by

Materi Penjelasan Rumput Sintetis

KOPI, Jakarta – Rumput Sintetis memiliki permukaan yang terbuat dari serat sintetis yang menyerupai rumput alami. Rumput jenis ini sering digunakan pada bidang olahraga yang umumnya menggunakan rumput alami dalam pertandingan.

Pemakaian rumput sintetis sering dipilih sebagai alternatif karena pemeliharaan atau perawatan kualitas rumput alami yang dipengaruhi media tanah, cuaca atau musim. Meskipun demikian, rumput sintetis memiliki kelemahan tertentu seperti pembersihan rutin, efek bahan kimia dari serat sintesis dan dampak terhadap lingkungan.-

Setelah mengetahui Penjelasan dari rumput sintetis, berikut ini adalah contoh cabang olahraga yang memakai rumput sintetis yaitu :

  1. Sepak Bola
  2. Rugby
  3. Golf
  4. Tenis
  5. Baseball

Pada Awalnya rumput sintetis digunakan untuk lapangan olahraga yang sebelumnya menggunakan rumput asli, seperti lapangan sepak bola, dan lain-lain. Namun Belakangan ini, rumput sintetis ini banyak digunakan untuk halaman perumahan atau hunian, serta keperluan komersial. Rumput sintetis ini tidak membutuhkan irigasi, tidak perlu dipangkas, tidak memerlukan sinar matahari, dan lainnya.

Namun, rumput ini memiliki usia yang terbatas, pembersihan yang membutuhkan perlakuan khusus, penggunaan zat kimia, masalah keselamatan, dan lainnya. Rumput sintetis ini pertama kali dikenal pada 1966. Rumput ini dipasang di Stadion Astrodome, Texas, Amerika Serikat.

Perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat Monsanto mengembangkan rumput sintetis bermerek AstroTurf. Sejak 2016, merek ini sudah menjadi milik perusahaan asal Jerman SportGroup yang berada di bawah Equistone Partners Europe. Selama puluhan tahun, rumput sintetis terus berkembang.

Saat ini, rumput buatan ini sudah masuk Generasi Ketiga. Lalum, rumput sintetis berkembang untuk lapangan sepak bola pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996, secara terus menerus dilakukan penyempurnaan sehingga pada saat ini telah diterima secara global pada dunia sepakbola. Dimana rumput sintetis yang dipasang merupakan rumput sintetis Generasi Ketiga (3G).

Kelebihan Menggunakan Rumput Sintetis

1. Hemat Biaya Perawatan 

  • Kalau kamu memilih memakai rumput sintetis, kamu tidak perlu merogoh kantong untuk biaya perawatan untuk menyiram dan memotong secara rutin. Rumput sintetis tidak bertambah tinggi, tidak memerlukan air untuk tumbuh, tidak membutuhkan pupuk dan pestisida, dan masih banyak lainnya. 

2. Perawatannya Mudah 

Bagi kamu yang sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya, rumput sintetis memang cocok lantaran perawatannya mudah. Kamu tidak perlu membersihkannya setiap hari atau tidak membutuhkan tenaga tukang kebun untuk membersihkan. 

3. Menghemat Pemakaian Air 

Kalau kamu memiliki tanaman atau taman yang luas, pastinya kamu akan menyiramnya setiap hari. Berapa pemakaian air dan listrik setiap bulannya? Jika kamu memilih menggunakan rumput sintetis, pemakaian air bisa dihemat. Kamu memang masih membutuhkan air untuk membersihkan rumput. 

4. Pemasangan yang Fleksibel

Lantaran tidak membutuhkan sinar matahari, rumput sintetis bisa dipasang di dalam ruangan atau ruang semi outdoor. Kamu bisa memasang rumput sintetis ini untuk taman di dalam rumah atau bagian yang memerlukan rumput. 

Kekurangan Rumput Sintetis

1. Bisa Jadi Sarang Penyakit

Rumput sintetis tetap harus dirawat dengan dibersihkan secara rutin. Jika tidak, maka bisa menjadi sarang penyakit. Kamu bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkannya secara rutin. Saat ada kotoran yang jatuh di rumput, segara bersihkan. 

2. Tidak Memproduksi Oksigen 

Rumput sintetis terbuat dari material seperti polyethylene, nilon, dan polypropylene. Material ini tentu tidak bisa menghasilkan oksigen seperti rumput alami. Rumput sintetis memang indah dipandang mata, namun tidak memproduksi oksigen yang menyejukkan udara. 

3. Tidak Tahan Air 

Rumput sintetis dipasang dengan cara dipaku atau dilem. Jika rumput dipasang dengan cara dilem, maka ada kemungkinan tidak tahan terhadap air. Rumput direkatkan menggunakan lem kayu pada lantai semen. Lama kelamaan, lem akan terkelupas jika terkena air. 

4. Warna Bisa Memudar 

Warna rumput bisa memudar setelah dipakai selama bertahun-tahun. Hal ini wajar mengingat materialnya yang buatan. Selain itu, rumput ini bisa terasa panas jika terkena sinar matahari. Baunya pun muncul kalau terkena panas matahari.

Fungsi Rumput Sintetis

Setelah mengetahui berbagai penjelasan dari rumput sintetis, berikut ialah fungsi- fungsi dari rumput sintetis yaitu :

  • Rumput sintetis ini memiliki fungsi yang sangat banyak karena bisa Anda aplikasikan untuk berbagai fungsi. Seperti misalnya jika Anda ingin membuat ekstrior rumah dengan tampilan yang lebih natural dan terlihat hijau Anda bisa mendambahkan rumput sintetis ini untuk di teras, halaman belakang,  halaman depan, taman bunga dan bahkan  untuk taman bermain sekalipun.
  • Rumput sintetis juga cocok untuk menjadi rumput yang Anda pasang untuk bagian interior rumah. Untuk interior pun bisa saja Anda gunakan untuk di bagian ruang tamu, ruang kerja bahkan hingga kamar sekalipun sangat aman dan nyaman untuk diaplikasikan dengan rumput sintetis ini.
  • Tak hanya digunakan sebagai perlengkapan untuk rumah saja. Tetapi, rumput sintesis juga sering digunakan untuk membuat berbagai macam lapangan. Lapangan tennis, lapangan basket, lapangan futsal hingga lapangan sepak bola.

Keunggulan Rumput Sintetis

  • Dibandingkan dengan rumput biasa memang rumput sintetis tidak memerlukan perawatan yang sulit sehingga Anda bisa langsung menggunakan rumput ini tanpa harus terus Anda rawat. Bahkan, Anda tak perlu repot untuk menyiram rumput ini supaya tetap bisa digunakan dan tidak mati.
  • Keunggulan kedua adalah ketika Anda menggunakan rumput sintesis Anda mendapatkan rumput yang lebih indah dan bersih. Karena rumput sintetis tidak menggunakan tanah sebagai dasarnya sehingga meskipun diinjak tanpa alas pun tak akan membuat kaki menjadi kotor.
  • Keunggulan lainnya masih berhubungan dengan perawatan dari rumput sintetis ini. Menggunakan rumput sintetis berarti Anda bisa lebih menghemat air karena tidak perlu menyiraminya setiap saat. Tanpa disirami pun rumput sintetis akan tetap terlihat sehat dan hijau.
  • Selain itu, rumput sintetis ini juga bisa diletakkan diseluruh tempat yang Anda inginkan. Anda juga bisa meletakkannya untuk di lantai, atap bahkan untuk ditempel di dinding pun juga akan tetap terlihat indah.

Cara Mudah Memilih Rumput Sintetis Yang Tepat

Semakin tingginya minat masyarakat  terhadap rumput sintetis, tentulah berdampak pada bertambahnya jumlah produsen rumput sintetis. Akibatnya, konsumen yang masih awam terkadang merasa bingung harus membeli rumput ini di mana dan bagaimana ia mendapatkan penjelasan tentang rumput sintetis . dan di sini ialah cara memilih rumput sintetis yang tepat. di antaranya :

1. Brand

Beberapa brand produsen rumput sintetis ini telah memiliki lisensi dari FIFA dan PSSI. Untuk produk ini, jelas kualitasnya sudah pasti terjamin, dan diberikan garansi. Jadi, akan lebih baik jika kamu memilih rumput yang telah berlisensi.

2. Kemudahan

Beberapa rumput sintetis memiliki teknik pemasangan yang berbeda. Cobalah untuk mencari informasi tentang teknik pemasangannya terlebih dahulu, dan carilah yang menurutmu paling mudah dan sederhana. Namun, jika kamu memilih rumput sintetis untuk keperluan lapangan futsal, maka pastikan bahwa rumput ini dapat terpasang dengan sempurna. Sebab, jika ada bagian yang mudah terlepas, tentunya akan sangat berbahaya bagi pemain yang berlari di atasnya.

3. Jenis

Ada beberapa rumput sintetis yang memiliki kualitas baik sehingga aman meskipun dipasang di luar ruangan. Jadi, pastikan jenis rumput yang kamu beli sesuai dengan keperluan. Biasanya, rumput sintetis yang dapat digunakan secara outdoor ini dapat mengalirkan air ke bagian bawah, sehingga ketika hujan, air tidak akan terkumpul pada bagian atas rumput. Namun, cara pemasangan juga berpengaruh pada kelancaran aliran air ini. Jadi, pastikan bahwa cara memasang kamu sudah benar.

Jika ada hal- hal yang berkaitan dengan artikel, bisa hubungi nomor berikut : 0859-2059-9639

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA