by

5 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak

KOPI, Jakarta – Seorang anak wajib menghormati dan menjaga nama baik orang tuanya. Jika seorang anak tidak menghormati orang tua maka akan mendapat dosa besar. Sebab ia telah durhaka kepada orang tua yang telah mengasuh dan membesarkannya dari kecil. Orang tua pun demikian, mereka harus menjalankan kewajiban orang tua terhadap anak. Bagaimanapun juga anak merupakan titipan dari Allah yang harus dirawat dan besarkan oleh orang tua sesuai dengan syariat Islam.

Sebagai orang tua anda ada pasti ingin menyayangi dan membesarkan anak agar menjadi anak yang sholeh sholehah, sukses dunia dan akhirat. Untuk itulah perlu Anda tahu mengenai kewajiban orang tua terhadap anak sesuai ajaran Islam.

Kewajiban Orang Tua Pada Anak

Dilansir dari Hidayatuna, berikut adalah kewajiban sebagai orang tua kepada anak yang harus dilakukan:

Beri Nama Anak dengan Nama Baik

Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa nantinya seseorang akan dipanggil dengan namanya saat hari kiamat, oleh karena itu seorang anak harus diberi nama dengan nama yang bagus. Jadi sesaat setelah anak lahir orang tua wajib memberi nama yang baik yang bagus untuk anaknya. Nama yang diberikan merupakan doa agar anak bisa menjadi harapan orang tuanya.

Susui Anak dengan ASI

Kewajiban orang tua terhadap anak yang kedua yaitu menyusui anaknya dengan ASI atau air susu ibu. ASI merupakan sumber makanan atau enerji yang pertama diberikan pada anak. Didalamnya terkandung gizi yang sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk perkembangan tubuh dan otak anak. menyusui anak dengan ASI juga mencegah masuknya bakteri atau kuman yang bisa membahayakan anak. Jadi manfaat ASI bagi anak sangat besar, sudah sewajibnya seorang ibu menyusui anaknya dengan air susu ibu.

Memberi Makanan yang Halal

Orang tua wajib memberi makan pada anaknya dengan makanan yang halal serta bergizi. Kehalalan makanan yang diberikan agar mempengaruhi tubuh dan jiwa anak. Jika diberi makanan yang haram maka akan berdampak pada psikologis maupun fisik si anak. Misalnya anak menjadi kurang berbakti kepada orang tua, atau anak enggan beribadah pada Allah. Penting untuk memberi makanan yang halal dan barokah kepada anak.

Adil kepada Anak-anak

Orang tua sebaiknya menghindari untuk bersikap tidak adil kepada anak-anaknya. Semua anak membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang sama dari orang tuanya. Ketidakadilan yang diberikan orang tua kepada salah satu anaknya akan memberi dampak yang buruk bagi perkembangan jiwa si anak. Islam memerintahkan bagi orangtua untuk bersikap adil termasuk kepada anaknya.

Mendidik Anak dengan Ilmu Agama

Kewajiban orang tua kepada anak selanjutnya yaitu mendidik anaknya dengan ilmu agama. dalam mendidik anak pertama harus diberi pendidikan akhlak. Akhlak sangat penting agar perilaku anak menjadi baik. Perilaku yang baik berguna dalam menjalani kehidupan di dunia dan bekal kehidupan yang abadi di akhirat nanti. Harus orang tua ketahui bahwa akhlak lebih tinggi dari ilmu. Apapun ilmu tapi kalau tidak punya anak tidak ada gunanya.

Setelah akhlak bekali anak anda dengan pengetahuan aqidah. Membekali anak dengan ilmu aqidah menghindari anak terpengaruh oleh hal-hal yang menjauhkannya dari Allah. Karena jika sampai akidah anak lemah akan mudah terpengaruh oleh kesyirikan dan hal semacam itu.

Orang tua perlu tahu bahwa mereka mempunyai kewajiban untuk memberi nafkah dan mendidik anak sehingga menjadi keturunan yang shalih shalihah. Kewajiban orang tua terhadap anak yang telah dijelaskan di atas bisa dijadikan referensi dalam mendidik anak Anda.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA