by

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet Utama/Reguler

KOPI, Jakarta – Cara mengubah kuota belajar tidaklah sulit, anda hanya perlu menginstall 1 aplikasi yang memang fungsinya bisa digunakan untuk kebutuhan merubah kuota tertentu menjadi kuota internet utama, termasuk kuota belajar yang sekarang sedang tinggi penggunaanya.

Untuk apa? Cara ini bertujuan agar jika kita mempunyai sisa kuota belajar (kuota edukasi) yang tidak terpakai, kita masih bisa memanfaatkan sisa kuota tersebut, maka dari itu anda harus mencoba tutorial di bawah ini agar kuota belajar menjadi kuota utama.

Apalagi banyak pengguna di luar sana yang mengeluh kalau sisa kuota belajar masih banyak, tidak heran karena pada dasarnya aplikasi kuota belajar memang hanya bisa untuk akses aplikasi pembelajaran online saja, tidak bisa untuk Streaming Youtube, Sosmed, ataupun browsing.

Bisakah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Utama?

Bukan hanya kuota belajar dari Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) saja, tapi kuota belajar yang anda beli sendiri langsung ke operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL/Axis maupun Tri juga bisa dirubah menjadi kuota utama.

Namun Pemerintah sendiri secara resmi sudah menyatakan bahwa bantuan kuota data gratis berupa kuota belajar dari kemendikbud sudah berakhir penyalurannya untuk tahun ini, namun potensi ada lagi bantuan kuota gratis di tahun depan masih terbuka mengingat sekarang mayoritas sekolah atau kampus masih memberlakukan pembelajaran daring.

Ada beberapa aplikasi yang sangat bagus dan works untuk mengubah kuota belajar menjadi kuota internet utama mulai dari aplikasi HTTP Custom, HTTP Injector, TLS Tunnel.

Selain itu ada juga Psiphon Pro dan Anonytun (meskipun ini jarang yang pakai), kebanyakan pakai yang HTTP Custom dan Injector.

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama

Perlu dipahami, jika ingin menerapkan tutorial ini usahakan sisa kuota internet di HP anda memang hanya ada kuota belajar (untuk menghindari kuota utama terpakai)

Kecuali kuota utama yang anda miliki hanya sedikit, ini tidak masalah malah lebih baik karena biasanya kemungkinan trik ini berhasil memang harus ada kuota utama (untuk pancingan) di awal sehingga trik bisa berjalan.

Jika berhasil dan tersambung dan bisa untuk internetan, jangan lupa cek secara berkala dan pastikan kuota yang terpakai kuota belajar (cek untuk buka Youtube atau Instagram maupun aplikasi lain selain aplikasi yang memang didukung kuota belajar seperti Whatsapp, Aplikasi platform belajar online mulai dari Google Classroom, Udemy, Zenius, dan lainnya.

1. Kuota Belajar Telkomsel

Berdasarkan info yang dikutip Lewatinter.net, Mayoritas pengguna kuota belajar itu pengguna Telkomsel, tapi tenang! untuk kartu lain seperti Indosat dan kawan-kawan, ada juga tutorialnya di bawah.

Baca Juga: Cara mendapatkan paket 4G Ceria Telkomsel (20 GB Cuma 6 Ribu!).

cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama telkomsel

Jika anda sudah beli kuota belajar Telkomsel ataupun masih ada sisa kuota belajar dari kemendikbud, bisa menerapkan cara ini.

Telkomsel sendiri memang menawarkan paket internet belajar dengan harga yang super murah (10GB Rp 10 untuk kartu perdana) dan harga kuota belajar normal dari Telkomsel juga murah, 5 Ribu dapat 10 GB.

Baca Tutorial cara mengubah kuota belajar Telkomsel menjadi kuota internet utama di halaman ini (bisa untuk pengguna Simpati, Loop, AS)

2. Kuota Belajar Indosat

Tidak mau ketinggalan dari Telkomsel, Indosat juga meluncurkan yang namanya paket edukasi Indosat bernama paket ImClass yang fungsinya kurang lebih sama lah dengan kuota belajar Telkomsel dan operator lainnya.

cara mengubah kuota belajar indosat

Jumlah kuota belajar sangatlah banyak dibanding kuota utama, jika sisa kuota belajar masih banyak padahal masa aktif sudah mau habis tentu sangat disayangkan bukan? Nah daripada terbuang, lebih baik di ubah menjadi kuota utama.

Baca tutorial cara mengubah kuota edukasi Indosat menjadi kuota internet di halaman ini.

3. Kuota Belajar XL dan Axis

cara mengubah kuota belajar XL menjadi kuota reguler

PT. XL Axiata bekerjasama juga dengan kemendikbud dalam penyaluran kuota belajar, bahkan pihak XL bakal menambah total kuota belajar sebesar 55 GB untuk pengguna setianya! Jadi kalau dikalkulasikan dengan jumlah bantuan kuota belajar kemendikbud, totalnya bisa dapat kuota terus belajar XL sampai 100 GB lebih.

Yuk baca tutorial cara mengubah kuota Xtra Belajar XL menjadi kuota utama di halaman ini (bisa juga untuk merubah kuota conference XL)

Kuota Belajar AXIS:

cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet axis

Selain kuota edukasi, Axis juga menyediakan kuota conference axis dan untuk kamu yang sudah beli kuota belajar dari kartu axis dan kamu ingin merubahnya agar kuota edukasi axis menjadi kuota utama juga bisa banget.

Langsung saja! baca tutorial cara mengubah paket kuota belajar Axis menjadi kuota internet di halaman ini.

4. Kuota Belajar TRI

cara mengubah kuota belajar tri

Tri sebagai provider yang di cap sebagai salah satu provider yang biasanya memberikan paket internet murah tentu juga merilis kuota edukasi yang bernama kuota aplikasi edukasi.

Kamu bisa melakukan pembelian kuota edukasi tri atau kuota belajar tri di aplikasi BIMA+. Apakah bisa ubah kuota belajar TRI (3) menjadi kuota utama? bisa banget.

Tutorial=> Cara Mengubah Kuota Aplikasi Edukasi/Kuota Belajar TRI

5. Kuota Belajar Smartfren

Meskipun jumlah pengguna kuota belajar Smartfren tidak sebanyak Telkomsel, Indosat, XL/Axis dan juga Tri, namun ada juga trik merubah kuota belajar menjadi kuota utama Smartfren.

cara mengubah kuota belajar smartfren menjadi kuota utama

Simak tutorial cara mengubah kuota belajar Smartfren menjadi kuota internet di halaman ini.

Catatan: Tutorial mengubah kuota belajar ini sudah diupdate per Februari 2021 dan semua tutorialnya simpel banget, tidak perlu pakai config dan setting yang ribet. Kumpulan cara di bawah ini bisa untuk Kuota Belajar Biasa (yang anda beli sendiri) atau Kuota Belajar dari Pemerintah.

Khusus untuk yang menggunakan aplikasi HTTP Custom/Injector, jika tidak work itu berarti config sudah expired, jadi harus buat config baru. Sementara untuk yang pakai psiphon maupun anonytun biasanya memanfaatkan bug kuota belajar, jadi pastikan bug yang dipakai juga masih jalan. Di link artikel diatas admin sudah sediakan config dan bug lengkap.

6. Mengubah Kuota Belajar Tanpa Aplikasi

Info Tambahan: sebenarnya ada trik simpel banget untuk merubah kuota edukasi menjadi kuota utama yaitu dengan memanfaatkan HP lain (tapi ini admin kurang tahu pastinya work atau tidak, admin hanya dengar dari salah satu teman saja, ya siapa tahu berhasil kalau di coba, jadi triknya yaitu dengan siapkan HP 1 yang isi kuota belajar, aktifkan hotspot internet di HP tersebut.

Terus kamu siapkan HP 2 dan sambungkan ke jaringan hotspot yang dibuat HP 1, Meskipun di HP 1 Hanya ada kuota belajar tapi saat HP 2 Kamu connect ke hotspotnya, HP yang terkoneksi ini bisa mengakses aplikasi lain diluar aplikasi yang diperuntukkan untuk kuota belajar.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengubah Kuota Belajar

Apakah cara ubah kuota belajar di atas aman?

Sangat aman, trik mengubah kuota sudah ada sejak dulu.

Kuota belajar untuk apa saja?

Jika belum diubah, maka hanya bisa untuk aplikasi kuota belajar saja seperti Zoom, Classroom, dan aplikasi belajar online.

Setelah kuota belajar menjadi kuota utama maka?

Anda bisa menggunakan kuota belajar untuk internet di semua aplikasi termasuk aplikasi media sosial, youtube, dan sebagainya.

Apa itu config kuota belajar?

Config diperlukan untuk yang menggunakan aplikasi HTTP Custom dan HTTP Injector, jika pakainya aplikasi TLS Tunnel maka tidak perlu config.

Apa itu bug kuota belajar?

bug merupakan url tertentu yang dimasukan ke aplikasi pengubah kuota, contoh bug: v.whatsapp.com.

Demikianlah Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota Utama Telkomsel, Indosat, Axis, XL, Tri, Smartfren, semoga bisa membantu untuk anda yang sedang mengikuti belajar online, dengan menjadi kuota utama, maka anda bisa dengan efektif menggunakan kuota belajar karena bisa internetan di semua aplikasi.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA