by

5 Tips Memilih Partner Outsourcing untuk Bisnis Anda

KOPIJakarta – Sering perusahaan menghadapi keinginan yang semakin besar dari kemampuan mereka, baik mereka yang mengawali usaha bermodalkan kecil, atau perusahaan besar. Di sini outsourcing menjadi langkah yang paling bermanfaat untuk mengurus kelebihan tugas-tugas itu. Tetapi factor apa yang perlu diperhitungkan saat pilih mitra outsourcing? Berikut beberapa tips sederhananya.

1. Masih pada tujuan yang jelas

Saat melakukan kesepakatan, penting untuk kedua pihak mengerti apa tujuan yang mau diraih. Sudah pasti kita mempunyai tujuan untuk mencapai keuntungan keuangan, dan juga pembaruan di bagian lain seperti servis konsumen setia, tanggapan cepat, dan kenaikan kualitas. Pengukur taktik jadi kunci – bagaimana Anda sekarang ini mencari proses dan memberikan laporan hal tersebut? Apa pekerjaan ini teratasi dengan outsourcing, atau harus ada pembenahan? Satu gagasan kuat pada awal akan kurangi persoalan saat penerapan.

2. Masih pada peran Anda

Memilih untuk outsourcing kemungkinan mempunyai arti jika Anda cari perombakan dalam usaha, jadi harus diingat jika perusahaan Anda tetap bertanggungjawab pada proses itu. Mitra outsourcing tidak bisa bertanggungjawab bila berlangsung perubahan ‘budaya kerja’ atau proses berlainan dalam usaha Anda. Mitra ada untuk menolong, tapi Anda harus menjaga pemilikan dan secara aktif dan masih mengurus jalinan yang bagus. Yang terpenting, jangan sampai memberikan permasalahan ke tenaga kerja outsourcing. Bila ada beberapa hal yang tidak bekerja secara baik di perusahaan, Anda harus pahami pemicunya saat sebelum pilih lakukan outsourcing. Mewakilkan permasalahan pada perusahaan lain pasti tidak mengakhiri permasalahan.

3. Jauhi karyawan dari kekhawatiran

Tenaga kerja fulltime Anda kemungkinan akan mulai bertanya bila Anda mulai mulai pilih mitra outsourcing. Mereka condong mempunyai kecemasan mengenai keamanan pekerjaan mereka sendiri. Sudah pasti ini bisa memunculkan kegundahan yang tetap berkembang. Janganlah sampai kegundahan mereka berjumpa dengan ketidakberhasilan Anda dalam mengatur akses komunikasi. Anda harus dapat mengurus isu yang ada dan bermacam berita-berita yang memunculkan ketidakharmonisan secara baik hingga perombakan besar bisa dikatakan dan dikenalkan ke pegawai. Ingat-ingatlah, pegawai full time Anda pun memangku kebutuhan dalam perombakan ke arah keberhasilan!

4. Apa Anda memiliki sumber daya?

Walau outsourcing jadi proses yang bisa membuat Anda raih jauh lebih dari kekuatan dengan kebatasan sumber daya perusahaan, proses ini harus tetap mempunyai kedatangan dalam usaha Anda. Kemungkinan Anda perlu berkaca pada aspek spesifik dari team project mitra outsourcing Anda, yang bermakna dapat apa dimulai dari manager project sampai sumber daya IT. Kerja sama bermakna Anda bekerja bersama dengan faksi lain, karena itu seharusnya ini bekerja dua arah, jadi yakinkan jika sumber daya yang berkaitan ada dan jika Anda bisa tangani keperluan mitra.

5. Transfer pengetahuan pada mitra – tapi jangan keluar dari usaha Anda

Saat proses outsourcing pada mitra Anda, pasti penting untuk mentransfer semua pengetahuan Anda. tetapi, saat proses outsourcing untuk waktu yang lama, akan kemungkinan seluruh pengetahuan proses dari terlewatkan dalam usaha Anda sendiri. Bila mitra tahu semakin banyak mengenai proses Anda, ini bisa mengakibatkan permasalahan nanti. Jaga pengetahuan mengenai proses yang menjaga usaha Anda memungkinkannya untuk lakukan perombakan dan peningkatan, dan akan membuat lancar peralihan bila satu waktu Anda menggantikan kembali lagi pekerjaan itu.

Rekomendasi Penyedia Tenaga Kerja Outsourcing

Myrobin adalah Startup Penyedia Tenaga Kerja Outsourcing, Pegawai Kontrak & Tenaga Lepas Harian dalam 24 Jam. Kami berbeda dengan perusahaan outsourcing tradisional, dimana kami menggunakan teknologi untuk mengefisienkan mulai dari proses sourcing, assesment, screening, contract management, attendance tracking sampai dengan payroll management dan BPJS, kata CoFounder MyRobin.id Ardy Satria dalam siaran pers online. “Selain itu kami memiliki komunitas dengan total lebih dari 1.5 juta orang yang tersebar di seluruh Indonesia, Tidak hanya jakarta saja, kami bisa menyediakan mitra MyRobin di provinsi lain seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan juga kota2 lainnya di Indonesia”.

Keunggulan MyRobin.ID

  • Menyediakan tenaga kerja di beragam industri: warehouse, f&b, kasir,
    telesales, infrastruktur & property, perkebunan, pertambangan, cleaning service, logistik, surveyor, customer service, kurir, admin, sales promotor, data entry.
  • Fleksibilitas merekrut tenaga kerja. MyRobin menyediakan tenaga kerja harian (daily worker), paruh waktu, purna waktu, maupun kontrak.
  • Tenaga kerja yang sudah mempunyai pengalaman bekerja di bidangnya.
  • 1,5 juta tenaga kerja berpengalaman siap kerja, sesuai permintaan dan kualifikasi yang dibutuhkan.
  • Pengalaman perekrutan bersama MyRobin mempermudah untuk
    mengelola dan melihat laporan kehadiran harian dan pembayaran mitra (tenaga kerja) dalam satu sentuhan.
  • Berkas kandidat beserta asuransi dan ketenagakerjaan dikelola oleh
    MyRobin.

Ketahui dengan cermat lima panduan di atas saat sebelum mengawali outsourcing. Panduan ini sederhana, tapi ini dapat dikatakan sebagai dasar dan juga kunci penting supaya Anda tidak salah saat menentukan mitra outsourcing. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA