by

Kuota Internet Ada Tapi Tidak Bisa Internetan? Ini Solusinya

KOPI, Jakarta – Jika sedang mempunyai kuota internet, harusnya smartphone bisa untuk internetan mengakses Youtube, Instagram, Facebook, ataupun sekadar browsing, tetapi pernahkah anda mengalami masalah dimana kuota internet masih ada, namun tidak bisa internetan? Hal ini cukup sering dialami dan tentu sangat meresahkan apalagi jika saat itu kita sedang butuh akses internet.

Tentu saja hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan, ada beberapa penyebab kenapa HP Tidak bisa internetan meski kuota ada, dan kali ini admin Pewarta-Indonesia.com akan mengulas bagaimana cara mengatasi error jaringan internet pada HP, terutama HP Android.

Terkait kuota internet, kini sedang populer yang namanya kuota belajar, namun kuota internet tersebut hanya bisa akses aplikasi pembelajaran online saja, maka dari itu, yuk baca artikel kuota belajar menjadi kuota utama supaya nanti kuota tersebut bisa akses semua aplikasi internetan.

On Off Mode Pesawat

Oke, lanjut untuk tutorial mengatasi kuota internet ada tetapi hp tidak bisa internetan, tips yang pertama yaitu mengaktifkan atau menyalakan mode pesawat untuk sementara waktu, cukup misal 10 detik saja, setelah itu nonaktifkan mode pesawat lagi dan coba lakukan test koneksi dengan mengakses browser atau aplikasi lain, apakah sudah bisa?

Kesalahan Memilih Kuota Internet

Seperti yang kita tahu, saat ini hampir semua provider seluler dari Telkomsel, Indosat, XL, Axis dan lain sebagainya, memiliki berbagai macam jenis kuota internet, ada kuota khusus Facebook, kuota khusus Youtube dan sebagainya.

Apabila anda mengalami error HP tidak bisa akses internet padahal baru beli kuota, bisa jadi karena anda salah membeli kuota, misalkan anda beli kuota combo Telkomsel, pastikan ada kuota internet reguler didalamnya (kuota reguler yaitu kuota yang bisa untuk akses semua aplikasi, atau kata lainnya kuota internet utama)

Karena kalau anda beli paket internet yang ternyata di dalamnya hanya ada paket kuota sosmed atau streaming misalnya, maka otomatis tidak bisa internetan.

Reset Pengaturan APN

Apakah sebelumnya anda pernah mengubah APN? APN yaitu access point name, settingnya di menu pengaturan Aplikasi->Kartu SIM->APN.

Jika sebelumnya pernah mengubah APN, itu berarti karena faktor ini, silakan reset APN, jika sebelumnya tidak pernah mengubah APN maka abaikan saja, lanjut ke pembahasan berikutnya.

Dengan Reset APN, maka settingan APN akan kembali ke default atau bawaan, jadi pengaturan yang sebelumnya dirubah bakal hilang dan jaringan kembali normal.

Reboot Smartphone

Solusi berikutnya untuk mengatasi kuota internet ada tetapi tidak bisa internetan, maka bisa jadi karena kinerja HP yang lemot, termasuk dalam hal koneksi, ini kadang terjadi yang mengakibatkan jaringan error, silakan reboot smartphone anda sebentar, lalu nyalakan kembali.

Meskipun sebenarnya dengan On Off Mode Pesawat saja juga sudah cukup, tapi supaya lebih optimal bisa reboot smartphone juga.

Baca Juga Info Terbaru dari Pewarta-Indonesia.com mengenai Kuota Belajar Kemenag Gratis.

Itulah beberapa tips cara mengatasi kuota internet ada tapi HP tidak bisa internetan, dengan adanya informasi diatas diharapkan error koneksi internet yang anda alami bisa terselesaikan, jika semua cara sudah dilakukan tetapi masih error, kemungkinan memang dari pihak providernya yang sedang gangguan jaringan, tentu kalau hal ini terjadi, kita hanya bisa menunggu saja sampai jaringan normal.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA