by

Tak Harus Online, Begini Cara Menggunakan Google Translate Secara Offline

KOPI, Jakarta – Google Translate adalah layanan penerjemah antar bahasa gratis besutan Google yang memungkinkan Anda menerjemahkan bahasa asing ke bahasa yang Anda ketahui ataupun dari bahasa yang Anda ketahui ke bahasa asing.

Google Translate sendiri sudah mendukung sangat banyak sekali bahasa dengan total jumlah 109 bahasa. Tak hanya bahasa nasional, Google translate kini juga mendukung bahasa daerah, bahkan sekarang Anda bisa menerjemahkan bahasa asing ke bahasa daerah berupa Jawa dan Sunda.

Kemampuan Google Translate ini tidak hanya terletak pada banyaknya bahasa yang didukung saja, tetapi juga oleh algoritma penerjemahan yang rajin diupdate dan disempurnakan. Karena hal itu Google Translate menjadi salah satu layanan penerjemah bahasa terbaik di dunia yang juga memiliki pengguna terbanyak di dunia.

Meski memiliki segala kelebihan, Google translate ini memiliki satu kekurangan yaitu harus diakses secara online sehingga ketika Anda tidak memiliki akses internet maka Anda tidak dapat mengakses layanan Google Translate di internet, sebenarnya hal ini susah dikatakan sebagai sebuah kekurangan juga ya.

But anyway, kekurangan di atas juga bisa diatasi dan artinya Anda sebenarnya bisa menggunakan Google Translate secara offline alias tanpa akses internet, lalu bagaimana caranya?

Cara Menggunakan Google Translate Secara Offline

Cara ini sebenarnya bukan cara baru alias sudah ada sejak dulu dan caranya juga mudah, hanya perlu melakukan sedikit langkah-langkah saja. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Google Translate di smartphone, lalu mendownload masing-masing bahasa yang ingin Anda gunakan. Cara ini jarang orang tahu karena mayoritas orang menggunakan layanan Google Translate versi webnya.

Oke tanpa berlama-lama lagi, berikut ini detail langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Langkah-langkah :

  1. Buka aplikasi PlayStore (jika Anda menggunakan smartphone Android) atau AppStore (Jika Anda menggunakan smartphone iOS)
  2. Cari aplikasi Google Translate dan download aplikasinya, lalu tunggu hingga proses download dan install selesai
  3. Setelah selesai, buka aplikasi Google Translate
  4. Selanjutnya download masing-masing bahasa yang ingin Anda gunakan, yaitu bahasa asing yang ingin Anda terjemahkan dan bahasa yang Anda ketahui sebagai hasil terjemahan. Contoh : Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia
  5. Matikan sambungan internet smartphone Anda
  6. Selesai, kini Anda bisa menerjemahkan dari bahasa asing yang sudah Anda download tadi ke bahasa yang Anda ketahui yang juga tadi sudah Anda download

Tips : Jika ingin menerjemahkan bahasa dengan lebih akurat dan minim kesalahan maka lakukan penerjemahan secara langsung satu kalimat utuh dan jangan setengah-setengah apalagi per kata.

Itulah dia langkah-langkah bagaimana cara menggunakan Google translate secara offline. Pada langkah ke 4, Anda bisa mencoba mendownload bahasa-bahasa lainnya dan dengan begitu Anda bisa menambah list bahasa yang bisa Anda terjemahkan secara offline tanpa internet.

Selain menggunakan aplikasi Google translate untuk melakukan penerjemahan secara offline, Anda juga bisa menggunakan aplikasi translate offline untuk Andoid lainnya seperti U-Dictionary, Microsoft Translator, dan iTranslate.

Demikian pembahasan singkat saya mengenai bagaimana cara menggunakan Google translate secara offline tanpa kuota internet. Semoga bermanfaat, sekian dan sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA