah dipesan oleh masyarakat dan sudah beberapa daerah yang sudah membelinya jadi kebanggan produk kita,” katanya.

Kalapas menambahkan bahwa hasil karya produk diatas menunjukan bahwa narapidana di dalam lapas memiliki segudang kegiatan positif dalam kerangka pembinaan.

“Ya kita lihat potensi, selama ini mereka (WBP) dengan binaan petugas tampak menghasilkan karya karya yang mampu berkontribusi bagi penerimaan negara melalui PNBP, artinya ini buah kerjasama dan hasil pembinaan, dan potensi pasarnya pun sudah jelas. Ini kami terima kasih kepada seluruh UPT di Banten yang telah memesan produk kami, terutama gitar akustik ini, langkah ini tentu sejalan dengan edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan agar seluruh UPT dan petugas menggelorakan cinta produk dalam Lapas, semoga ini bisa menjadi kebangkitan Pemasyarakatan,” harapnya.

Senada dengan Kalapas Rangkasbitung, Kepala Rutan Kelas I Tangerang Fonika Affandi membenarkan pihaknya memesan gitar langsung dari Lapas Rangkasbitung.

“Kita pesan dan sudah diterima tadi, sudah diberikan testimoni juga. Kami rasa gitarnya bagus dan berkualitas, sudah setaralah dengan produk sama di luaran sana. Tentu ini adalah semangat kita untuk sama-sama menggelorakan gerakan ini, kami mendukung langkah Lapas Rangkasbitung dan edaran dari pimpinan,” pungkasnya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA