by

Pencairan DD ‘Mandeg’, Malah Dana Covid Musi Rawas Segera Cair Rp 140 Juta

KOPI, Musi Rawas – Pencairan Dana Desa (DD) di Kabupaten Musi Rawas (Mura) terlambat lagi. Bahkan hingga Jumat (24/10/2020) belum ada kejelasan kapan DD untuk pembangunan desa tersebut direalisasikan oleh Pemkab Mura. 

Namun kekhawatiran para Kades akan DD yang tak kunjung cair terobati dengan bakal adanya pencairan dana untuk masyarakat miskin yang terdampak Covid-19.

Informasi didapat dari salah seorang Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Tugumulyo yang enggan namanya dipublish membenarkan kalau dana desa belum tahu kapan akan dicairkan.

Hanya saja khusus dana pemberdayaan bantuan untuk masyarakat terdampak Covid 19 yang sifatnya padat karya dan swakelola senilai Rp 140 juta, dananya sudah ada di bank. Kemungkinan dalam beberapa minggu kedepan segera cair.

“Kalau DD belum ada kabar kapan akan cair, yang bakal cair dalam waktu dekat dana covid 19,” tambah Kades.

Dana Rp 140 juta ini bukan kewenangan Kades untuk mengelolanya. Kades hanya mengawasinya saja. Dana tersebut dikelola oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang sudah terbentuk di setiap desa

“Dana 140 juta itu dikelola oleh KSM, kegunaannya untuk pemberdayaan masyarakat seperti irigasi dan lain sebagainya. Nanti warga sendiri yang mengelolanya,” imbuhnya. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA