by

Pentingnya Memilih Desain Interior Rumah untuk Hunian Anda

KOPI, Jakarta – Memiliki sebuah rumah merupakan impian semua orang, khususnya lagi bagi orang yang sudah menikah. Oleh karena itu, dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk bisa membeli rumah pasti akan dilakukan banyak orang.

Dulu, rumah itu hanya berfungsi sebagai sebuah tempat beristirahat dan berteduh dari panas dan hujan. Namun, untuk saat ini fungsi rumah itu tidak hanya untuk sebatas itu. Pada saat ini, ketika akan membangun rumah, maka orang akan mendesainnya dengan sedemikian rupa.

Pemilihan sebuah desain rancangan pun akan menjadi suatu hal yang menjadi pusat perhatian. Desain interior rumah yang sangat sesuai dengan keinginan pemilik pasti akan menimbulkan sebuah rasa kenyamanan. Nilai estetikanya pasti juga akan semakin nyata terlihat. Anda juga bisa menggunakan Jasa Pembuatan Kitchen Set.

Berikut ada beberapa pilihan dari desain interior yang mungkin bisa cocok dengan selera Anda.

Interior Rumah Minimalis Modern

Kelebihan interior rumah minimalis modern antara lain sederhana dalam fungsi dan bentuk. Penataan yang sederhana dan efisien menjadi prioritas yang sangat utama dalam pengusungan sebuah konsep minimalis modern pada sebuah rumah ataupun hunian. Dengan begitu, maka akan tercipta sebuah ruangan yang sangat mudah dimengerti dan tidak ribet, serta kejernihan akan sebuah hasil.

Ada beberapa kriteria dalam hal konsep rumah seperti ini yang perlu Anda perhatikan, di antaranya yaitu terletak pada interior dinding yang cukup minimal, konsep rumah terbuka, bentuk yang sederhana, penekanan pada pencahayaan dan jarak pandang, serta area penyimpanan yang cukup.

Selain itu, struktur bangunan dan dinding tidak ribet. Rumah dengan sebuah konsep minimalis modern seperti ini bisa Anda lihat dari sisi interior atau pun eksteriornya. Rumah yang mengusung sebuah konsep minimalis modern ini dari eksterior pasti akan tampak visul dinding dan struktur bangunan yang lebih leluasa.

Karakter atau ciri khas dari sebuah konsep minimalis modern ini dapat ditonjolkan dari tekstur dan juga materialnya bisa juga menambahkan Kitchen Set.

Interior Rumah Mewah Modern

Ciri-ciri interior rumah mewah modern, diantaranya menggunakan warna-warna netral yang sominan. Warna-warna netral akan sangat dominan jika Anda memilih rumah dengan desain modern.

Biasanya untuk warna tersebut digunakan pada dinding rumah dengan penggunaan cat yang hanya akan dipadukan oleh 2 atau 3 warna saja. Walau begitu, warna-warna tersebut tetap terlihat fokus kepada konsep netral dan memiliki spektrum yang terlihat hampir sama.

Selain itu, perabotan dengan ciri desain bersih menjadi ciri lain dari rumah mewah yang modern. Ragam perabotan untuk desain rumah modern itu sebenarnya bebas Anda pilih. Namun biasanya untuk sebuah kesan modern bisa terlihat jika ada perabotan tersebut terbuat dari bahan-bahan yang cukup mudah dibersihkan.

Itulah sebabnya mengapa pilihan sebuah perabotan untuk bagian dalam rumah modern kebanyakan dipilih yang berbahan besi dan kaca, karena kedua bahan tersebut sangat dipercaya mudah untuk Anda bersihkan.

Gaya dekorasi yang ikonik juga kerap menjadi pemandangan unik di rumah mewah modern. Ada hal yang paling menarik dari rumah modern jenis ini adalah gaya dekorasinya yang sangat ikonik.

Apa saja yang menjadi ikonik dari rumah yang berdesain modern? Hal yang pertama yang bisa Anda lihat bisa berasal dari sebuah pajangan yang biasanya akan menghiasi untuk rumah jenis ini. Biasanya untuk pilihan bentuk dari pajangannya bisa berbentuk asimetrik serta juga melengkung.

Beberapa bentuk pajangan juga bisa berupa pajangan gantung ataupun lukisan dengan sebuah gambar abstrak atau bentuk graphic lainnya dengan beberapa pola geometris yang terlihat mengikutinya.

Desain Interior Rumah Klasik Modern

Berikut ini ciri-ciri desain interior rumah klasik modern, misalnya Desain Rumah Klasik Jepang. Desain Rumah Klasik super nyaman yang juga digemari salah satunya adalah rumah traditional Jepang.

Rumah klasik Jepang terletak pada shoji yang merupakan khas dari hunian Jepang. Shoji adalah pemisah ruangan atau pintu yang terbuat dari kertas tembus cahaya yang dilapisi kerangka kayu. Khas lain dari rumah Jepang adalah lantai kayu yang menjadikan kesan hangat dan woody.

Jika Anda suka dengan jenis arsitektur rumah Jepang ini, Anda bisa menambahkan hiasan- hiasan khas Jepang seperti lukisan bunga sakura dan lain-lain yang menjadi ciri khas hunian Jepang.

Desain Rumah Klasik Eropa

Desain rumah satu ini juga cukup luas dan lega. Khas desain rumah klasik Eropa adalah pilar- pilarnya yang besar dan tinggi, serta plafon yang tinggi pula.

Ciri khas lain dari rumah jenis ini adalah balkon di lantai dua yang menjorok keluar. Kesan yang ditampilkan rumah bergaya Eropa adalah megah dan luas. Rumah jenis ini tentu membutuhkan pilar yang kokoh dan tidak mudah runtuh.

Interior Rumah Jawa Modern

Ciri-ciri desain interior rumah jawa modern, antara lain desain Rumah Klasik Jawa, Salah satu ciri khas rumah Jawa adalah terdapat banyak ukiran kayu, ruangan-ruangan tampak luas dan terdapat lampu-lampu khas Jawa jaman dahulu.

Anda juga bisa meletakkan barang-barang klasik peninggalan suku Jawa seperti payung gedhong, lampu jawa hias, dan lain-lain. Ruangan yang terdapat dalam rumah Jawa hampir kesemuanya luas dan lega. Baik itu ruang tamu, ruang keluarga, kamar dan bahkan dapur.

Kursi- kursinya pun cenderung besar dan terdapat ukiran khas Jawa. Halaman rumah Jawa juga sangat luas dan lega. Halaman rumah Jawa biasanya sengaja dibiarkan kosong dan lapang yang kemudian ditepinya dibatasi dengan tanaman-tanaman hias atau dedaunan merambat.

Desain Rumah Klasik Jogja

Desain rumah klasik yang juga tidak kalah nyaman dan menarik adalah desain Joglo Jogja yang khas. Kesan yang ditampilkan hampir sama dengan rumah Jawa. Anda akan merasa hangat dan nyaman saat tinggal dirumah dengan gaya arsitek Joglo ini.

Perbedaan rumah Jawa dan Joglo ini terletak pada atapnya yang unik berbentuk tajuk. Halaman rumah Joglo juga biasanya luas dan lapang, sehingga memudahkan anak-anak untuk bebas bermain dan berlarian.

Tamu rumah Joglo juga tidak perlu khawatir jika membawa mobil karena mereka tidak akan kesulitan mencari lahan parkir.

Interior Rumah Kayu Modern

Ciri-ciri desain interior rumah kayu modern adalah desain rumah Kayu Klasik. Desain rumah kayu klasik akan membuat rumah Anda terlihat menawan. Untuk menjaga rumah Anda kuat dari cuaca atau rayap, Anda dapat membeli anti rayap terbaik untuk bagian-bagian kayu di rumah Anda.

Jenis kayu yang bagus untuk Anda gunakan Kayu Besi atau yang biasa disebut Kayu Ulin dan Kayu Jati Belanda.

Desain Rumah Klasik Belanda

Desain rumah bergaya Belanda mirip dengan gaya Eropa pada umumnya. Rumah ini memiliki banyak jendela kayu dengan isolasi untuk mencegah sinar matahari.

Bangunan Belanda menurut strukturnya juga menjamin bangunan dan daya tahan bangunan menggunakan bangunan Belanda kuno yang dirancang dengan ASD (Permission Stress Design).

Nah, sudah dapat gambaran bagaimana desain interior rumah baru Anda nanti. Jangan lupa pula untuk hal ini sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Pastikan desain yang Anda pilih juga aman dan nyaman bagi keluarga Anda. Misalnya, jika Anda memiliki anggota keluarga yang masih kecil-kecil, pilihlah desain rumah dengan sedikit furnitur agar mereka dapat berlarian bebas. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA