by

Jenis-jenis Buket Bunga Pengantin yang Memesona

KOPI, Jakarta – Penggelaran acara besar seperti wedding, peran buket menjadi sangat penting. Mulai dari hiasan mobil maupun yang dilemparkan oleh pihak perempuan. Setidaknya tersedia berbagai jenis buket bunga pengantin yang dapat menyesuaikan dengan konsep modern maupun klasik.

Jenis-jenis Buket Bunga Pengantin

Buket tersedia dalam beberapa jenis, baik yang berasal dari bahan alami, flanel, maupun kain. Oleh karena itu Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Jika ingin yang awet maka bahan tekstil bisa menjadi solusinya. Berikut beberapa bentuk khusus untuk wedding.

Buket Bunga Mobil

Dekorasi bukan hanya dalam ruangan acara saja, melainkan untuk mobil pengantar pengantin. Bentuknya sendiri cukup simpel dengan bahan bisa dari bunga asli maupun imitasi. Ornamen tambahannya mayoritas adalah pita dengan warna senada mobil maupun konsep desain.

Pada umumnya buket bunga mobil memiliki ukuran sekitar 18 cm dan berbahan dasar kain flanel. Konsep penyusunannya yaitu terdiri dari bunga utama yang dilengkapi dengan tile. Yaitu sebagai pengait ke kaca spion dan 4 bunga berukuran kecil untuk hiasan pada samping kanan dan kiri pita.

Buket Bunga Artificial Hand

Pada acara wedding, bunga artificial hand ini berfungsi untuk dipegang pengantin perempuan selama resepsi pada saat prosesi pelemparan kepada teman atau keluarga yang hadir. Ukurannya sendiri cukup kecil yaitu tingginya 30 cm dan lebar 25 cm agar tidak terlalu berat.

Desain buket tersebut yaitu dengan 25 kuntum mawar palsu, kain bungkus bunga khusus dan pita. Terdapat beberapa pilihan warna mulai dari ungu, gold, putih dan merah. Konsepnya sendiri bisa menggunakan satu jenis bunga maupun campuran dari dua atau lebih sehingga terlihat menarik.

Buket Bunga Plastik

Buket bunga tiruan dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin menyimpannya tanpa khawatir layu maupun kering. Bentuk dan jenisnya cukup beragam yang bertujuan, agar terlihat seperti produk asli sehingga terlihat estetis dan membuat foto wedding semakin berkesan.

Ada beberapa beberapa bentuk yang umumnya digunakan yaitu mulai mawar, lavender, krisan, lili, beserta kuncupnya. Bahan pembuatannya beragam mulai dari kain khusus, pitas serta flanel. Namun setiap jenisnya memiliki tingkat kesulitan serta daya estetik tersendiri misalnya efek glossy.

Giant Flower Bouquet

Buket ini berukuran besar sekitar orang dewasa dengan pilihan menggunakan bunga asli maupun imitasi. Penggunaanya cocok untuk beberapa kegiatan seperti wedding, wisuda, ultah, atau hadiah anniversary. Rangkaian bunga dibuat beragam sehingga membuatnya terlihat mewah dan elegan.

Desain bagian luarnya cukup sederhana dengan warna serasi menyesuaikan dengan konsep pernikahan. Jika tidak ingin membuat sendiri, Anda bisa memesannya baik pada platform online melalui marketplace atau dengan datang langsung ke toko bunga Semarang dan memilih sesuai kebutuhan.

Buket Bunga Boneka

Jenis buket ini bisa Anda jadikan sebagai hadiah maupun dekorasi tempat wedding. Bahannya sendiri adalah pita dengan memadukan dua warna yang bisa custom sesuai keinginan.

Proses pembuatannya membutuhkan waktu 3-5 hari tergantung tingkat kerumitan serta ornamen tambahan.

Isi bunganya sekitar 10 tangkai dengan pilihan warna seperti gild, hitam, putih tulang, silver, baby pink, lavender, coklat muda serta biru. Pembungkusnya sendiri cukup terbatas tapi tidak mengurangi nilai estetisnya dengan perpaduan kain jala serta tambahan pita sebagai pengaitnya.

Cara Membuat Buket Bunga Pengantin

Proses pembuatan buket bunga pengantin memiliki tingkat kesulitan terutama untuk jenis asli. Hal ini karena mudah patah dan layu sehingga tidak terlihat bagus lagi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui prosesnya serta alat dan bahan yang diperlukan. Berikut rinciannya:

Buket Pengantin Ukuran Kecil

Alat dan Bahan:
⦁ Selotip
⦁ Karet Gelang
⦁ Bunga segar 1 ikat, sesuai keinginan
⦁ Tisu/ kerta minyak 1 lembar
⦁ Kerta pembungkus 1 lembar

Cara pembuatan:
⦁ Potong batang bunga yang sudah Anda persiapkan sesuai kebutuhan.
⦁ Ikat bunga dengan selotip atau karet agar tidak mudah lepas.
⦁ Leetakkan tisu/ kertas minyak membentuk belah ketupat.
⦁ Selanjutnya letakkan bunga di atasnya.
⦁ Pastikan bagian ujungnya terletak tepat berada di tengah.
⦁ Lipat sisi kanan dan kiri kemudian pertemukan ujung-ujungnya.
⦁ Lipat bagian bawah kertas ke atas, selanjutnya rapikan.
⦁ Ikat bunga menggunakan pita agar tampak lebih menarik.

Buket Pengantin Bunga Lili

Alat dan Bahan:
⦁ Kertas kado 1 lembar
⦁ Bunga lili segar 1 ikat
⦁ Kertas pembungkus warna coklat 1 lembar
⦁ 1 lembar kertas tisu
⦁ Tali pengikat
⦁ Pita
Cara pembuatan:
⦁ Rangkai bunga sesuai konsep yang Ada inginkan.
⦁ Ikat menggunakan tali, selanjutnya potong kertas kado menjadi dua yang berukuran sama.
⦁ Silahkan taruh bagian yang berwarna di atas.
⦁ Susun dua lembar kertas kado, yang kedua sedikit melintang menutupi yang pertama.
⦁ Potong kertas pembungkus coklat menjadi persegi panjang dengan ukuran besar.
⦁ Letakkan kertas tersebut horizontal.
⦁ Selanjutnya letakkan kertas kado di tengah-tengahnya.
⦁ Pastikan ujung-ujung kertas kado melebihi yang berwarna coklat.
⦁ Letakkan kertas ikatan bunga, kemudian tutup bawahnya dengan tisu.
⦁ Lipat bagian bawah kertas kado dan coklat ke atas sampai menyelimuti batang bunga.
⦁ Pastikan kertas tisu tetap terlihat.
⦁ Lipat ujung kanan kertas coklat seukuran jengkal.
⦁ Selanjutnya lipat lagi sampai membentuk bagian bawah lebar dan atas menyempit.
⦁ Hasilnya mirip dengan kipas yang terbuka.
⦁ Remas bagian bawah kertas, selanjutnya ikat sampai rampi.

Buket Bunga Pengantin memiliki peran penting untuk kelancaran prosesi serta sebagai pemanis. Proses pembuatannya sendiri memiliki tingkat kesulitan sesuai dengan detailnya. Sebelumnya pastikan sesuai dengan tema acara.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA