by

Covid-19 Tak Terbendung di Indonesia? Nanti Dulu!

KOPI, Jakarta – Berdasarkan angka dari worldometers.info ternyata angka total kasus / 1 juta populasi: Vatican City berada di urutan 18. Urutan pertama diduduki oleh Qatar, Bahrain, French Guiana. Sedangkan Amerika berada di urutan 11 dan Israel 13. Indonesia berada di urutan yang “bagus”, yaitu 141.

Tingkat kematian per 1 juta populasi: Indonesia berada di urutan yang “bagus” juga, yaitu 105. Peringkat kematian tertinggi berada di negeri-negeri Amerika Latin dan juga Amerika. Di Eropa ada Spain, UK, Italy, termasuk Sweden (padahal Sweden termasuk negeri yang terbahagia di dunia menurut World Happness Report).

“Prestasi” Indonesia ini mungkin saja ini merupakan hasil dari upaya pemerintah dalam menyeimbangkan antara aktivitas ekonomi dan penanganan COVID-19 di Indonesia. Itu juga mungkin sebabnya pemerintah pusat setuju PSBB Jakarta (yang tak pernah diakhiri sejak awal pandemi COVID-19) dinyatakan berlaku lagi. Menurut data dari Kementerian Kesehatan, angka positif memang banyak disumbang oleh cluster perkantoran. Itu sebabnya perkantoran diminta untuk “lockdown” selama 14 hari sejak hari Senin lalu.

Saya membayangkan, jika Indonesia lebih keras atau tegas dalam soal protokol kesehatan, mungkin “prestasi” Indonesia ini akan lebih “gemilang” lagi. Apalagi jika dibarengi dengan kampanye tentang bagaimana meningkatkan immune system menurut cara yang paling murah, gampang, efektif dan ilmiah.

M. Jojo Rahardjo

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA